Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TerbaruTulang Ekor Sakit, Beragam Penyebab dan Cara Meredakannya

Tulang Ekor Sakit, Beragam Penyebab dan Cara Meredakannya

Tulang ekor sakit bisa dikarenakan berbagai faktor penyebabnya. Bahkan salah satunya karena posisi duduk yang kurang tepat. Rasa sakit tersebut akan timbul dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi ketika seseorang akan duduk, terasa sakit dan nyeri.

Namun, rasa sakit tersebut juga bisa terjadi tanpa ada penyebabnya. Tulang ekor itu sendiri memiliki banyak otot, ligamen, dan saraf.

Letaknya berada di ujung bawah tulang belakang. Fungsi dari tulang ekor itu sendiri yaitu menopang berat badan dan menjaga postur tubuh ketika duduk.

Saat tulang tersebut bermasalah, akan muncul rasa sakit yang berkepanjangan. Bahkan kondisinya bisa semakin parah saat anda duduk atau melakukan aktivitas tertentu.

Jika kondisi tersebut sudah berlangsung lama, akan terasa sakit saat bangkit dari duduk. Kondisi tulang ekor sakit juga bisa menyebar pada area bokong, pinggul, dan kaki.

Sebaiknya anda ketahui beberapa penyebabnya untuk bisa mengatasinya dengan mudah. Bahkan akan tepat sehingga mampu meredakan rasa sakit yang terjadi.

Penyebab yang bisa terjadi pun bervariasi. Bahkan kondisi ini sering sekali dialami kaum wanita. Seorang wanita bisa mengalami hal tersebut saat kondisi hamil trimester terakhir.

Baca Juga : Tulang Belakang Sakit atau Nyeri? Redakan dengan Makanan Ini!

Sehingga tulang ekor bisa bermasalah. Pada kaum laki-laki, kondisi ini masih jarang terjadi. Meski sering timbul secara tiba-tiba, namun sebenarnya kondisi ini juga bisa hilang dengan sendirinya.

Ada juga perawatan yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Sebelumnya, anda perlu tahu apa saja penyebab yang sering mengakibatkan tulang ekor bermasalah.

Penyebab Tulang Ekor Sakit dan Cara Meredakannya

Banyak masalah yang sering terjadi pada kondisi organ tubuh manusia. Penyakit yang sering dialami yaitu nyeri pada tulang. Sebab, tulang pada tubuh manusia memiliki peranan yang cukup penting.

Salah satu gangguan yang sering terjadi yaitu tulang ekor terasa nyeri. Kondisi ini membuat anda merasa kurang nyaman saat beraktivitas. Penyebabnya cukup beragam.

Bisa karena adanya cidera atau penyakit tertentu. Bahkan wanita hamil dan melahirkan pun juga bisa mengalami sakit yang satu ini. Rasa sakit yang dirasakan bervariasi bisa sesuai dengan penyebab yang terjadi.

Baca Juga : Penyakit Tulang Belakang, Jenis dan Cara Mengatasinya

Mulai dari rasa nyeri, pegal, dan berdenyut-denyut yang menyebabkan sakit tersebar ke area sekitarnya. Ada beberapa macam penyebab kondisi ini terjadi antara lain:

Cidera

Tulang ekor sakit atau disebut juga dengan coccydynia atau coccygodynia salah satu penyebabnya karena cidera. Kondisi ini menjadi hal yang sering terjadi biasanya berupa memar, retak, patah, atau tulang bergeser.

Hal ini bisa terjadi ketika duduk terlalu lama pada medan yang keras dan jatuh saat posisi duduk. Aktivitas yang terlalu menekan dan berlangsung lama juga bisa mengakibatkan cidera muncul. Maka dari itu, sebaiknya untuk selalu berhati-hati dalam beraktivitas. Agar tidak terjadi cidera yang tidak diinginkan.

Persalinan Normal

Penyebab tulang ekor sakit juga bisa karena persalinan secara normal. Hal ini terjadi ketika persalinan lama dan membutuhkan bantuan forsep. Sehingga mengakibatkan kepala bayi menekan bagian atas tulang ekor ibu. Hal ini mengakibatkan timbulnya rasa nyeri.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Flu Tulang, Gejala dan Cara Sederhana Mengobatinya

Penyakit Sendi Degeneratif

Penyebab tulang ekor sakit bisa karena banyak hal, seperti penyakit sendi degeneratif. Kondisi ini terjadi karena semakin melemahnya akibat penuaan atau gerakan ulang yang terjadi.

Misalnya saja penyakit sendi yang bisa mengakibatkan keluhan lain yaitu osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Bahkan ada kelainan lain yang bisa terjadi hingga menimbulkan rasa sakit.

Cara Meredakan Nyeri Tulang Ekor

Mengalami gangguan tulang ekor tentu sangat tidak nyaman. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Hal ini bertujuan agar rasa nyeri berkurang.

Posisikan tubuh agak membungkuk saat duduk. Hal ini bertujuan agar mengurangi tekanan yang ada. Sebaiknya gunakan ganjalan seperti bantal sehingga tidak menekan tulang ekor.

Saat kondisinya terlalu sakit, anda bisa kompres dengan air hangat atau dingin. Dengan cara ini, rasa sakit bisa lebih mereda. Jika kondisinya terlalu parah, sebaiknya bawa ke dokter atau minum obat anti nyeri.

Dengan mengetahui penyebabnya, tentu penanganannya pun bisa berlangsung dengan tepat. Sehingga tulang ekor sakit bisa teratasi dan tidak semakin parah. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img