Yamaha Exciter VVA 155 Meluncur di Vietnam dengan 3 Varian

Yamaha Exciter VVA 155 Meluncur di Vietnam dengan 3 Varian
Yamaha Exciter VVA 155. Foto: tempo

Yamaha Exciter VVA 155 merupakan sepeda motor bebek Indonesia yang lebih dikenal dengan nama Yamaha MX King. Perusahaan Yamaha Vietnam kabarnya telah merilis dan menerbitkan sepeda motor baru yang lebih mengejutkan.

Hal ini terjadi karena adanya perubahan total dari berbagai segi. Mulai dari kerangka, mesin, teknologi, hingga fitur yang membekali sepeda motor yang satu ini.

Malaysia dan Vietnam masih memiliki tingkat penjualan yang cukup tinggi untuk pasaran sepeda motor bebek. Namun, memang untuk tipe Yamaha yang satu ini belum diketahui kapan akan masuk pasar Indonesia.

Sebenarnya permintaan motor bebek yang satu ini sudah tidak ramai diminati konsumen Indonesia. Berbeda untuk pasar Malaysia dan Vietnam.

Hadir dengan desain sporty, membuat Yamaha Exciter VVA 155 terlihat lebih bertenaga. Jika anda lihat dari desainnya, memang susah untuk dikenali.

Baca Juga : Yamaha FZ25 Avengers Edition Model Unik Ala The Avengers 

Namun, untuk segi mesin dan fiturnya, sepeda motor yang satu ini mirip dengan Yamaha MX King di Indonesia. Meski tidak hadir untuk pasar Indonesia, namun spesifikasi terlengkapnya bisa anda ketahui secara lengkap.

Spesifikasi Yamaha Exciter VVA 155

Pasar otomotif memang banyak mengalami perkembangan. Meski sebagian besar negara telah mengalami wabah penyakit yang belum juga usai.

Hal ini juga tidak menurunkan semangat perusahaan otomotif mengembangkan produknya dengan inovasi terbaru. Ada yang menghadirkan motor skutik baru dengan teknologi canggih.

Selain itu, ada juga yang berinovasi menghadirkan motor bebek desain menarik seperti Yamaha. Sebenarnya untuk pasar Indonesia lebih dominan dengan skutik.

Baca Juga : Yamaha XMAX 125 Tech MAX 2021, Resmi Rilis di Awal Tahun

Namun, untuk beberapa negara masih cukup populer untuk pasar motor bebek seperti Yamaha. Dengan mengandalkan transmisi otomatis dan rantai yang menyalurkannya ke roda.

Berbeda dengan skutik yang mengandalkan CVTnya. Berikut ini ada spesifikasi menarik dan terlengkapnya, antara lain:

Desain

Dari sisi desainnya, Yamaha Exciter VVA 155 tidak memiliki perbedaan jauh dengan bocoran foto yang telah beredar beberapa waktu yang lalu. Sepeda motor bebek yang satu ini memiliki bodi bagian depan yang menjorok maju.

Bentuk tersebut bagaikan sebuah fairing. Karena terinspirasi dari superbike Yamaha YZF-R1 sehingga hasilnya hampir sama. Sedangkan dari segi lampunya sudah terdapat LED seperti huruf L.

Pada bagian depan juga dapat anda temukan lampu sein dan sepasang lampu jauh. Tidak hanya itu saja, pada bagian stangnya pun juga memiliki lampu tipis. Sehingga memiliki banyak lampu pada bagian depan Exciter VVA 155.

Tampilannya memiliki gaya sporty bagaikan motor gede. Sedangkan untuk bagian belakangnya hadir dengan desain struktur dua tingkat. 

Fitur dan Teknologi

Yamaha Exciter VVA 155 hadir dengan berbagai perlengkapan fitur dan teknologi modern. Hal ini mulai bisa anda lihat dari sisi lampu yang sudah LED, kecuali lampu sein.

Baca Juga : Yamaha Aerox 155 Connected, Bertenaga dengan Berbagai Keunggulan

Sedangkan pada bagian speedometernya sudah full digital dengan tampilan negatif display. Isinya lengkap seperti tersedianya speedometer, fuel meter, odometer, tripmeter, konsumsi BBM rata-rata, dan aktual.

Indikator VVA serta gear position yang dimiliki sepeda motor yang satu ini. Sedangkan dari segi teknologinya berfokus pada kinerjanya.

Dengan adanya fitur VVA ini, membuatnya sama seperti motor gede. Misalnya silinder, sasis, injeksi bahan bakar, dan kopling. Terdapat juga teknologi modern port USB dan Smart Keyless.

Mesin Yamaha Exciter VVA 155

Mesin Yamaha terbaru ini sama dengan YZF-R15 dan MT15. Spesifikasi lengkap mesinnya yaitu silinder tunggal YZF-R15 dan MT15. Pada bagian fitur assist dan slipper clutch tidak akan ketinggalan.

Mesin bertenaga milik Yamaha Exciter 155 VVA ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 17,7 dk @ 9.500 rpm dan torsi 14,4 Nm @ 8.000 rpm.

Suspensi dan BBM

Urusan bahan bakar motor bebek yang rilis di Vietnam ini mengalami peningkatan. Kapasitas bahan bakar tangkinya mencapai 5,4 liter. Sedangkan untuk suspensinya meningkat dari 90 mm menjadi 100 mm.

Harga dari sepeda motor terbaru ini hadir dengan 3 varian. High-end dengan harga VND 50 juta atau Rp 30,5 juta, standard dengan banderol VND 47 juta atau Rp 28,7 juta, dan GP dengan VND 50,5 juta atau Rp 30,8 juta.

Kabarnya Yamaha Exciter VVA 155 ini akan mulai rilis pada tanggal 6 Januari 2021 mendatang. Namun, sayangnya sepeda motor ini belum tahu kapan akan masuk untuk pasar Indonesia. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto