5 Usaha Kecil Menguntungkan untuk Menambah Penghasilan

usaha kecil menguntungkan
Peluang usaha kecil menguntungkan. Foto: Ist/Net

Menjalankan usaha kecil menguntungkan merupakan langkah cerdas yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan ekonomi akibat wabah pandemi saat ini. Ada banyak jenis usaha kecil yang bisa Anda lakukan dengan modal seadanya.

Daripada hanya berdiam saja dan berkeluh kesah, tentu jauh lebih baik jika Anda berusaha keluar dari kesulitan tersebut dengan cara menjalankan sebuah usaha. Anda bisa memilih berbagai jenis usaha yang ada.

Dengan berbekal kemampuan apa saja yang ada, Anda bisa menjalankan usaha ini. Asal mau bersungguh-sungguh dan profesional dalam mengelolanya, maka peluang kesuksesan usaha tersebut terbuka sangat besar.

Jenis Usaha Kecil Menguntungkan dengan Modal Seadanya

Ingin memulai usaha tapi kesulitan modal? Jangan khawatir, banyak kok jenis peluang usaha potensial yang bisa kita mulai dengan modal kecil. Penasaran apa saja bisnis tersebut, yuk simak jenis usaha kecil menguntungkan berikut ini.

Jasa Penitipan Anak

Jika rumah Anda terdapat satu ruangan yang kosong, mengapa Anda tidak memanfaatkannya untuk membuka jasa penitipan anak. Anda hanya perlu sedikit merenovasi atau mendesain ruangan tersebut agar layak sebagai tempat penitipan anak.

Jasa penitipan anak merupakan salah satu usaha kecil menguntungkan yang sangat potensial.  Sebab banyak sekali orang tua yang tidak bisa merawat anak mereka saat siang hari terutama jika keduanya bekerja atau memiliki rutinitas yang padat.

Dalam kondisi seperti ini, tentu mereka lebih memilih untuk menitipkan anak ke tempat-tempat penitipan anak daripada meninggalkan anak sendirian di rumah. Apalagi jasa semacam ini bermanfaat untuk melatih kepekaan sosial anak.

Baca Juga: Usaha Kecil Sukses, Jarang Terungkap dan Wajib Anda Tahu

Membuka Jasa Privat atau Bimbingan Belajar

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang pelajaran sekolah, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan. Caranya dengan membuka jasa privat atau bimbingan belajar (Bimbel). Modal yang kita butuhkan hanyalah keahlian Anda.

Untuk tempat privat atau bimbingan belajar, Anda bisa memanfaatkan ruangan tertentu dalam rumah Anda. Jika tidak memungkinkan, buka saja jasa privat atau bimbel di rumah salah satu peserta yang ada.

Membuka Jasa Pencucian Motor

Membuka jasa pencucian motor juga bisa menjadi usaha kecil menguntungkan yang bisa Anda jalankan. Tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya. Asalkan rumah Anda terdapat air ledeng atau sumur bor yang lancar, Anda bisa memulainya.

Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah maupun lahan kosong meskipun berukuran kecil yang terdekat dari rumah sebagai lokasi pencucian motor. Tinggal membenahi sedikit agar layak sebagai tempat pencucian, maka usaha tersebut sudah bisa Anda jalankan.

Berjualan Pulsa

Kebutuhan pulsa masyarakat saat ini sudah menyerupai kebutuhan makan dan minum. Tingginya penggunaan internet masyarakat menjadikan peluang usaha berjualan pulsa sangat besar. Makanya, manfaatkan peluang yang ada dengan membuka usaha berjualan pulsa.

Modal awal yang Anda butuhkan berbisnis pulsa tidak terlalu besar. Apalagi memasarkan usaha kecil menguntungkan ini juga sangat mudah. Bukankah Anda, keluarga, atau teman banyak yang juga membutuhkan pulsa?

Nah, daripada membeli pulsa ke konter-konter yang ada, tentunya akan lebih hemat jika Anda berjualan pulsa sendiri. Anda pun bisa menggunakan sebagian pulsa tersebut seperlunya untuk keperluan pribadi.

Baca Juga: Manajemen Usaha Kecil, Ini Aturannya yang Wajib Anda Tahu

Mengelola Bisnis Online

Mengelola bisnis online juga merupakan bentuk usaha yang bisa langsung Anda jalankan. Modal awal yang Anda butuhkan tidak besar. Paling hanya membutuhkan kuota data dan perangkat untuk mengakses internet seperti komputer, laptop atau smartphone.

Banyak sekali jenis bisnis online sebagai usaha kecil menguntungkan yang bisa Anda jalankan, seperti menjadi publisher Google Adsense. Sudah banyak sekali blogger yang meraih kesuksesan dan passive income dari kegiatan blogging.

Selain menjadi publisher, Anda juga bisa memanfaatkan media internet untuk berjualan secara online. Jika tidak memiliki barang sendiri, Anda bisa menjualkan barang orang lain.

Apalagi jika ada keluarga yang memiliki keahlian dalam bidang kuliner, manfaatkan media sosial untuk memasarkan produk kuliner tersebut.

Selain itu masih banyak lagi jenis bisnis online yang bisa Anda jalankan. Selama Anda mau belajar dan berusaha, tentu meraih keberhasilan dalam bisnis online yang tepat dan cocok bagi Anda bukanlah hal yang mustahil.

Demikian beberapa rekomendasi usaha kecil menguntungkan yang bisa Anda pilih. Apalagi bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal untuk memulainya. Jadi tunggu apa lagi, segera saja menjalankannya dan raih kesuksesan yang Anda impikan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

Aegis Boost Pro