Aplikasi Cek Status Gizi Online, Atasi Masalah Stunting di Indonesia

Aplikasi Cek Status Gizi Online
Ilustrasi Aplikasi Cek Status Gizi Online. Foto: Ist/Net

Aplikasi Cek Status Gizi Online resmi diciptakan oleh IPB University belum lama ini. Hadirnya aplikasi ini merupakan salah satu bukti dukungan IPB University terhadap pemerintah terkait dengan penurunan angka stunting.

Seperti yang anda ketahui, permasalahan stunting di Indonesia masih berada di atas 30% serta jauh di atas wajar sesuai dengan ketetapan WHO yakni 20%.

Di Indonesia, penderita stunting telah mengalami peningkatan sebelum masa pandemi terjadi. WHO memperkirakan jumlah penderita stunting akan naik sebesar 15% selama masa pandemi Covi-19 berlangsung.

Dalam hal ini, IPB University dan Pergizi Indonesia pun menciptakan sebuah platform online cek status gizi seseorang sebagai sarana untuk mengatasi stunting.

Baca juga: Aplikasi Nilai Twitter Saya Trending, Begini Cara Buat dan Bahayanya

Kenali Aplikasi Cek Status Gizi Online

Memperingati Hari Gizi Nasional 2021, Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan) akhirnya resmi meluncurkan aplikasi Cek Status Gizi.

Hadirnya layanan untuk cek status gizi secara online ini merupakan salah satu inovasi yang cukup membanggakan. Aplikasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan status gizi.

Penggagas dari inovasi ini adalah Prof Dr Hardinsyah. Beliau merupakan seorang Guru Besar IPB University dari Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia atau Fema bersama tim Linisehat.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria pun mengucapkan selamat kepada Prof Hardinsyah beserta tim atas keberhasilannya dalam menghadirkan perangkat lunak penilaian status gizi. Prof Arif Satria mengharapkan hadirnya aplikasi Cek Status Gizi Online ini dapat bermanfaat secara lebih luas.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan setiap orang untuk mengecek serta memantau gizi secara online. Aplikasi Cek Status Gizi ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat tanpa adanya pungutan biaya alias gratis.

Baca juga: Menghubungkan HP ke DVD Secara Praktis, Berikut Simak Ulasannya

Latar Belakang Hadirnya Aplikasi Cek Status Gizi Online

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum memahami tentang status gizi seseorang. Hal ini menyebabkan pola perilaku konsumsi makanan sehat menjadi sulit.

Selain itu, Indonesia juga termasuk dalam negara yang masih belum dapat mengakses makanan yang sehat. Di sisi lain, menu makanan masyarakat Indonesia pun juga kurang beragam.

Hal inilah yang menyebabkan permasalahan stunting di Indonesia masih berada di atas 30%. Angka ini masih jauh di atas batas wajar sesuai dengan ketetapan WHO yakni 20%.

Merespon adanya permasalahan ini, IPB University bekerja sama dengan Pergizi pangan Indonesia menciptakan sebuah platform online cek status gizi seseorang.

Prof. Hardinsyah pun mengungkapkan, aplikasi Cek Status Gizi Online adalah salah satu langkah kecil dari perguruan tinggi serta ahli gizi dalam upaya penurunan angka stunting.

Hadirnya kerjasama antar perguruan tinggi menjadi peranan penting untuk menyelesaikan masalah stunting ini. Selain itu, perlu adanya kerjasama yang baik antar semua pihak, baik dari pusat ataupun daerah.

Dengan hadirnya kerjasama semua pihak, maka masalah stunting pun dapat teratasi dengan baik. Selain itu, mahasiswa yang telah terintegrasi dengan program Kampus Merdeka juga dapat terjun langsung untuk mendampingi masyarakat.

Pemanfaatan Aplikasi Cek Status Gizi Online

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi Cek Status Gizi merupakan bagian dari edukasi gizi bagi masyarakat.

Edukasi yang berhubungan dengan kesehatan serta gizi bagi masyarakat luas merupakan hal penting untuk Indonesia menjadi bangsa yang sehat. Hal ini akan berpengaruh terhadap kesejahteraan serta produktivitas masyarakat.

Oleh karena itu, masyarakat sebaiknya memanfaatkan adanya aplikasi ini. Selanjutnya, IPB University akan selalu memberi dukungan program pemerintah yang berhubungan dengan penurunan angka stunting.

Karena perangkat ini berkembang bersama Linisehat, maka aplikasi cek status gizi akan tersedia serta bisa dengan mudah untuk anda akses pada cekstatusgizi.linisehat.com.

baca juga: Aplikasi Zynn TikTok Dihapus, Sempat Viral dan Populer di AS

Dengan menjawab sejumlah pertanyaan yang tersedia pada layar komputer ataupun telepon selular secara akurat, sehingga dalam hitungan detik para pengguna dapat mengetahui serta melihat hasil dari cek status gizi pengguna.

Apakah status gizi mereka normal atau ideal. Termasuk bagi para remaja, pasangan pengantin baru, serta ibu hamil. Aplikasi ini juga akan memberi saran mengenai berapa tambahan berat normal bagi ibu hamil dalam setiap bulannya.

Selanjutnya akan nampak dengan cepat apakah berat normal tersebut telah tercapai atau belum bagi ibu hamil. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya bayi lahir stunting.

Selain memberikan layanan cek status gizi, aplikasi Cek Status Gizi Online juga memberikan edukasi serta konsultasi gizi oleh nutrisionis serta ahli diet. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid