Aplikasi SKOCI, Inovasi Dinas Pertanian Kenalkan Kopi Asli Ciamis

Aplikasi SKOCI, Inovasi Dinas Pertanian Kenalkan Kopi Asli Ciamis
Aplikasi SKOCI, Inovasi Dinas pertanian kenalkan kopi asli Ciamis. Foto:Istimewa

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terus menyempurnakan aplikasi SKOCI atau Sistem Informasi Kopi Ciamis.

SKOCI sendiri dapat diakses melalui halaman Google, dengan terlebih dahulu masuk ke website Dinas Pertanian Ciamis.

Di dalam aplikasi tersebut, banyak fitur menarik yang menyuguhkan mengenai informasi kopi Ciamis.

Dari mulai kedai kopi, kebun kopi maupun outlet kopi hasil Ciamis.

“Kita terus sempurnakan aplikasi ini, agar masyarakat luar daerah bisa lebih mudah untuk  mengakses atau mencari informasi kopi Ciamis,” ujar Kepala Dinas Pertanian Ciamis, Budi Slamet Wibowo, Senin (22/2/2021).

Budi menyampaikan, aplikasi Skoci ini dibuat sebagai pengimplementasian tentang Digital Farming, yang artinya memanfaatkan teknologi untuk hasil pertanian yang maksimal.

Pengembangan produksi kopi sendiri menjadi tuntutan bagi Dinas Pertanian sebagai dinas teknis yang mengurusi lingkup pertanian.

“Terutama komoditas perkebunan kopi Ciamis ini merupakan salah satu produk unggulan yang diminati masyarakat dunia,” katanya.

Budi menerangkan, aplikasi SKOCI harus terus dikembangkan agar masyarakat dari luar daerah bisa tahu perkembangan kopi di Ciamis.

Berdasarkan data, produksi kopi di Kabupaten Ciamis berjumlah 700 ton per tahun.

“Melihat potensi yang besar ini, maka kita harus terus berinovasi untuk menyebarluaskan informasi mengenai kopi Ciamis,” terangnya.

Budi berpesan, bagi para petani kopi ataupun kedai kopi Ciamis, bisa langsung membuka aplikasi Skoci untuk mendaftarkan usahanya dalam aplikasi tersebut.

“Daftar di aplikasi Skoci ini gratis,” pungkasnya. (Fahmi/R8/HR Online)

Editor: Jujang