Minggu, Oktober 24, 2021
BerandaBerita TerbaruAir Tebu Untuk Ibu Hamil, Bolehkah dan Apa Saja Manfaatnya?

Air Tebu Untuk Ibu Hamil, Bolehkah dan Apa Saja Manfaatnya?

Minum air tebu untuk ibu hamil tak jarang menjadi perdebatan. Ada yang pro dan kontra. Namun air tebu mengandung banyak nutrisi yang sangat penting selama kehamilan. Baik untuk kesehatan ibunya maupun janin dalam rahimnya.

Tebu termasuk jenis tanaman yang cukup populer bagi masyarakat kita. Dari batang tanaman ini kita mendapatkan airnya yang enak untuk diminum. Bahkan banyak pedagang yang menjual air tebu siap minum.

Ada banyak kandungan nutrisi dalam air tebu. Seperti kalori, karbohidrat, protein, sukrosa, fruktosa, magnesium, kalsium, kalium, zat besi. Minuman ini juga mengandung natrium, mangan, dan zinc.

Baca Juga: Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil dan Janin, Ini Daftarnya!

Air tebu juga kaya dengan kandungan vitamin, seperti vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, dan B6. Yang menarik, minuman ini juga mengandung fitonutrien dan zat antioksidan dari flavonoid, polifenol, dan karotenoid.

Manfaat Air Tebu Untuk Ibu Hamil

Minuman yang terbuat dari air tebu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kandungan dan ibunya. Karena itu para pakar sangat menyarankan agar ibu yang sedang mengandung secara rutin mengonsumsinya. Berikut ini berbagai khasiat air tebu untuk ibu hamil yang wajib Anda tahu.

Sumber Energi Instan

Manfaat pertama dari air tebu bagi kehamilan adalah sebagai sumber energi secara instan. Sebagaimana Anda tahu bahwa ibu hamil juga perlu asupan energi ekstra dalam kesehariannya.

Karena itu air tebu juga dapat memberikan bantuan bagi ibu yang sedang mengandung untuk menyuplai energi yang dibutuhkan. Ada baiknya ibu hamil mengonsumsi minuman ini pada pagi atau sore hari.

Air Tebu Kaya Akan Protein

Manfaat lain dari air tebu untuk ibu hamil yaitu dapat dijadikan sebagai asupan protein. Dalam air tebu terdapat kandungan protein yang tinggi. Protein  juga termasuk salah satu nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil.

Baca Juga: Efek Samping Semangka untuk Ibu Hamil Jika Konsumsi Secara Berlebih

Tak hanya untuk ibunya akan tetapi juga sangat penting untuk bayi yang ada dalam rahimnya. Karena itu Anda yang sedang hamil perlu minum air yang rasanya manis dan menyegarkan ini.

Menangkal Infeksi Saluran Kemih

Ada banyak gangguan yang umum terjadi selama masa kehamilan. Salah satunya adalah infeksi saluran kemih (ISK). Karena itu minum air tebu untuk ibu hamil berguna untuk mencegah maupun mengatasi gangguan penyakit ini.

Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Air tebu juga dapat menguatkan sistem tubuh ibu mengandung. Hal ini secara khusus karena kandungan antioksidan yang terdapat dalam air tebu. Apalagi minuman ini juga kaya zat besi dan asam folat yang juga penting untuk janin.

Minum air tanaman ini dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh sehingga nantinya tubuh akan lebih kebal terhadap berbagai penyakit. Tentu ini juga akan sangat baik untuk menjaga pertumbuhan janin dalam rahim.

Air Tebu Kaya Antioksidan

Manfaat air tebu untuk ibu hamil lainnya adalah untuk menguatkan sistem imun tubuh. Kandungan flavonoid dan phenolic dalam air tebu bersifat antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kehamilan.

Selain menjaga kesehatan, minum air tebu juga dapat membantu ibu yang sedang mengandung agar terhindar dari masalah radang dan gangguan alergi. Apalagi selama kehamilan kesehatan ibu dan janinnya sangat penting untuk selalu terjaga dengan baik.

Mencegah Problem Kurang Gizi Ibu Hamil

Salah satu masalah yang masih sering terjadi pada ibu hamil adalah kekurangan nutrisi. Kasus kehamilan kurang zat besi atau asam folat masih sering terjadi. Hal ini sangat berisiko terjadinya kelahiran cacat pada bayi.

Air tebu untuk ibu hamil bisa menjadi salah satu solusi mengatasi problem yang kerap terjadi tersebut. Apalagi minuman ini mengandung beragam nutrisi yang justru penting untuk ibu hamil. Seperti zat besi dan asam folat.

Yang menarik, air tebu juga banyak mengandung vitamin yang penting bagi ibu maupun janinnya. Bahkan air ini mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, dan B6 yang berguna untuk melindungi ibu hamil dari berbagai penyakit.

Menjaga Sistem Pencernaan

Gangguan pencernaan termasuk masalah ibu hamil yang sering terjadi. Baik masalah BAB, sembelit, hingga diare. Jika ibu kurang menjaga kesehatan pencernaannya bisa mengganggu perkembangan janin dalam rahimnya.

Air tebu yang kaya nutrisi dan mineral penting untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan terset. Karena itu ibu yang sedang mengandung disarankan untuk mengonsumsi air tebu secara berkala.

Demikian informasi tentang manfaat dan pentingnya air tebu untuk ibu hamil. Selain untuk menjaga kesehatan selama kehamilan maupun pertumbuhan janin, minum air tanaman tebu juga disarankan selama hamil. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img