Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita CiamisVaksinasi Covid-19 di Ciamis Akan Diprioritaskan Untuk Nakes

Vaksinasi Covid-19 di Ciamis Akan Diprioritaskan Untuk Nakes

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Vaksinasi Covid-19 di Ciamis, Jawa Barat, pada tahap pertama ini akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (Nakes). Hal tersebut sesuai dengan amanat dari keputusan Menteri Kesehatan tentang sasaran untuk vaksinasi Covid-19.

“Tahap pertama Pemkab Ciamis akan mendapatkan 3.842 x 2 dosis (7.684 vial). Dengan sasaran adalah Nakes yang tersebar di 37 Puskesmas. Termasuk RSUD, RS swasta dan klinik serta pegawai kesehatan,” terang Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Bayu Yudiawan kepada HR Online Selasa ( 05/01/2020).

Bayu menerangkan vaksin Covid-19 ini memiliki sistem droping langsung dan harus mengikuti prosedur yang ada. Sehingga kedatangannya akan bertahap tergantung aplikasi SMILE yang mengatur pendistribusian dan pemakaian logistik vaksin.

“Merujuk kepada Juknis yang baru disahkan pada tanggal 1 Januari 2021 vaksinasi Covid-19 di Ciamis akan mulai pelaksanaannya pada tanggal 22 Januari 2020. Tapi teknisnya kita juga masih menunggu EUA (Emergency Use Authorization) dari BPOM (izin edar),”ungkapnya.

Bayu menyatakan sebagaimana halnya yang terjadi secara global, tenaga medis merupakan garda terdepan dalam hal penanganan Covid-19. Sehingga sudah seharusnya menjadi prioritas dalam vaksinasi Covid-19.

“Sesuai dengan amanat dari Kepmenkes No. HK.01.07/Menkes/ 12757/2020 Tentang Sasaran Pelaksanaan Vaksinasi. Maka tenaga medis terlebih dahulu yang akan menjalani vaksinasi Covid-19, termasuk Ciamis,”pungkasnya.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pun sebelumnya menyatakan kesiapannya untuk menjadi orang pertama yang melakukan vaksinasi Covid-19. (Fahmi/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -