8 Tahanan Lapas Ciamis Titipan Kejaksaan Negeri Positif Covid-19

Sebanyak 8 tahanan Lapas Ciamis titipan dari Kejaksaan Negeri yang terkonfirmasi positif Covid-19 dijemput tim Satgas Kabupaten Ciamis untuk melakukan isolasi di tempat khusus, Jumat (26/02/2021). Foto: Fahmi Albartiansyah/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Sebanyak 8 tahanan Lapas Ciamis yang merupakan titipan dari Kejaksaan Negeri Ciamis, Jawa Barat, terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil swab PCR.

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Ciamis melakukan penjemputan terhadap 8 tahanan yang terkonfirmasi positif pada Jumat (26/02/2021).

“Benar, hari ini ada 8 tahanan titipin dari Kejaksaan Negeri di Lapas Kelas ll B Ciamis yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil swab PCR,” terang Rahadian, Kasi. Administrasi Kamtib. Lapas Ciamis.

Rahadian menjelaskan, pada awalnya Lapas Kelas ll B Ciamis menerima tahanan titipan Kejaksaan Negeri pada tanggal 24 Februari 2021. Sesuai SOP, sebelum menitipkan tahanan ke Lapas Ciamis harus melampirkan hasil rapid test terlebih dahulu.

Lampiran hasil rapid test dari 8 tahanan tersebut menyatakan non reaktif. Namun, beberapa hari kemudian ada satu tahanan titipan yang merasa hilang penciuman dan kehilangan rasa saat sedang makan. Sehingga, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis.

“Kita berkoordinasi dengan Dinkes Ciamis untuk melakukan swab PCR kepada satu tahanan baru tersebut, karena mengalami gejala yang mengarah ke Covid-19,” terangnya.

Lanjut Rahadian, setelah melakukan swab PCR, ternyata ada konfirmasi dari pihak Dinkes Ciamis bahwa tahanan yang sudah melakukan swab hasilnya positif Covid19.

Baca Juga : 30 Pegawai BPKD Kabupaten Ciamis Positif Covid-19

“Sesuai SOP kami, ketika ada tahanan baru itu kami pisahkan dari narapidana lain selama 14 hari. Kemudian, karena ada satu tahanan titipan yang terkonfirmasi positif, kita meminta untuk melakukan swab PCR kepada 7 orang lainnya. Ternyata hasilnya semua tahanan titipan Kejaksaan positif Covid-19,” ungkapnya.

8 Tahanan Lapas Ciamis Lakukan Isolasi Khusus

Menurut Rahadian, pada hari Jumat 26 Februari ini, 8 tahanan Lapas Ciamis titipan dari Kejaksaan Negeri sudah dijemput tim Satgas Covid-19 Ciamis.

Kedelapan tahanan titipan tersebut akan melakukan isolasi di tempat khusus. Karena, ruang lingkup Lapas Ciamis sangat kecil.

“Upaya kami sekarang sudah melakukan koordinasi bersama tim Satgas Covid-19 Ciamis untuk melakukan penjemputan. Pihak Lapas Ciamis juga akan melakukan sterilisasi pada tempat napi yang terkonfirmasi. Yaitu dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan untuk beberapa hari kedepan,” pungkas Rahadian. (Fahmi/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah