Viral IGD RSUD Ciamis Dihalangi Tali dan Petugas Pakai APD, Ada Apa?

IGD RSUD Ciamis
Viral foto ruang instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Ciamis, Jawa Barat, dihalangi tali dan petugas tenaga kesehatan (Nakes) pakai APD lengkap. Foto: Istimewa

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Viral foto ruang instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Ciamis, Jawa Barat, dihalangi tali dan petugas tenaga kesehatan (Nakes) pakai APD lengkap. Dalam foto itu terlihat Nakes yang pakai APD lengkap sedang menjemput pasien. Banyak masyarakat dan netizen bertanya-tanya di media sosial terkait foto tersebut.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Ciamis Eni Rochaeni membenarkan foto tersebut. Menurutnya, petugas yang memakai APD lengkap itu adalah tim Gorgom yang hendak menjemput pasien suspek Covid-19.

“Memang tadi malam tim Gorgom Ciamis sedang menjemput pasien suspek Covid 19 di IGD RSUD Ciamis. Hasilnya positif, tapi kondisinya tak bergejala sehingga bisa melakukan isolasi mandiri. Tim Gorgom lalu menjemput pasien untuk melaksanakan isolasi mandiri,” ujar Eni kepada HR Online, Sabtu (16/1/2021).

Eni menjelaskan, RSUD Ciamis punya dua metode layanan untuk IGD RSUD Ciamis. Pertama IGD untuk pasien biasa dan kedua untuk pasien suspek Covid-19. Tempat ini bernama zona abu-abu. Tali penghalang yang terlihat pada foto itu berfungsi untuk batas. Tujuannya mencegah pengunjung RSUD Ciamis lalu lalang.

“Tali Itu hanya sekat kok, bukan apa-apa agar tidak ada orang yang masuk sembarangan karena ruangan tersebut khusus pasien suspek Covid-19,” tegasnya.

Eni pun menegaskan ruang isolasi untuk pasien Covid-19 pada RSUD Ciamis masih tersedia. Karena sudah ada penambahan ruang isolas baru.

“Kalau disebut ruang isolasi Covid-19 penuh kayaknya enggak. Karena ada penambahan ruang isolasi baru untuk pasien Covid-19 bagian lantai 2,” jelasnya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak RSUD Ciamis. Saat HR Online mencoba mengkonfirmasi melalui pesan singkat, namun belum ada jawaban. (Fahmi/R9/HR-Online)

Editor: Dadang