Urutan Memakai Make Up Sehari-hari Bagi Remaja Pemula

Urutan Memakai Make Up Sehari-hari Bagi Remaja Pemula
Ilustrasi urutan memakai make up. Foto: Ist/Net

Urutan memakai make up secara benar, terkadang untuk pemula masih membingungkan. Terutama untuk para remaja yang baru pertama kali menggunakannya atau pertama kali belajar make up. Supaya tidak salah saat menggunakan, maka perlu anda ketahui beberapa tahapan menggunakan make up dasar.

Ketahui Urutan Memakai Make Up Secara Benar

Membersihkan Wajah

Pastikan wajah anda tidak terlewatkan pada tahapan yang satu ini. Apabila anda melewatkannya, maka kemungkinan jerawat akan mulai bermunculan pada kulit anda.

Oleh karena itu, urutan make up lengkap yang satu ini wajib anda lakukan. Anda bisa bersihkan wajah dengan memanfaatkan produk sabun cuci muka yang sesuai jenis kulit anda.

Baca Juga : Cara Memakai BB Cream untuk Makeup Natural ala Korea

Pelembab ataupun Skincare

Urutan memakai make up yang kedua yakni dengan menggunakan pelembab atau skincare. Ini merupakan salah satu tahapan yang sangat penting sebelum anda menggunakan make up. Pelembab atau skincare dapat membuat kulit menjadi lebih siap untuk make up.

Sehingga meskipun anda menggunakan make up, akan tetapi kulit akan tetap terawat dan juga tidak mengalami kerusakan. Tahapan skincare yang perlu anda gunakan selanjutnya setelah pelembab, yaitu toner, lotion, eye cream, serum, serta moisturizer.

Corrector/Concealer

Jika anda sudah menyelesaikan urutan memakai make up yang kedua, selanjutnya anda bisa menggunakan concealer serta corrector. Dengan memakai concealer serta corrector dapat anda aplikasikan pada bagian yang memiliki kekurangan pada wajah, contohnya bagian bawah yang nampak gelap.

Sebelum anda memakai concealer pada bagian bawah mata, anda dapat menggunakan corrector berwarna orange terlebih dahulu. Supaya setelah pemakaian concealer bawah mata tidak menjadi warna abu-abu. Sedangkan untuk noda kemerahan pada kulit, anda bisa mengakalinya dengan memakai corrector berwarna hijau.

Baca Juga : Makeup Elegan dari Dior, Cocok Buat Anda Wanita Sosialita

Foundation/BB Cream

Dalam tahapan ini, penggunaan foundation atau bisa juga dengan BB cream. Apabila menggunakan foundation biasanya digunakan untuk make up yang lebih berat, high coverage, dan juga akan bertahan lama.

Sedangkan BB cream, anda bisa menggunakannya untuk make up yang ringan dalam tampilan make up sehari-hari. Dalam hal ini juga, anda dapat memastikan pilihan warna foundation dan BB cream sesuai dengan warna kulit.

Bedak

Untuk urutan make up selanjutnya adalah menggunakan bedak. Anda bisa memakai bedak padat ataupun bedak tabur sesuai dengan kebutuhan anda.

Umumnya untuk kulit berminyak disarankan menggunakan bedak tabur. Sedang untuk wajah anda yang kering maupun normal, anda jangan terlalu banyak bedak supaya hasil dari make up tetap glowing.

Baca Juga : Macam-Macam Bentuk Alis dan Cara Membuatnya Bagi Pemula

Blush On

Supaya hasil make up tidak pucat, anda bisa mengaplikasikan blush on pada bagian pipi. Anda bisa mengaplikasikannya sesuai dengan jenis warna kulit anda.

Untuk pemilik kulit yang berwarna terang, anda bisa menggunakan blush on berwarna merah muda. Sedangkan untuk kulit sawo matang anda bisa memilih blush on warna orange.

Untuk menghasilkan pipi terlihat lebih tirus, anda bisa menggabungkan dengan keduanya. Dengan cara sapukan blush on berwarna gelap pada bagian luar. Setelah itu, susul dengan blush on bagian dalam yang berwarna lebih terang.

Menggambar Alis

Anda menggambar alis sesuai dengan bentuk wajah anda. Pilih warna yang senatural mungkin. Biasanya, bentuk alis cenderung tebal bagian dalamnya serta akan semakin tipis menuju bagian luarnya.

Anda bisa memulainya dengan menggambar bingkai terlebih dahulu. Setelah itu, barulah anda mengisi dengan warna yang sesuai.

Menggunakan Eyeshadow

Dalam hal ini, anda akan merias bagian mata. Apabila anda ingin terlihat heboh, anda dapat gunakan beberapa warna. Akan tetapi jika anda ingin make up yang natural, anda dapat menggunakan satu warna saja dan pilih warna-warna nude.

Memakai Eyeliner

Sesudah anda memakai eyeshadow, urutan make up selanjutnya adalah memakai eyeliner. Gunakan eyeliner pada garis mata dengan rapi. Jangan lupa, gunakan juga maskara untuk membuat bulu mata terlihat lebih tebal dan lentik.

Memakai Lipstik

Urutan memakai make up yang menjadi bagian akhir, yaitu menggunakan lipstik. Jika anda akan menghadiri acara malam, anda bisa memilih warna lipstik dengan warna bold.

Sedangkan untuk acara siang, anda dapat memilih warna lipstik yang natural. Supaya bibir tidak terlihat kering, anda bisa menggunakan lip balm terlebih dahulu sebelum anda memakai lipstik.

Nah, itu tadi urutan memakai make up lengkap yang patut anda coba. Untuk urutan make up ini bisa dijadikan make up remaja, make up glowing, serta make up untuk kegiatan sehari-hari. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah