Warga Ciamis Melahirkan Tanpa Gejala Hamil, Begini Penjelasan Dokter

Melahirkan Tanpa Gejala Hamil
Warga Ciamis Melahirkan Tanpa Gejala Hamil. Foto: Dadang/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Seorang ibu rumah tangga di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melahirkan tanpa merasakan gejala hamil di kamar mandi rumahnya. Berikut penjelasan secara medis menurut dokter kandungan.

Dr Nanang SOG, Dokter Kandungan RSUD Ciamis, mengatakan kondisi tersebut bukan berarti tidak memiliki gejala hamil. Namun yang bersangkutan tidak menyadara bahwa sedang hamil. Sehingga tiba-tiba merasa sakit perut dan melahirkan.

“Jadi tidak ada tiba-tiba melahirkan, yang ada itu hamil tidak terdeteksi. Mungkin orang itu gemuk atau karena faktor lain yang membuat tidak terlihat hamil, tapi tiba-tiba mules dan melahirkan, ujar dr Nanang, Jumat (8/1/2020).

Baca Juga: Sebelumnya Tak Merasa Hamil, Warga Ciamis Melahirkan di Toilet

Warga Ciamis yang melahirkan tanpa merasakan gejala hamil itu tidak sadar bahwa ia sedang hamil. Atau dalam istilahnya Crypic Prgnancy. Sebab, gejala keluhan tersebut berbeda dengan kehamilan biasanya, lebih minimal gejalanya.

Ketika warga itu mengaku sering mengalami menstruasi, dugaan itu bukan darah menstruasi melainkan pendaraan saat hamil.

“Orang hamil kan tidak mungkin menstruasi. Mungkin itu pendarahan tapi sangkaannya mens. Akhirnya tidak kontrol atau pun mengcek tapi akhirnya melahirkan,” ucapnya.  

Sebelumnya, Dedeh, Warga Dusun Pangligaran, Desa Medanglayang, Panumbangan, dikabarkan melahirkan tanpa mengalami gejala hamil. Ia melahirkan bayi laki-laki dengan berat sekitar 2,6 kg dan panjang 45 centimeter.

“Saya tidak merasa hamil, namun saat saya mau buang air karena mules tapi malah melahirkan. Saya masih tidak percaya,” kata Dedeh. (Dadang/R9/HR-Online)

Editor: Dadang