Yamaha SR400 Final Edition Produksi Terbatas Tersedia 1000 Unit

Yamaha SR400 Final Edition Produksi Terbatas Tersedia 1000 Unit
Yamaha SR400 Final Edition. Foto: moladin

Yamaha SR400 Final Edition menjadi produksi terakhir sebagai kendaraan klasik legendaris. Kendaran ini memang cukup memiliki peminat yang banyak.

Hal ini tidak terlepas dari setiap produknya yang memiliki spesifikasi terbaik. Yamaha perusahaan otomotif asal Jepang ini kabarnya akan berhenti memproduksi sepeda motor legendaris SR400.

Yamaha telah memproduksi sepeda motor tipe yang satu ini sejak tahun 1978. Namun, sudah berhenti produksi sejak tanggal 21 Januari 2021 kemarin.

Di Jepang standar gas buang semakin ketat dan hal inilah yang mengakibatkan produksi motor legendaris ini berhenti. sebab Yamaha SR400 tidak memenuhi standar tersebut.

Kendaraan ini produksinya semakin terbatas. Sehingga bagi siapa saja yang gemar dengan motor klasik untuk segera membelinya.

SR400 Final Edition menjadi kendaraan retro yang digadang-gadang sebagai penutup produksinya tahun ini. Sepeda motor yang satu ini sengaja dirilis sebagai peringatan 43 tahun lamanya Yamaha memproduksinya.

Baca Juga : Yamaha Aerox 155 Connected, Bertenaga dengan Berbagai Keunggulan

Namun, sayangnya untuk versi Final Edition ini hanya memproduksi dalam jumlah terbatas. Kabarnya Yamaha SR400 Final Edition hanya diproduksi dalam jumlah 1000 unit saja.

Sebenarnya pemasaran kendaraan ini sudah lama masuk pasar Vietnam. Namun, kemunculannya saat ini dengan versi terbatas menjadi pertanda jika Yamaha SR400 tidak akan diproduksi kembali.

Kemunculan Yamaha SR400 Final Edition Produksi Terbatas

Yamaha Motor Corporation di Jepang telah resmi meluncurkan produk edisi terakhir pada bulan ini. Produk tersebut merupakan edisi penutup Yamaha SR400 yang menjadi varian terakhir dengan produksi terbatas.

Baca Juga : Yamaha Exciter VVA 155 Meluncur di Vietnam dengan 3 Varian

Bahkan dengan produksinya yang hanya sedikit, membuat para kolektor pantas untuk memburunya. Sepeda motor unik dan klasik ini memang tergolong langka jika dari sejarahnya.

Mungkin sebagian besar orang belum tahu tentang kendaraan zaman dulu ini. Namun, jika anda lihat dari sejarahnya, Yamaha SR400 sudah melegenda.

Ada banyak alasan mengapa produksinya kini menjadi versi Final Edition. Berikut ini ada beberapa spesifikasi kendaraan Yamaha yang rilis di awal tahun, antara lain:

Dapur Pacu

Yamaha SR400 Final Edition menjadi produk yang terbatas dengan bekal dapur pacu dan sasis dari XT500. Sebab, awalnya kendaraan ini tidak bisa lepas dari peran Reli Dakar yang sempat berlaga sejak tahun 1975-1981.

Sasisnya kokoh dengan mesin reliable yang cukup bertenaga di zamannya. Hal inilah yang menjadi nilai tambah dalam penjualan produk Yamaha SR400.

Dengan bekal mesin lawas, lebih sulit dalam pengaturan gas buangnya. Bahkan sudah ada teknologi injeksi ke motor yang satu ini.

Bekal mesinnya yaitu berkapasitas 399 cc, berpendingin udara 4-stroke SOHC 2-valve, dan silinder tunggal. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 24 dk pada 6500 rpm. Dengan torsi 28 Nm pada 3000 rpm dan transmisinya yaitu manual 5 percepatan.

Desain

Jika anda lihat secara detail, desain Yamaha SR400 Final Edition memiliki gambaran yang menarik. Edisi terakhir sepeda motor klasik ini hadir dengan lukisan sunburst yang tampak mempermanis tampilannya.

Selain itu, juga terdapat castemblem bergravir nomor seri dan logo milik Yamaha berbahan kuningan. Pada bagian joknya memiliki bahan dengan lapisan bahan lembut. Tidak hanya itu saja, desain velgnya baru dan emblem sepeda motor ini dengan warna hitam.

Varian

Ada dua varian yang hadir untuk pasar otomotif Yamaha SR400 Final Edition. Hadir dengan varian pertama yaitu Final Edition dan varian keduanya yaitu standar.

Sebagai edisi terbatas dan terakhir, sepeda motor ini memiliki varian warna yang berbeda. Kedua warna yang hadir tersebut yaitu abu-abu dan biru lengkap dengan pola grafis spesial.

Baca Juga : Motor Yamaha MX-King 150 Tahun 2021 Miliki Warna Baru, Harga?

Meski demikian, masih banyak dominasi warna hitam pada kendaraan ini. Sehingga masih terasa sebagai kendaraan klasik model lama.

Harga

Karena produksinya terbatas, maka harga penawarannya pun cukup tinggi. Kedua varian Yamaha ini memiliki harga berbeda. Pada versi Yamaha Final Edition memiliki harga 748.000 Yen atau setara Rp 101 jutaan.

Sedangkan untuk varian standarnya memiliki harga sebesar Rp 80 jutaan. Keduanya merupakan harga yang berada pada pasar Jepang. Penawaran harga tersebut memang sebanding dengan spesifikasi yang ada.

Apalagi kendaraan ini hanya terbatas produksinya sebesar 1000 unit saja. Hal ini membuat Yamaha SR400 Final Edition menjadi incaran para kolektor sepeda motor klasik. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto