Aplikasi Puja Indah, Optimalkan SPBE untuk Tingkatkan Layanan Publik

Aplikasi Puja Indah
Ilustrasi Aplikasi Puja Indah. Foto: Ist/Net

Aplikasi Puja Indah merupakan salah satu aplikasi yang resmi meluncur dari Kemendagri. Puja Indah adalah inovasi layanan kepada masyarakat.

Pusat Jejaring Inovasi Daerah atau Puja Indah melalui Badan Penelitian serta Pengembangan atau Litbang Kementrian.

Aplikasi ini dapat terbilang sebagai wujud dari layanan pemerintah berbagi pakai dengan berbasis data input dari Kemendagri. Tujuan dari hadirnya aplikasi ini guna mempercepat layanan pemerintahan lewat media elektronik dalam sebuah platform.

baca juga: Aplikasi Review Makanan, Berikan Reward dan Penawaran Menarik

Mengenal Aplikasi Puja Indah

Kemendagri terus berupaya untuk meningkatkan serta mengembangkan layanan yang telah tersedia. Lalu juga menambah layanan yang terdapat dalam platform Puja Indah supaya semua urusan pemerintah dapat memperoleh pelayanan terbaik.

Hingga saat ini, telah terdapat 94 pemerintah daerah yang mengaku siap untuk menggunakan aplikasi ini. Oleh karena itu, sebagai salah satu bentuk perwujudan akan terselenggara penandatanganan nota sepemahaman.

Sehingga dapat melakukan replikasi Puja Indah pada masing-masing daerah. Pada tahun 2021 ini, pihak Kemendagri menargetkan 20 daerah yang akan menerapkan aplikasi Puja Indah.

Selanjutnya, bimbingan teknologi ini mereka kepada pemerintah daerah yang telah memiliki komitmen untuk menggunakan aplikasi ini.

Bimtek tersebut terlaksana pada awal tahun supaya pemerintah daerah dapat memahami lebih awal mengenai penggunaan Puja Indah.

Baca juga:Aplikasi Transfer File Terbaik, Solusi Pengiriman Data Praktis dan Cepat

Pengertian Aplikasi Puja Indah

Puja Indah ialah aplikasi layanan dari pemerintahan berbagi buatan Kemendagri. Aplikasi ini hadir dengan berbasis data input yang memiliki tujuan untuk mempercepat layanan pemerintahan menggunakan media elektronik dalam satu platform.

Puja Indah turut hadir dalam mendorong inovasi sektor perizinan serta layanan publik oleh pemerintah daerah. Menariknya lagi, Puja Indah saat ini telah dapat anda unduh melalui perangkat Android anda.

Pusat Jejaring Inovasi Daerah adalah hasil kajian, pendataan, perekayasaan, adopsi, modifikasi, dan juga replikasi berbagai inovasi daerah.

Sebuah inovasi berskala nasional untuk mendorong inovasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi layanan publik, serta mengintegrasi inovasi daerah lainnya. Hal ini sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan suatu daerah.

Kelebihan Aplikasi Puja Indah

Puja Indah hadir dengan mengusung beragam kelebihan. Antara lain sebagai layanan berbagi pakai, sehingga daerah tidak perlu menyiapkan anggaran dalam memanfaatkan aplikasi ini.

Selain itu, daerah bisa memilih jenis layanan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Hingga saat ini Puja Indah mempunyai 14 jenis layanan.

Dengan pembagian yang antara lain 13 jenis layanan berbasis pada urusan pemerintahan dan 1 layanan berbasis tematik. Layanan pemerintahan terdiri dari layanan perizinan, kesehatan, komoditas, ketenagakerjaan, kependudukan, dan pendidikan.

Sedangkan untuk 8 layanan lainnya diantaranya yaitu layanan sosial, pariwisata, pekerjaan umum, perhubungan, trantibum linmas, hingga layanan administrasi pemerintahan.

Bimbingan Teknis Aplikasi Puja Indah Tahun 2021

Hadirnya bimbingan teknis dari badan penelitian dan pengembangan kementrian dalam negeri memiliki berbagai tujuan.

Tujuan tersebut antara lain dalam rangka optimalkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE. Lalu juga untuk meningkatkan pelayanan publik pada masing-masing daerah.

Bimtek layanan pusat jejaring inovasi daerah tahun 2021 ini terselenggara pada tanggal 22 hingga 25 Februari 2021 lalu.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Dalam Negeri Dr. DRS. Agus Fatono, MSi. Dalam kegiatan tersebut hadir narasumber Kepala Pusat Inovasi Daerah dan Tim Teknis.

Pada tahun ini, bimtek diselenggarakan secara virtual. Pasalnya, kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus melanda hingga saat ini.

Baca juga: Aplikasi Snack Video Bisa Hasilkan Uang, Intip Cara Praktisnya

Kegiatan bimtek sengaja terselenggara pada awal tahun dengan tujuan supaya pemerintah daerah dapat memahami lebih awal mengenai pengoperasian aplikasi Puja Indah, baik dari segi filosofis ataupun secara teknis.

Ketua Kemendagri pun berharap, para peserta dapat mengikuti kegiatan bimtek ini dengan baik. Pasalnya, output dari kegiatan ini adalah salah satu wujud untuk pelayanan publik.

Selain itu, pemerintah juga harapannya bisa mendukung penggunaan layanan platform Puja Indah sebagai model nasional dalam menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE Indonesia.

Dalam kegiatan bimtek yang terselenggara selama 4 hari ini melibatkan sejumlah daerah, baik itu provinsi, kabupaten, hingga kota. Masing-masing daerah yang mengikuti kegiatan bimtek dengan memanfaatkan aplikasi Puja Indah ini bisa menjadi fasilitator pada instansi terkait yang ada di daerah. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid