Vitamin Penting dalam Skincare untuk Kulit Mulus dan Sehat

Vitamin penting dalam skincare untuk menghasilkan kulit sehat dan mulus. Foto: Ilustrasi/Net.
Vitamin penting dalam skincare untuk menghasilkan kulit sehat dan mulus. Foto: Ilustrasi/Net.

Vitamin penting dalam skincare untuk menghasilkan kulit sehat dan mulus. Karena, vitamin menjadi nutrisi penting buat kesehatan tubuh, kulit, dan rambut. Sehingga, kita harus penuhi kebutuhan vitamin setiap hari melalui makanan bergizi.

Namun, mengonsumsi vitamin tidak hanya memberikan manfaat, tapi juga ada beberapa jenis vitamin yang dapat memberikan efek secara langsung terhadap kulit.

Bahkan, efek tersebut bisa kamu dapatkan jika mengaplikasikannya secara topikal maupun dioleskan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini jenis-jenis vitamin yang bisa kamu jadikan perawatan topikal bagi kulit wajah.

5 Jenis Vitamin Penting dalam Skincare

Vitamin A

Baca Juga : Tips Menggunakan Skincare Wajah agar Bebas dari Jerawat

Vitamin A dapat kamu temukan dalam krim malam dan juga serum yang memiliki kandungan retinoid. Perlu kamu tahu bahwa retinoid ini turunannya vitamin A yang mampu membantu kulit selalu terlihat muda.

Menurut Doris Day, MD., ahli dermatologi New York, vitamin ini dapat memperlambat munculnya berbagai gejala penuaan, seperti flek, kerutan, serta kulit yang kusam.

Mengapa harus dalam krim malam? Alasannya karena paparan sinar ultra violet (UV) atau matahari bakal melemahkan kinerja dari vitamin A. Usapkan pelembab retinoid pada malam hari untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Vitamin B3

Vitamin penting dalam skincare salah satunya adalah vitamin B3. Jenis vitamin ini bisa kamu temukan dalam pelembab, serta serum wajah yang memiliki kandungan niacinamide.

Niacinamide dalam vitamin B menjadi pelindung yang sangat kuat, dapat menjaga kelembaban kulit, sekaligus mencegah terjadi iritasi.

Selain itu, vitamin B juga bermanfaat untuk membentengi penyaluran pigmen yang membuat kulit gelap ke bagian sel kulit. Dengan begitu dapat meminimalisir munculnya flek.

Leslie S. Baumann, MD., ahli dermatologi dari Miami, menjelaskan bahwa, produk kecantikan yang di dalamnya terkandung niacinamide sangat baik dioleskan pagi dan juga siang hari.

Baca Juga : Urutan Memakai Make Up Sehari-hari Bagi Remaja Pemula

Vitamin C

Selanjutnya, jenis vitamin penting dalam skincare yang harus ada salah satunya vitamin C. Vitamin ini bisa kamu temukan dalam serum maupun ampule yang mengandung askorbat.

Produk kecantikan berbahan aktif yang memakai nama ascorbyl, ascorbate, atau ascorbic sudah dipastikan memiliki kandungan vitamin C.

Vitamin ini merupakan antioksidan kuat. Tidak hanya mampu melawan berbagai tanda penuaan. Namun, bahan aktif tersebut juga bisa memperbaiki kondisi kesehatan kulit. Bahkan, mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV atau matahari.

Kemudian, gunakan ampoule atau serum yang memiliki kandungan vitamin C sebelum kamu mengoleskan tabir surya. Hal itu supaya kulit terlindungi secara ekstra dari paparan sinar ultraviolet.

Vitamin E

Baca Juga : Manfaat Sheet Mask, Cara Pakai dan Pilih Produk Sesuai Kebutuhan

Berikutnya, vitamin penting dalam skincare yang satu ini juga sangat baik untuk menghasilkan kulit mulus dan sehat. Kapsul vitamin E dapat kamu temukan dalam serum, krim wajah, dan masker.

Kapsul ini dapat menjadi pelembab yang baik untuk kulit. Kamu cukup mengguntingnya atau iris satu kapsul. Gunakan sebagai pelembab pada pagi dan malam hari.

Vitamin K

Selain itu, vitamin K bisa kamu temukan dalam krim mata yang memiliki kandungan retinol dan phytonadione. Krim yang mengandung vitamin K serta retinol ini terbukti paling ampuh memudarkan kantung mata.

Itulah jenis-jenis vitamin penting dalam skincare yang bermanfaat untuk menjadikan kulit mulus dan sehat. Pilihlah satu atau dua dari lima jenis vitamin tersebut, sesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu saat ini.

Karena, terlalu banyak menggunakan vitamin berbentuk bahan aktif seperti itu malah akan menimbulkan efek alergi. Oleh sebab itu, gunakan saja sesuai kebutuhan supaya hasilnya bisa maksimal. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah