Air Kelapa untuk Asam Lambung, Ketahui Apa Saja Kandungannya

Air Kelapa untuk Asam Lambung, Kandungannya Mampu Meredakannya
Ilustrasi air kelapa untuk asam lambung. Foto: Ist/Net

Air kelapa untuk asam lambung cukup membantu jika anda konsumsi secara rutin. Masih banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari air kelapa.

Hal ini tidak bisa terlepas dari kandungan yang ada di dalam air tersebut. Apalagi jika air kelapa itu muda, akan memiliki kandungan serat yang tinggi.

Sehingga sangat baik untuk kesehatan lambung jika teratur dalam konsumsinya. Dijamin mampu mengeliminasi asam lambung dengan tepat.

Cuaca yang panas, paling enak minum air kelapa muda dengan kandungannya yang banyak. Selain itu, minuman yang satu ini menyegarkan dengan kandungan mineral tinggi.

Selain itu, air kelapa juga memiliki manfaat yang banyak. Mulai dari menangkal radikal bebas hingga menurunkan resiko penyakit jantung.

Tidak hanya itu saja, air kelapa untuk asam lambung juga memiliki khasiat yang penting. Minum air kelapa saat panas memang menyegarkan, apalagi bagi anda yang memiliki masalah pada pencernaan.

Asam lambung yang tinggi akan mengganggu kesehatan. Bahkan menjadi salah satu keluhan yang banyak orang derita. Bagi anda yang menderitanya, bisa konsumsi air kelapa untuk meredakan gejala yang ada.

Baca Juga : Khasiat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan, Bisa Mengobati Sakit Kepala

Dengan konsumsi minuman tersebut, ketidaknyamanan akibat asam lambung teratasi. Selain itu, mampu membantu meredakan sensasi terbakar saat masalah itu terjadi.

Khasiat Air Kelapa untuk Asam Lambung, Ternyata Ini Kandungannya

Air kelapa menjadi salah satu minuman yang baik untuk penderita asam lambung. Banyak kandungan yang ada dalam air kelapa, terutama kalium.

Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menjaga pH dalam tubuh. Sehingga asam lambung anda akan lebih mudah dikendalikan.

Selain itu, mengurangi resiko feluks asam lambung. Saat asam lambung naik, maka tingkat asam pH dalam tubuh mengalami peningkatan. Sehingga ketika minum air kelapa, asam tersebut bersifat basa. Hal ini juga membantu menghasilkan lendir pada perut.

Lendir tersebut mampu melindungi dari efek berbahaya ketika produksi asam dalam lambung berlebih. Sebaiknya untuk memperbanyak serat agar pencernaan bisa terjaga.

Baca Juga : Beragam Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Hal ini bisa anda dapatkan dari air kelapa. Anda dapat konsumsi air kelapa sebagai minuman harian setengah jam setelah makan.

Dengan konsumsi secara rutin, air kelapa mampu membantu asam lambung terjaga dan tidak naik. Mungkin anda belum tahu apa sebenarnya faktor yang bisa mempengaruhinya.

Hal ini tidak bisa terlepas dari berbagai macam kandungan yang ada dalam air kelapa. Berikut ini kandungan yang ada dalam buah tersebut, antara lain:

Kalium

Kandungan yang ada pada air kelapa yaitu kalium. Dimana air tersebut merupakan sumber kalium elektrolit yang baik. Dalam satu cangkir terdapat 600 mg dan menjadi minuman sebagian besar orang setelah beraktivitas berat.

Sehingga tak hanya untuk atasi asam lambung saja, namun juga kesehatan tubuh lainnya. Ketika kadar kalium turun, maka sistem saraf akan terpengaruh.

Akibatnya, jantung menjadi tidak teratur. Bahkan jika tidak segera anda tangani, bisa berakibat fatal. Itulah mengapa penting bagi anda untuk konsumsi air kelapa yang kaya akan kandungan.

Baca Juga : Segudang Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Nilai Gizi

Air kelapa untuk asam lambung memang terbukti bisa meredakan peradangan atau rasa panas yang dialami. Hal ini karena air kelapa ternyata kaya akan nutrisi dan nilai gizi tinggi.

Satu gelas saja terdapat kandungan yang banyak. Air kelapa memiliki kandungan 46 kalori, dimana 8,9 gram karbohidrat dan 6,26 gram gula.

Tidak hanya itu saja, terdapat juga kandungan serat di dalamnya. Air kelapa menawarkan 2,6 gram atau 9,3% dari kebutuhan sehari. Air kelapa juga memiliki kandungan 1,78 gram protein.

Mineral dan Vitamin

Air kelapa menawarkan sumber vitamin yang banyak. Segelas saja terdapat 5,8 mg vitamin C, folat, riboflavin, tiamin, niasin, dan vitamin B-6.

Tidak hanya itu, terdapat juga mineral yang cukup penting untuk tubuh. Bahkan ada zat besi, fosfor, seng, magnesium, dan kalsium.

Air kelapa memiliki banyak manfaat yang bisa anda dapatkan. Bahkan cukup berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Karena air kelapa kaya akan kandungan gizi dan nutrisi, bahkan untuk kesehatan jantung sekalipun. Sehingga sebagian besar orang memilih mengkonsumsinya setelah beraktivitas berat.

Air kelapa untuk asam lambung pun terbukti bisa mereda. Hal ini akan terasa jika anda mengkonsumsinya secara teratur. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah