Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TerbaruAdab Bangun Tidur Merupakan Anjuran Amalan Baik Baginda Nabi SAW

Adab Bangun Tidur Merupakan Anjuran Amalan Baik Baginda Nabi SAW

Adab bangun tidur terkadang menjadi suatu hal yang disepelekan. Bahkan tak sedikit dari kita yang mengamalkan kebiasaan baik ini setiap bangun tidur. Padahal kita bisa bangun tidur dengan keadaan seperti semula itu merupakan suatu kenikmatan dan hadiah terbesar bahkan dari Allah SWT.

Paling tidak kita setelah bangun tidur kita mengucapkan syukur kepada Allah karena masih diizinkan untuk menghirup udara segar. Mengucapkan lafadz Hamdallah itu merupakan suatu hal yang mudah dan ringan bukan? Namun kenyataannya kita masih sangat susah untuk mengucapkannya sehabis bangun tidur.

baca juga: Adab Membaca Al-Quran yang Baik dan Benar Sesuai Ajaran Islam

Beberapa Adab Bangun Tidur yang Wajib Anda Ketahui

Kita tahu bahwasannya tidur itu merupakan suatu kebutuhan untuk kita. Terkadang orang yang kurang tidur sekalipun bisa terkena penyakit. Salah contohnya adalah penyakit anemia. Tak hanya karena kurang darah yang menjadi penyebabnya, tetapi juga karena kurang tidur.

Duduk Kemudian Mengusap Wajah

Hal ini terdapat dalam sebuah hadist:

Tahukah anda bahwa ketika kita bangun dari tidur langsung berjalan itu merupakan suatu hal yang membahayakan. Rasulullah sebagai suri tauladan untuk semua umat muslim dunia ini saja sudah memberikan contoh seperti itu, bisa apa kita jika bukan menirunya.

Mungkin jika kita belum terbiasa akan terasa sangat berat untuk melakukan adab bangun tidur sesuai dengan anjuran Rasul. Tapi jika kita memaksakan diri untuk selalu melakukannya, maka lama-lama akan terbiasa.

baca juga: Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang, Salah Satu Ikhtiar Masuk Syurga

Membaca Doa

Tak hanya jodoh saja yang harus kita doakan, tetapi adab bangun tidur juga menganjurkan kita untuk berdoa. Doa yang paling mudah untuk kita ucapkan adalah “Alhamdulillahirobbil ‘alaamiin” sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT karena masih berkenan memberikan kita udara untuk kita hirup tanpa biaya.

Tanpa kita sadari nikmat sehat dan waktu luang itu sering kita sepelekan. Padahal orang-orang yang berada di rumah sakit harus rela mengeluarkan uang jutaan hanya untuk membeli satu tabung oksigen. Sedangkan hanya untuk mensyukuri saja masih susah.

Sudah jelas bukan, bahwa hanya Allah yang mampu membangunkan dan menidurkan kita seperti dalam QS Al Qasas ayat 73.

Membaca 10 Ayat Terakhir Surat Ali-Imran

Alangkah lebih baiknya jika kita menghafal 10 ayat terakhir surat Ali-Imran. Adab bangun tidur ini juga telah terdapat dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim.

Adab Bangun Tidur

Mencuci Tangan

Mencuci tangan sebanyak tiga kali sehabis bangun dari tidur juga termasuk dalam adab bangun tidur. Sebagaimana telah dijelaskan dalam satu hadits riwayat Bukhari seperti ini.

Membersihkan Hidung dan Bersiwak

Tak hanya tangan saja yang perlu kita bersihkan, tetapi hidung dan juga gigi. Adab bangun tidur yang telah baginda nabi SAW ajarkan kepada kita adalah memasukkan air kedalam hidung atau istinsyaq sebanyak tiga kali. Hal tersebut karena pada bagian ini, setan berpangkalan selama kita tidur.

Baca juga: Keutamaan Membaca Surat Yasin, Bisa Permudah Segala Urusan

Wudhu

Tahukah anda, ketika kita tidur setan itu mengikat tengkuk kepala kita. Pada setiap ikatannya setan mengatakan “Malammu masih panjang, tidurlah”.

Maa Syaa Allah, semua adab bangun tidur tersebut merupakan amalan yang sudah suri tauladan kita baginda Nabi Muhammad SAW contohkan. Sebagai salah satu umatnya, tidak ada salahnya jika kita meniru dan mengamalkannya. (R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img