9 Desa di Kawali Ciamis Tercepat Lunasi PBB-P2 Tahun 2021

9 Desa di Kawali Ciamis Tercepat Lunasi PBB-P2 Tahun 2021
Ilustrasi PBB-P2. Foto:Ist/Net

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sebanyak 9 Desa di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sudah melunasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2021.

9 Desa tersebut menjadi yang tercepat dalam melunasi PBB-P2 sejak launching penerbitan SPPT atau Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang, di GOR SMAN 1 Kawali, Kamis, (18/2/2021).

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi 9 Desa di Kawali yang sudah melunasi PBB-P2, berkat inovasi bumbung pajak.

“Bumbung pajak PBB-P2 ini cukup efektif mempermudah masyarakat membayar pajak,” ujar Herdiat.

Lanjutnya, inovasi bumbung PBB ini sangat membantu Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam percepatan bayar pajak.

Herdiat menambahkan, saat ini, kesadaran masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan cukup tinggi.

“Mudah-mudahan pajak ini ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Ciamis, karena pajak yang masyarakat bayarkan ini akan kembali lagi dalam bentuk pembangunan,” jelas Herdiat.

Baca Juga: Permudah Layanan PBB dan Pajak Daerah Lainnya, BPKD Ciamis Bikin Aplikasi SiJago

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ciamis, Kurniawan, mengapresiasi 9 Desa di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, yang telah membayar PBB-P2 dengan cepat lewat bumbung pajak.

“Kawali adalah kecamatan pertama yang mencanangkan bumbung PBB-P2 pada Agustus 2020 lalu,” ujar Kurniawan.

Adapun 9 Desa di Kecamatan Kawali, Ciamis yang sudah melunasi PBB-P2 yakni Kawalimukti, Linggapura, Citeureup, Selasari, Margamulya, Talagasari, Sindangsari dan Purwasari.

Dalam upaya memotivasi masyarakat membayar PBB-P2, Pemkab Ciamis memberikan reward berupa satu unit sepeda motor untuk diberikan kepada Desa-desa yang tercepat membayar PBB.

“Kami juga berikan keringanan berupa penghapusan sanksi administrasi denda piutang pajak yang bagi wajib pajak yang belum melunasi pajak sampai akhir tahun 2020,” katanya. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang