Aplikasi SIM Online Bisa Perpanjang dan Buat SIM Baru Lebih Praktis

Apliksi SIM Online
Ilustrasi Apliksi SIM Online. Foto:Ist/Net

Aplikasi SIM Online sesuai kabar yang beredar telah dipersiapkan  untuk diluncurkan secara daring oleh Korlantas Porli. Dengan hadirnya aplikasi ini, maka masyarakat dapat melakukan perpanjangan SIM serta pembayaran tanpa harus tatap muka.

Bahkan melalui aplikasi ini pun akan tersedia fitue pelayanan registrasi online. Mengenai pembayaran pun dapat melalui seluruh bank serta modern secara chanel.

Pihak Korlantas juga menjelaskan bahwa aplikasi ini terdapat fitur pilhan layanan pengantaran SIM hingga ke rumah sera pengambIlan melalui sejumah kantor polisi.

Hal ini berarti masyarakat mempunyai dua pilihan pengambilan hingga SIM sampai ke tangan pemohon. Kehadiran aplikasi baru ini tentunya sangat mempermudah masyarakat dalam proses perpanjang SIM bahkan pembuatan SIM secara online dari rumah.

baca juga: Aplikasi Apotek Digital OnlineMedis Beragam Manfaat, Simak Ulasannya

Aplikasi SIM Online

Saat ini pihak kepolisian telah mempersiapkan resgistrasi SIM online malalui situs sim.korlantas.polri.go.id untuk proses pembuatan atau perpanjangan Surat Izin Mengenudi. Akan tetapi layanan ini masih terbatas.

Pasalnya pemohon harus membawa surat registrasi kepada pihak bank untuk pembayaran langsung ke Satpas SIM guna mengikuti ujian teori dan juga ujian praktik.

Pihak Korlantas pun mengarahkan agar masyarakat melakukan perpanjangan SIM dengan menggunakan aplikasi SIM Online supaya mempermudah sistem layanan.

Rencanannya, aplikasi ini akan resmi hadir pada 11 April 2021 mendatang. Jadwal ini dipercepat karena mengikuti program kerja 100 hari Kaporli Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dengan hadirnya aplikasi ini, maka msayarakat yang akan memperpanjang atau membuat SIM baru tidak perlu repot-repot keluar rumah. Hal ini tentunya juga untuk menghindari kerumunan pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

Fitur Aplikasi SIM Online

Dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur pilihan. Salah satunya layanan pengantaran SIM hingga ke rumah serta pengambilan melalui sejumlah kantor polisi terdekat.

Hal ini berarti msayarakat mempunyai dua pilihan cara pengambilan gingga SIM sampai ke tangan pemohon. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat melakukan perpanjangan SIM dari rumah.

Dan juga untuk pembuatan SIM baru, akan tersedia jalur ujian teori secara online. Mengenai pemohon yang akan membuat SIM baru, jadwal ujian dapat mereka tentukan sendiri.

Akan tetap mengenai ujian praktik tetap harus dilakukan di lapangan atau pemohon harus tetap hadir ke tempat pembuatan SIM terdekat.

Aplikasi ini berlaku untuk semua SIM, baik itu SIM C atau pun SIM A. Selain aplikasi SIM online, pihak korlantas juga menyinggung terkait dengan pengurusan STNK secara online.

Kemungkinan, nantinya proses pengurusannya juga akan melalui virtual seperti halnya pada proses perpanjangan SIM. Samsat Digital Nasioanl memiliki fungsi sebagai sarana pengesahan STNK secara online.

baca juga: Aplikasi Sasuka Online, Berbisnis dan Bertransaksi Online Lebih Praktis

Cara Membuat SIM Baru Secara Online

Langkah pertama pembuatan SIM online adalah dengan mengunjungi http://sim.korlantas.polri.go.id atau melalui aplikasi SIM Online yang dikeluarkan oleh Satpas SIM Korlantas Porli.

Setalah memasuki website tersebut, maka anda dapat melakukan pemilihan apakah akan membuat sim baru atau perpanjangan SIM. Pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Proses berikutnya dengan mengisi semua data permohonan perpanjang atau pembuatan SIM baru pada halaman data pribadi. Pastikan anda telah mengisi data dengan benar, dan tunggu proses registrasi berhasil.

Setelah proses registrasi berhasil, maka anda harus melakukan pembayaran melalui ATM atau EDC BRI. Selanjutnya setelah sukses melakukan pembayaran, maka anda harus hadir ke lokas Satpas, Gerai SIM Keliling setempat dengan membawa fotokopi KTP, KTP asli serta SIM Asli (untuk proses perpanjangan).

Kemudian petugas akan mengecek semua data yang telah anda masukkan ada website. Apabila data telah sesuai, maka anda dapat melakukan identifikasi serta verifikasi.

baca juga: Cara Membuat Kontak Darurat pada HP Android Praktis dan Mudah

Proses verifikasi tersebut terdiri dari pengambilan foto, sidik jari, serta tanda tangan. Kemudian anda akam menjalani ujian teori dan praktik seperti halnya pembuatan SIM baru. Apabila dinyatakan lolos maa SIM akan diterbitkan.

Dengan menggunakan aplikasi SIM Online maka anda akan memperoleh beberapa keuntungan antara lain pendaftaran dapat anda lakukan dimana saja dan kapan saja serta tidak perlu antre saat pendaftaran. Selain itu anda juga dapat memilih tanggal kedatangan. Dengan demikian, pembuatan serta perpanjangan SIM dengan menggunakan aplikasi ini selain lebih praktis juga lebih cepat serta akurat. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid