Aplikasi Bahasa Arab Terbaik Android, Dapat Digunakan Secara Offline

Aplikasi Bahasa Arab
Ilustrasi Aplikasi Bahasa Arab. Foto: Ist/Net

Aplikasi bahasa Arab hadir untuk memberikan kemudahan bagi anda yang ingin atau sedang mempelajari bahasa Arab. Seperti yang kita ketahui, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang cukup penting untuk anda pelajari.

Terutama bagi para umat muslim. Pasalnya, bahasa Arab merupakan bahasa utama yang digunakan dalam beribadah bagi umat Islam.

Kitab suci umat muslim adalah Al Qur’an, yakni tertuang dengan menggunakan bahasa Arab. Dengan mempelajari bahasa Arab, akan memudahkan anda dalam memahami arti atau makna dari ayat-ayat Al Qur’an tersebut.

Selain itu, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan dalam berbagai negara. Maka penting bagi anda untuk mempelajari bahasa ini.

Baca juga: Aplikasi Nilai Twitter Saya Trending, Begini Cara Buat dan Bahayanya

Daftar Pilihan Aplikasi Bahasa Arab Terbaik

Untuk dapat belajar bahasa Arab, saat ini sangat dimudahkan dengan kehadiran teknologi yang maju. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan perangkat smartphone. Tentu dapat memudahkan anda dalam menemukan aplikasi untuk mempelajari bahasa Arab secara mudah.

Sehingga penguasaan bahasa Arab pun dapat anda lakukan secara mudah. Dengan menggunakan layanan tersebut, maka anda dapat mempelajari bahasa Arab di sela-sela waktu luang tanpa harus melakukan kursus di luar.

Berikut ini beberapa pilihan aplikasi bahasa Arab terbaik yang dapat anda pergunakan, antara lain:

Pintar Bahasa Arab Sehari-Hari

Salah satu aplikasi besutan SODADEV Jawa Tengah yang memiliki ukuran cukup ringan yakni 31MB. Aplikasi ini sangat kompatibel pada Android 4.0.3 ke atas.

Pintar Bahasa Arab Sehari-Hari mengusung fitur yang berupa materi latihan bahasa Arab setiap hari. Meskipun memiliki ukuran yang cukup ringan, akan tetapi aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap.

Terdapat beragam fitur menarik seperti kamus, percakapan, kosakata harian, nahwu shorof, dan lain sebagainya. Keseluruhan fitur tersebut dapat anda manfaatkan secara gratis, bahkan dapat anda gunakan secara offline tanpa adanya jaringan internet.

baca juga: Aplikasi Cek Status Gizi Online, Atasi Masalah Stunting di Indonesia

Belajar Bahasa Arab + Suara

Aplikasi bahasa Arab terbaik selanjutnya adalah Belajar Bahasa Arab + Suara. Aplikasi ini juga memperoleh kelengkapan audio suara yang dapat memudahkan pengguna dalam belajar pelafalan yang benar.

Hal ini dapat anda lakukan dengan memutarnya secara berkali-kali serta mencoba untuk mengucapkannya berulang kali pula.

Layanan ini sangat sesuai untuk digunakan anak-anak yang sedang mempelajari bahasa Arab. Karena aplikasi ini memperoleh kelengkapan dengan sistem pembelajaran interaktif serta permainan yang menyenangkan.

Kamus Arab Indonesia

Salah satu aplikasi bahasa Arab yang cukup direkomendasikan untuk anda. Pasalnya, kamus merupakan sumber utama dalam mempelajari sebuah kata.

Apabila sebelumnya anda merasa ribet dengan menggunakan kamus berbentuk buku, maka saat ini anda dapat membuka kamus dalam bentuk layanan yang sangat simpel dan cukup memberikan kemudahan dalam belajar bahasa Arab.

Dapat dikatakan, Kamus Arab Indonesia dapat menjadi salah satu layanan utama dalam belajar bahasa Arab. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi ini serta menginstallnya pada smartphone. Selanjutnya anda dapat belajar bahasa Arab secara lebih mudah dengan mencari kata-katanya dalam bahasa Indonesia.

Duolingo

Aplikasi bahasa Arab satu ini mempunyai fitur Placementest yakni test yang dilakukan sebelum pembelajaran dalam pembagian level pengguna.

Hal ini sangat bermanfaat untuk mencocokkan materi yang akan tersaji lengkap dengan soal-soal yang sesuai level pengguna, apakah beginner ataupun intermediate.

Selanjutnya aplikasi ini memiliki beragam pilihan topik serta jenis permainan yang berbeda-beda dalam setiap segmennya.

Dalam hal ini, pengguna dapat mengatur sendiri berapa jumlah materi yang harus anda kuasai setiap harinya. Lalu juga dapat melihat pencapaian serta perkembangan belajar. Dualingo memiliki notifikasi rutin setiap harinya untuk mengingatkan pengguna saat lupa belajar bahasa tersebut.

Baca juga: Aplikasi Zynn TikTok Dihapus, Sempat Viral dan Populer di AS

Memrise

Merupakan salah satu aplikasi favorit yang banyak pengguna dalam belajar bahasa asing. Salah satunya adalah bahasa Arab.

Pasalnya, aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup lengkap dan unik, bahkan menyenangkan. Seperti belajar secara langsung dengan penutur asli. Para pengguna pun dapat mencoba menjadi pengisi suara.

Untuk dapat memanfaatkan beragam fitur keren dari aplikasi bahasa Arab satu ini, anda harus berada dalam versi yang berbayar. Meskipun demikian, Memrise merupakan pilihan tepat bagi anda yang serius dalam mempelajari bahasa Arab. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid