Antisipasi Kekeringan, Warga Desa Indragiri Ciamis Bangun Bendungan Kiwiri

Antisipasi Kekeringan
Warga saat bergotong royong membangun bendungan kiwiri di Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Antisipasi kekeringan lahan pertanian dan perikanan, warga Dusun Jotang, Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat bergotong royong membangun bendungan Kiwiri.

Kepala Desa Indragiri Dahlan mengatakan, pembuatan bendungan tersebut tiada lain untuk memenuhi kebutuhan air di wilayah Dusun Jotang dan Cilimus.

Karena sifatnya sementara, warga hanya menggunakan urugan tanah dan tumpukan batu.

“Di sini banyak yang mengandalkan air hujan saja. Makanya sebagai langkah antisipasi kekeringan, warga membangun bendungan,” terangnya kepada HR Online, Senin (22/2/2021).

baca juga: Warga Desa Bangbayang Ciamis Buka Lahan Parkir Area TPU

Bila terjadi krisis pasokan air, maka bisa jadi terancam kekeringan. Sehingga para petani akan mengalami kerugian.

Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan air di Indragiri saja, kata Dahlan, manfaat bendungan tersebut juga bisa mengaliri lahan pertanian di Desa Cinyasag.

“Jadi, air dari Bendungan Kiwiri bukan hanya untuk melayani irigasi dan air baku saja, akan tetapi untuk kebutuhan lain-lainnya,” paparnya.

Sementara itu, Ketua RT setempat, Asep Mubarok mengatakan, masyarakat sudah berhadapan dengan ketersediaan air yang semakin kritis.

Salah satu langkah antisipasi kekeringan ini yakni dengan membangun bendungan,

“Alhamdulillah warga di sini sadar akan pentingnya pasokan air, sehingga mereka bersemangat sekali membuat bendungan ini,” katanya.

Kendati demikian, warga berharap adanya sistem perairan yang memadai. Pasalnya, langkah ini hanya sementara.

“Sebelum adanya bantuan dari dinas terkait untuk antisipasi kekeringan, kita lakukan ini dulu,” pungkasnya. (Edji/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid