Aplikasi Keamanan Jaringan Terbaik, Lindungi Perangkat Lebih Akurat

Aplikasi Keamanan Jaringan
Aplikasi Keamanan Jaringan. Foto: Ist/Net

Aplikasi keamanan jaringan dapat memberikan manfaat terkait perlindungan perangkat yang anda gunakan dari berbagai ancaman bahaya.

Berdasarkan laporan Cyber Security Venture memperkirakan bahwa pada tahun 2021, kejahatan siber akan merugikan dunia dalam kisaran $6 triliun.

Adanya perkiraan tersebut berdasarkan pada jumlah kejahatan siber yang kian bertambah dalam setiap tahunnya. Untuk menyelamatkan segala aktivitas anda dari ancaman serangan siber, maka anda memerlukan adanya sistem keamanan jaringan yang lebih baik.

Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi yang dapat memberikan keamanan terhadap jaringan perangkat yang anda gunakan.

baca juga: Aplikasi Charge IN Resmi Meluncur, Simak Kemudahan yang Ditawarkan

Pilihan Aplikasi Keamanan Jaringan

Keamanan suatu perangkat penting untuk anda perhatikan. Hal ini bertujuan sebagai proses pencegahan terhadap penyerang untuk terhubung ke dalam jaringan perangkat yang anda gunakan.

Baik melalui akses yang tidak sah atau menggunakan cara ilegal dari komputer serta jaringan. Setelah anda berhasil membangun jaringan pada komputer, maka anda juga perlu memperhatikan proses keamanan pada jaringan tersebut.

Hal ini untuk menjaga privasi pada jaringan yang anda gunakan. Tak lain, melakukan pencegahan terhadap adanya serangan yang bertujuan untuk merusak, mencuri data, hingga mengganggu jaringan anda.

Hal ini dapat anda atasi dengan berbagai pilihan Android yang dapat menjaga keamanan jaringan yang antara lain:

Comodo Fre Firewall

Salah satu aplikasi keamanan jaringan yang cukup populer dan banyak digunakan oleh para pengguna di seluruh dunia. Terutama bagi mereka yang telah memahami betapa pentingnya dalam menjaga keamanan komputer.

Pasalnya, aplikasi ini memiliki kemampuan dalam menghalau ARP Attack. Baik yang berupa spoofing serta poisonung. Selain itu, Comodo Firewall juga mampu mengamankan segala bentuk koneksi yang anda lakukan pada saat online.

Lalu melakukan pengawasan terhadap koneksi yang menuju ke luar ataupun ke dalam perangkat yang anda gunakan. Aplikasi ini juga mempunyai sistem HIPS yang dapat melindungi data penting pada perangkat agar tidak termodifikasi oleh program asing yang disisipkan ke dalam perangkat kalian.

TrueCrypt

Salah satu pilihan aplikasi yang mampu memberikan keamanan yang canggih bagi pengguna komputer, yakni dengan mengenskripsi data hard drive.

TrueCrypt adalah salah satu aplikasi keamanan jaringan yang dapat membangun serta mempertahankan volume on the fly dienskripsi atau perangkat penyimpanan data.

On the fly enskripsi memiliki arti bahwa semua data akan secara otomatis terenskripsi tepat sebelum tersimpan serta setelah termuat.

Tanpa adanya campur tangan pengguna. Tidak ada yang mampu membaca data dari volume terenskripsi tanpa adanya password yang benar atau kunci enskripsi.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka anda dapat mengenskripsi semua sistem file. Termasuk file atau folder nama, isi dari masing-masing file, ruang bebas yang berasal dari hard drive, serta meta data informasi juga.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan TrueCrypt untuk melindungi drive Windows serta mengatur keamanan pada Windows Booting anda.

Zone Alarm Free Firewall

Aplikasi keamanan jaringan berikutnya adalah ZoneAlarm Free Firewall. Aplikasi ini mampu menyembunyikan alamat IP anda supaya terhindar dari para penyerang.

Sekaligus juga mencegah adanya serangan yang memiliki sifat outbound serta inbound. Selain itu, ZonaAlarm Free Firewall juga mempunyai fitur monitoring guna mengawasi program yang mencurigakan.

Dalam hal ini, aplikasi ini akan memberikan peringatan pada saat anda mengakses situs berbahaya serta ketika anda akan mengunduh program yang berbahaya.

Terdapat pula fitur backup online, sehingga menjadikan ZonaAlarm Free Firewall adalah salah satu pilihan aplikasi keamanan jaringan terbaik.

Baca juga: Aplikasi Tanda Tangan Digital Fitur Lengkap, eSignature Lebih Praktis

Tinywall

Bagi anda yang menginginkan aplikasi firewall yang memiliki ukuran lebih ringan, maka Tinywall dapat menjadi solusi tepat bagi anda.

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, aplikasi ini juga menawarkan sejumlah fitur yang cukup baik dan menarik. Mulai dari fitur yang memungkinkan anda untuk mengatur aplikasi apa saja yang dapat menggunakan jaringan internet.

Tinywall juga dapat membatasi akses aplikasi hanya pada jaringan LAN saja. Dimana dengan mendukung IPv6, pengaturan password, port, serta domain blacklist. Selain itu, aplikasi keamanan jaringan ini juga secara aktif dapat melakukan blokir pada berbagai jenis virus serta trojan. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid