Viral Bukit Panenjoan Pangandaran Punya Fenomena Negeri di Atas Awan

Bukit Panenjoan Pangandaran Negeri Di atas Awan yang Viral
Bukit Panenjoan Pangandaran yang sedang viral dengan fenomena Negeri Di atas Awan. Foto: Ceng3/HR

Berita Pangandaran (Harapanrakyat.com),- Bukit Panenjoan yang ada di Dusun Panenjoan, Desa Kersaratu, Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, viral. Karena dari puncak bukit ini, pengunjung bisa melihat fenomena alam menakjubkan bak ‘negeri di atas awan’.

Untuk menuju lokasi, pengunjung hanya membutuhkan waktu 30 menit perjalanan dari Pantai Pangandaran, jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat wisata. Aksesnya pun sangat baik, bisa menggunakan mobil atau sepeda motor.

Bukit Panenjoan Pangandaran ini dulunya menyeramkan. Namun kini ramai orang berkunjung karena menjadi destinasi baru terutama bagi para pecinta wisata swafoto. Pengunjung yang datang tak hanya dari warga Pangandaran saja, juga datang dari luar daerah.

Tidak ada tiket masuk bagi pengunjung yang datang, hanya cukup membayar jasa parkir saja yang pengelolaannya oleh Karang Taruna setempat.

Kadus Panenjoan Ikin Sugandi mengatakan wisata alam Bukit Panenjoan Pangandaran ini terbuka untuk umum setelah pembangunan akses jalan menggunakan rabat beton.

“Pengelolaannya oleh anak-anak Karang Taruna Dusun, tidak ada tiket masuk alias gratis. Hanya untuk biaya parkir saja. Hampir setiap hari ramai pengunjung, berfoto-foto atau hanya sekedar bersantai,” ujar Ikin, Senin (25/1/2021).

Pengunjung bisa menyaksikan fenomena bak negeri di atas awan pada pagi hari. Karena dengan suasana yang masih sejuk serta banyaknya kabut menyelimuti hutan dan perkebunan warga. Saat ini lah pengunjung ramai berdatangan.

Siti, seorang pengunjung Bukit Panenjoan Pangandaran ini mengaku penasaran untuk melihat fenomena kabut tebal tersebut. Ia mengaku mendapat informasi dari temannya, ada sebuah tempat dengan pemandangan yang sangat indah.

“Penasaran aja datang ke sini, memang tempatnya nyaman dan indah. Jadi betah lama-lama sambil menenangkan pikiran juga sambil foto-foto,” ungkapanya.

Lokasi ini pun memiliki beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung. Yakni banyaknya warung-warung jajanan yang menjual berbagai makanan dan camilan, khususnya es kelapa muda dan gorengan.

“Sambil menikmati alam Bukit Panenjoan Pangandaran juga sambil minum es kelapa muda dan gorengan serta jajanan lain,” katanya. (Ceng3/R9/HR-Online)

Editor: Dadang