Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruAnatomi Perut Manusia dan Fungsinya Untuk Kelangsungan Hidup

Anatomi Perut Manusia dan Fungsinya Untuk Kelangsungan Hidup

Anatomi perut manusia sangat berkaitan erat dengan sistem pencernaan. Ada beberapa organ pencernaan yang ada dalam perut. Seperti usus dan lambung yang letaknya pada bagian dalam perut.

Organ yang ada dalam perut memegang tugasnya masing-masing sesuai kebutuhan manusia. Manusia wajib menjaga organ perut dengan baik. Pasalnya, perut mudah sekali terserang penyakit dalam.

Tidak sedikit orang yang menderita penyakit pada perut mengalami kematian. Bahkan penyakit pada perut bisa menyerang semua usia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan lansia.

Mengenal Anatomi Perut Manusia

Berikut adalah anatomi perut kita:

Hati

Organ pertama adalah hati yang terletak pada sisi kanan rongga perut. Hati berfungsi sebagai penyaring zat berbahaya dari darah. Selain itu, juga berfungsi sebagai penjaga kolesterol dan glukosa dalam darah.

Hati manusia juga menyimpan vitamin dan mineral. Mampu mensekresi bahan kimia yang bisa memecah lemak. Nantinya hati akan mengkonversi glukosa menjadi glikogen.

Baca Juga: Anatomi Tulang Panggul Wanita yang Ukurannya Lebih Besar dari Pria

Ginjal

Ada organ dalam anatomi perut manusia yang berbentuk seperti kacang. Nama dari organ ini adalah ginjal yang berfungsi sebagai penyaring darah dalam tubuh manusia. Ginjal juga bertanggung jawab sebagai keluarnya limbah dan pengatur keseimbangan elektrolit pada tubuh.

Organ ini merupakan anatomi tubuh manusia yang mampu mengekskresikan urin ke ureter. Setelah itu, akan keluar dari dalam tubuh manusia.

Ginjal juga berfungsi untuk mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Lalu membantu dalam reabsorpsi air, asam amino, dan glukosa.

Lambung

Setelah itu, ada lambung yang juga terletak dalam perut. Lambung merupakan salah satu kunci yang memegang sistem pencernaan. Bentuknya seperti buah pir yang terletak pada rongga perut atau antara kerongkongan dan usus.

Jumlah makanan yang ada pada lambung bisa mengubah bentuk serta ukurannya. Lambung merupakan organ yang besar dan multi bilik. Hal ini sebagai rumah bakteri khusus yang bisa menghasilkan enzim pada proses pencernaan.

Lambung merupakan anatomi perut manusia yang mengeluarkan asam lambungnya, asam klorida, serta bisa jaga tingkat pH. Sehingga bisa membantu kelancaran proses pencernaan pada manusia.

Baca Juga: Anatomi Hati Manusia dan Kerja Struktur Organnya

Pankreas

Letak pankreas jauh dalam organ perut yang terjepit antara tulang belakang dan lambung. Pankreas merupakan sebuah organ internal dari sistem pencernaan. Memiliki fungsi untuk mengeluarkan cairan pankreas serta insulin.

Cairan insulin merupakan hormon yang bisa mempengaruhi tingkat gula pada darah. Pankreas ini tersusun oleh beberapa sel yang bernama pulau langerhans.

Limpa

Anatomi perut manusia juga ada yang disebut limpa. Organ ini memiliki fungsi utama untuk menyaring darah. Trombosit dan sel darah putih pada manusia akan tersimpan dalam limpa.

Organ ini juga berfungsi sebagai letak daur ulang sel darah merah tua. Lalu mampu membantu memerangi bakteri tertentu. Bakteri ini biasanya bisa menyebabkan pneumonia dan meningitis.

Kandung Empedu

Ada juga kandung empedu yang letaknya melekat pada hati. Fungsi utamanya untuk menyimpang empedu untuk disekresikan oleh hati.

Usus Kecil

Anatomi perut manusia yang paling umum adalah usus kecil. Fungsinya untuk menyerap nutrisi dan mineral dalam makanan.

Ukuran dari usus ini hanya selebar 2.5 cm dengan panjang kurang lebih 10 meter. Memiliki tiga bagian berupa duodenum, jejunum, dan ileum.

Pada dinding usus ini terdapat banyak tonjolan dan lipatan. Fungsi dari lipatan ini untuk memaksimalkan pencernaan makanan serta menyerap zat gizi. Sekitar 90 persen zat gizi akan terserap oleh usus halus.

Usus Besar

Bagian usus ini terdiri dari sekum, kolon, rektum, dan anus. Fungsi utama dari usus besar untuk menyerap elektrolit dan air dari sisa pencernaan. Usus besar adalah anatomi perut manusia yang memiliki bentuk seperti huruf U.

Jalur memulai usus ini dari sisi kanan bawah tubuh yang berakhir pada sisi bagian kiri bawah. Panjang usus besar kurang lebih 5 sampai 6 meter.

Usus besar juga berfungsi untuk membentuk limbah padat yang akan keluar dari dalam tubuh. Limbah ini bernama feses yang akan keluar melalui anus. Bakteri yang ada dalam usus besar akan membantu memecah bahan yang tidak tercerna sebelumnya.

Itulah beberapa anatomi perut manusia yang sangat berperan penting dalam proses pencernaan dan sekresi. Selalu rawat organ perut supaya tidak muncul bibit penyakit berbahaya. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img