Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita Ciamis143 Kades Resmi Dilantik, Bupati Ciamis Minta Tertib Kelola Keuangan

143 Kades Resmi Dilantik, Bupati Ciamis Minta Tertib Kelola Keuangan

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Sebanyak 143 kepala desa (Kades) di kabupaten Ciamis dilantik. Satu diantaranya secara virtual oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Rabu (3/2/2021) di Stadion Galuh Ciamis. Dalam kesempatan itu, Herdiat minta Kades terpilih ini tertib dalam kelola keuangan.

Pelantikan kepala desa tersebut, hasil Pilkades serentak pada 19 Desember 2020. Para Kades ini akan menjabat dalam periode 2021-2027.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan kepala desa harus tertib dalam pengurusan administrasi, terutama kelola keuangan. Terutama dana desa. Setiap desa saat ini rata-rata mengelola anggaran hingga Rp 2 miliar. Sehingga perlu adanya kehati-hatian dan ketelitian. Jangan sampai kejadian memakan uang yang bukan haknya atau korupsi.

“Saya imbau kalau mengurus administrasi harus sesuai dengan peruntukan dan perundang-undangannya. Karena kalau salah, nanti bisa terjerumus ke korupsi dan terjerat kasus hukum,” katanya.

Herdiat menuturkan, jika kepala desa terjerat kasus hukum maka akan berat dan tidak bisa berbuat apa-apa. Maka dari itu, pihaknya berharap kepala desa agar bekerja dengan jujur dan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Kuncinya jujur dalam mengemban amanah dari rakyat, layani rakyat dengan baik,” tuturnya.

Selain harus tertib dalam kelola keuangan dan administrasi. Herdiat juga mengingatkan kepala desa juga harus bekerja dengan semangat dan ikhlas melayani masyarakat. Karena, dengan itulah suatu pemerintahan bisa terbentuk dengan baik.

“Semuanya lupakan Pilkades, mari menata, bahu-membahu membangun pemerintahan desa yang bersinergi dan baik untuk masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, H. Tatang mengatakan, untuk pelantikan kepala desa saat ini untuk periode 2021-2027 ini ada sebanyak 143 kepala desa. Satu kepala desa secara virtual.

“Untuk mempedomani protokol kesehatan Covid-19, pelaksanaan pelantikan ini dilakukan di tempat terbuka yakni Stadion Galuh. Namun kita juga tetap menerapkan protokol kesehatan dengan cara 3M memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img