Warna Cat Plafon untuk Rumah Mewakili Perasaan Penghuninya

Warna Cat Plafon untuk Rumah Mewakili Perasaan Penghuninya
Warna Cat Plafon untuk Rumah. Foto: arsitag.com

Banyak warna cat plafon untuk rumah yang populer di Indonesia. Plafon merupakan unsur dalam bangunan yang akan menjadi penutup bagian langit-langit, yang sekaligus menjadi pembatas antara rangka atap dengan ruangan. Plafon juga akan melindungi ruangan dari serangan debu dan kotoran lainnya.

Setiap warna mempunyai karakter yang berbeda dan setiap warna rumah akan mewakili perasaan para penghuni rumahnya. Dengan menggunakan warna yang tidak terlalu cerah, namun tetap terkesan simple dan good looking.

Konsep Baru Warna Cat Plafon untuk Rumah

Untuk menghuni rumah agar tetap nyaman, sudah semestinya anda perlu memperhatikan kolaborasi susunan warna yang ada di rumah. Karena setiap warna yang akan menghiasi bangunan rumah anda merupakan suatu hal yang akan selalu dipandang saat melakukan aktivitas di rumah.

Baca Juga: Desain Koridor Rumah yang Unik dan Serasi dengan Konsep Rumah

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula yang menginginkan nuansa rumah yang berbeda. Tidak heran lagi jika sewaktu-waktu trend warna rumah berganti-ganti.

Bukan hanya bangunan saja yang harus diperhatikan, namun memperhatikan warna cat plafon untuk rumah juga perlu. Jangan sampai perpaduan dan penerapan warna cat plafon yang salah akan membuat anda enggan di hunian sendiri. Nah, untuk menambah wawasan anda dalam memilih warna cat plafon, berikut ini inspirasi dan konsepnya.

Cat plafon warna putih merupakan warna netral sehingga bisa diaplikasikan dengan ukuran yang tidak terbatas. Warna ini juga bisa membantu dalam memaksimalkan pantulan cahaya yang akan berpengaruh terhadap kecerahan ruangan. Selain itu, warna ini juga akan membantu untuk memberikan kesan lebih luas.

Warna cat plafon untuk rumah biru muda. Penerapan warna ini akan memberikan kesan seolah-olah anda berada di tengah lautan yang luas dan di bawah langit cerah.

Perpaduan warna ini akan memberikan ketenangan dan lebih lapang. Warna cat ini juga akan membuat interior menjadi menawan. Untuk kelengkapan perabotnya, pilihlah dengan warna simple agar tidak terkesan norak dan berlebihan.

Cat plafon warna pastel merupakan perpaduan antara warna primer dan sekunder yang menggunakan kombinasi warna putih sehingga akan membuat hunian anda lebih soft. Selain lapang, warna pastel akan memberikan kesan ceria yang tidak membosankan.

Banyak yang bilang bahwa plafon hanya cocok dicat dengan warna netral saja. Untuk yang ingin mendapatkan kesan ruangan yang lebih hidup, anda bisa menggunakan warna kuning dengan kombinasi warna putih pada dinding.

Baca Juga: Desain Rumah Hook Dengan Letak yang Strategis dan Tidak Monoton 

Meski dipandang mata memberikan kesan kontras, nyatanya warna cat plafon untuk hunian yang satu ini juga sangat dinamis dan tidak berlebihan.

Beberapa Model Plafon Rumah

Terlepas dari memadupadankan warna cat plafon untuk rumah, bentuk dan kualitas plafon juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan rumah. Saat ini sangatlah mudah untuk menemukan beragam jenis model plafon yang berkualitas materialnya.

Plafon PVC yang biasanya menggunakan jenis plafon ini di daerah perkotaan. Plafon ini terbuat dari polyvinyl chloride dan sudah banyak sekali yang mengakui bahwa ketahanan plafon ini sangatlah baik.

Sehingga banyak digunakan di gedung-gedung bertingkat, hotel berbintang lima, serta restoran tingkat atas. Jenis ini juga memberikan berbagai macam variasi warna dan model, juga sangat cocok untuk gaya eksperimental rumah anda.

Plafon tripleks masyarakat tingkat menengah ke bawah sangatlah menggemari plafon jenis ini. Memiliki harga ekonomis dan juga banyak variasi ukuran. Memotong plafon ini juga sangatlah mudah, karena terbuat dari kayu. Plafon ini sangat mudah untuk diperbaiki bila rusak.

Model plafon gypsum, tak sedikit pula yang menyukai jenis plafon ini. Karena desainnya yang elegan juga simple. Model untuk plafon ini sangat cocok jika anda variasikan dengan bentuk bingkai bertingkat, ukiran, dan kubah.

Ketahanan plafon ini sangat baik terhadap rayap. Pemasangannya pun cukup mudah karena bisa menggunakan rangka kayu atau besi hollow.

Cara Merawat Langit-langit Rumah

Selain memberikan warna cat plafon untuk rumah, ternyata membersihkan plafon langit-langit rumah juga perlu anda lakukan. Agar tetap indah dan sedap dipandang, berikut ini cara merawat plafon rumah anda.

Untuk mempercantik permukaan plafon, bersihkan bercak noda airnya. Hal seperti ini biasanya terjadi saat musim hujan tiba. Plafon beresiko terkena rembesan air.

Baca Juga: Ruang Keluarga Dekat Tangga Dengan Tips yang Sederhana

Sebelum melakukan perbaikan, sebaiknya pastikan dahulu tingkat keparahannya. Jika bercaknya ringan, anda cukup melapisi permukaan dengan cat. Namun jika bercaknya tergolong berat, anda harus memotong plafon tersebut.

Hal diatas merupakan cara memadupadankan warna cat plafon untuk rumah serta cara perawatannya supaya hunian anda tetap elok dipandang dan ditempati. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang