Warga Minta Jalan Bangbayang-Cieurih Ciamis Dibangun TPT

Warga Minta Jalan Bangbayang-Cieurih Ciamis Dibangun TPT
Jalan penghubung Desa Bangbayang-Cieurih, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, perlu dipasangi TPT, karena tebing jalan terus mengalami pengikisan. Foto:Edji/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Warga dan sejumlah pengendara berharap jalan yang menghubungkan Desa Bangbayang-Cieurih, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jabar, agar dibangun TPT (tembok penahan tebing).

Hal tersebut lantaran di jalan Desa tersebut terdapat banyak tebing yang terkikis longsor sehingga mempersempit jalan dan membahayakan.

Pengikisan pada tebing jalan Bangbayang-Cieurih tersebut telah berlangsung lama.

Pengikisan tersebut mengakibatkan trotoar jalan menyempit.

Khawatir jadi pemicu terjadinya kecelakaan, pengguna jalan meminta agar Pemerintah Kabupaten Ciamis dapat memberikan bantuan untuk membangun tembok penahan tebing (TPT).

Maman, warga sekitar, mengatakan, pengikisan pada tebing jalan kondisinya semakin melebar.

Trotoar untuk pejalan kaki, terus tergerus nyaris memakan badan jalan.

“Apabila dibiarkan berlarut-larut tanpa adanya TPT, tentu bisa menjadi pemicu kecelakaan,” ujar Maman, Senin (25/1/2021).

Sebab, selain posisinya berada di belokan, pada badan jalan tumbuh semacam lumut dan membuat jalan menjadi licin.

“Sebelum terjadi adanya kecelakaan, warga berharap Pemkab dapat memberikan bantuan untuk pembangunan TPT,” katanya.

Kepala Desa Bangbayang, Endang Kiswandi, melalui Sekretaris Desa, Didi Sufyadi, mengatakan, tebing jalan tersebut berada di jalan desa.

Pada tahun 2019 sebagiannya sudah dibangun TPT.

“Pemerintah Desa sendiri sebetulnya sudah mengangarkannya untuk menyelesaikannya, akan tetapi terkendala dengan covid-19, sehingga menjadi tertunda,” ungkapnya.

Didi, menambahkan, apa yang disampaikan dan diharapkan oleh pengguna jalan memang benar.

Selain telah memakan bagian trotoar, di lokasi tersebut jalannya licin dan tidak disertai lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Sehingga para pengguna jalan harus extra  hati – hati.

“Jalan Bangbayang-Cieurih ini banyak dilalui kendaraan setiap malam, jika terus dibiarkan begini memang beresiko terjadi kecelakaan,” jelas Didi.

Pihak Desa juga berharap, ada bantuan dari Pemkab Ciamis, karena saat ini anggaran desa terbatas dan dipakai untuk penanganan Covid-19. (Edji/R8/HR Online)

Editor: Jujang