Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruWisata Tangga Seribu, Nikmati Pesona Bandung dari Atas Pegunungan

Wisata Tangga Seribu, Nikmati Pesona Bandung dari Atas Pegunungan

Wisata Tangga Seribu dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin menikmati suasana alam serta menyejukkan saat berkunjung ke kota Bandung. Destinasi wisata ini berlokasi di Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Meskipun masuk dalam wilayah kabupaten, akan tetapi Tangga Seribu dapat anda akses melalui jalanan kota Bandung menuju Bandung Timur.

Kawasan wisata ini terletak tidak jauh dari obyek wisata Batu Kuda Gunung Manglayang. Dengan konsep wisata alam terbuka yang dapat menjadi pilihan untuk berwisata dengan sehat dan aman pada saat pandemi Covid-19.

Wisata Tangga Seribu Bandung

Tangga Seribu terletak di kaki Gunung Manglayang, Jawa Barat. Gunung ini berada pada ketinggian kurang lebih 1.828 meter di atas permukaan air laut.

Baca Juga: The Great Asia Africa Lembang Bandung, Gerbang Wisata Keliling Dunia

Meskipun, memiliki ukuran yang relatif kecil dari gunung sekitarnya seperti Gunung Tangkuban Perahu, Bukit Tunggal, hingga Burangrang.

Akan tetapi, Gunung Manglayang cukup menarik dengan menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Melalui kawasan objek ini, pengunjung dapat menjajal 1000 anak tangga. Kawasan ini akhirnya populer dengan sebutan Tangga Seribu.

Pesona Wisata Tangga Seribu Manglayang Bandung

Sesuai dengan namanya, ketika sampai pada kawasan Tangga Seribu, maka pengunjung akan bertemu dengan anak tangga dalam jumlah yang banyak. Sembari menaiki tangga menuju puncak, maka wisatawan akan terpukau dengan pemandangan yang sangat luar biasa.

Wisatawan akan menyaksikan hamparan pemandangan kebun dan sawah yang berada pada kanan kiri tangga. Setibanya di puncak, maka anda akan menemukan beragam jenis wahana wisata lain yang sangat menarik.

Wahana wisata tersebut antara lain taman bermain anak-anak, jembatan cinta, serta warung-warung kecil yang lengkap dengan saung untuk beristirahat.

Hadirnya pohon jati dan pohon pinus yang menjulang tinggi tentu dapat menambah suasana asri pada kawasan wisata Tangga Seribu.

Perjuangan serta rasa lelah seusai menapaki satu per satu anak tangga akan terobati dengan keindahan kota Bandung yang dapat anda nikmati dari atas pegunungan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kawasan wisata ini tidak jauh dari objek wisata Gunung Manglayang yang cukup populer yakni Batu Kuda.

Tangga Seribu dapat menjadi salah satu tempat berkemah yang menarik. Akan tetapi, hingga tanggal 25 Januari ke depan, akses untuk berkemah masih tertutup. Pasalnya, adanya imbauan pemerintah mengenai pembatasan selama masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Gunung Angker di Jawa, Ada yang Mau Coba Mendaki?

Asal Mula Wisata Tangga Seribu

Sesuai informasi dari tokoh masyarakat setempat, Tangga Seribu sudah ada sejak tahun 2017. Destinasi wisata ini berdiri pada tanah milik perhutani dan dibangun oleh warga secara bergotong-royong.

Dengan adanya bantuan dana desa dan berbagai bentuk bantuan dana lainnya, akhirnya terbentuklah Tangga Seribu . Hadirnya destinasi wisata ini sedikit demi sedikit dapat menunjang perekonomian masyarakat setempat.

Wisata Tangga Seribu sebenarnya tidak memiliki jumlah anak tangga pas seribu. Akan tetapi, jumlah sebenarnya hanya 500 anak tangga. Maka, total saat menaiki serta menuruni tangga berjumlah 1000 anak tangga.

Awalnya Tangga Seribu merupakan jalan sehari-hari yang dilalui oleh masyarakat sekitar. Tangga Seribu awalnya masih menggunakan bambu.

Pada akhirnya mengalami perbaikan dan pengembangan dengan menggunakan batu dan cor hingga menjadi destinasi wisata yang banyak kedatangan wisatawan.

Meskipun resmi dibuka sejak 2017 silam, akan tetapi sistem pembayaran tiket baru berlaku setahun yang lalu. Pemberlakuan tiket masuk ini bertujuan untuk biaya pemeliharaan tempat wisata. Dalam setiap minggunya, banyak wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga: D’dieuland Punclut Bandung, Rekreasi Baru dan Hits Kota Kembang

Tidak hanya warga sekitar saja, akan tetapi juga pengunjung dari luar kota seperti Bekasi, Tasikmalaya, Subang, Majalengka, dan lain sebagainya pernah berkunjung ke Tangga Seribu.

Lokasi dan Tiket Masuk Wisata Tangga Seribu

Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya, Tangga Seribu terletak di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Untuk dapat sampai ke kawasan ini, sebaiknya anda menggunakan sepeda motor karena jalannya relatif berukuran kecil, terjal, dan menanjak.

Untuk menikmati keindahan Wisata Tangga Seribu ini, maka anda hanya cukup mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 3.500 per orang. Sedangkan untuk berkemah Rp 5.000 per orang dan per malam. Jam operasional dari destinasi wisata ini hingga pukul 18.00 WIB. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img