Wisata Sanghyang Heuleut, Pesona Eksotis Bandung yang Tersembunyi

Wisata Sanghyang Heuleut
Wisata Sanghyang Heuleut . Foto: youtube.com

Wisata Sanghyang Heuleut merupakan salah satu wisata alam kota Bandung yang sangat eksotis. Destinasi wisata ini dapat menjadi tujuan wisata paling direkomendasikan bagi anda yang akan libur akhir pekan ke Kota Bandung.

Untuk mengunjungi kawasan wisata alam cantik ini, anda dapat berkunjung ke Kecamatan Saguling. Atau lebih tepatnya, Sanghyang Heuleut berlokasi di sekitar area PLTA Saguling. Barat Kota Bandung yang berbatasan antara Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Purwakarta.

Untuk menuju tempat ini, para pengunjung perlu melakukan tracking kurang lebih 1,5 jam hingga 2 jam dari tempat parkir yang berada dekat PLTA Saguling.

Destinasi Wisata Sanghyang Heuleut

Bukan rahasia umum lagi, Kota Bandung merupakan salah satu tujuan wisata yang memiliki banyak penggemar. Pasalnya, Kota Kembang ini memiliki destinasi wisata alam yang beragam dan sangat cantik.

Baca Juga: Saung Angklung Udjo, Destinasi Wisata Budaya dan Edukasi Bandung

Salah satunya adalah wisata alam Sanghyang Heuleut. Destinasi wisata ini selalu menjadi tujuan utama bagi para wisatawan, baik dalam hingga luar negeri.

Destinasi wisata ini cukup populer pada media sosial. Hampir semua wisatawan yang berkunjung akan mengupload keindahan eksotis wisata ini. Perlu anda ketahui, Sanghyang Heuleut berada dalam satu kawasan dengan Sanghyang Tikoro serta Sanghyang Poek.

Pesona Wisata Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut salah satu tujuan wisata yang memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat para wisatawan. Pesona serta daya tarik tersebut selalu dijaga oleh pihak pengelola.

Hal ini bertujuan agar para wisatawan semakin tertarik untuk berkunjung ke destinasi wisata ini. Dengan mengunjungi Sanghyang Heuleut, maka anda dapat menikmati eksotisnya pemandangan bebatuan serta tebing yang indah.

Dengan adanya gemericik aliran sungai, menjadikan wisata ini sangat adem dengan banyak pepohonan yang asri dan rindang. Selain itu, wisata Sanghyang Heuleut dapat dikatakan sebagai kawasan wisata sejarah Kota Bandung.

Baca Juga: Curug Taringgul Pangandaran, Wisata Eksotis Rival Baru Green Canyon

Pasalnya, kawasan wisata ini memiliki bukti sejarah yang berupa Danau Purba yang pada zaman dulu pernah menggenangi Kota Bandung. Membahas Sanghyang Heulaeut, sama halnya kita membahas sisi sejarah masa lalu wilayah Bandung.

Sejarah dan Mitos Wisata Sanghyang Heuleut

Sesuai dengan mitos yang berasal dari warga sekitar, wisata ini dahulunya ialah tempat mandi para bidadari yang sedang turun dari khayangan.

Selanjutnya para bidadari tersebut mandi dalam Danau Purba yang terdapat pada kawasan Sanghyang Heuleut. Arti dari nama Sanghyang Haeuleut memberikan makna baru.

Makna tersebut akan semakin memperkuat mitos yang ada. Arti dari Sanghyang ialah sebuah hal yang sangat dianggap suci. Selanjutnya untuk arti Heuleut adalah jeda atau batasan sesuatu.

Dengan demikian, dapat disimpulkan dari makna tersebut ialah suatu batasan yang dianggap suci. Jika nampak dari sejarah terbentuknya, awal mula dari Sanghyang Heuleut ialah berupa danau yang bermanfaat untuk para manusia purba.

Danau Purba tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan air dalam kehidupan sehari-hari mereka. Lokasi dari Danau Purba berada di tengah pepohonan serta tebing yang ada di sekitarnya.

Rute Menuju Wisata Sanghyang Heuleut

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi Sanghyang Heuleut, maka anda dapat berangkat dari Kota Bandung. Dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam, maka anda dapat menggunakan kendaraan pribadi agar dapat mencapai kawasan ini.

Mulai dari taman lalu lintas Kota Bandung menuju Jalan Raya Bandung hingga Cianjur. Selanjutnya memasuki pintu gerbang Waduk Saguling yang berada di sebelah kiri jalan.

Kemudian anda dapat menyusuri jalan menuju Waduk Saguling. Sebaiknya anda lebih berhati-hati dalam menyusuri jalan ini. Karena memiliki karakteristik yang berkelok-kelok dan juga rawan terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: Kampung Bunga Matahari Cianjur, Obyek Wisata Baru yang Instagramable

Selanjutnya anda akan tiba pada kawasan Sanghyang Tikoro. Untuk dapat sampai ke Danau Purba, maka anda harus menempuh jarak 200 meter.

Apabila anda telah sampai pada kawasan Sanghyang Heuleut, maka anda akan menjumpai warung berderet, loket tempat pembelian tiket, serta lahan parkir.

Selain itu, anda dapat menggunakan jasa pemandu wisata untuk dapat mengetahui kawasan Danau Purba secara lebih detail. Untuk dapat menikmati keindahan wisata Sanghyang Heuleut, biaya masuk yang perlu anda keluarkan cukup terjangkau, yakni Rp 10 ribu per orang. Lokasi wisata ini beralamat di Jalan Mandala Kulon, Kabupaten Bandung Barat. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang