Aplikasi Split Screen Dukung Aktivitas Multitasking, Ini Ulasan Lengkapnya

0
1
Aplikasi Split Screen
Ilustrasi Aplikasi Split Screen. Foto Ist/Net

Aplikasi split screen memungkinkan pengguna dapat melihat dua aplikasi dalam satu layar ponsel yang sama. Namun perlu anda ketahui, tidak semua aplikasi mendukung fitur ini.

Sebagai contoh pada aplikasi gim, yang mana anda tidak mungkin dapat membuka bersamaan dengan aplikasi lainnya. Fitur split screen saat ini dapat dengan mudah anda temukan pada jenis Android terbaru. Penggunaan mode layar ini tentunya juga akan menguras baterai.

Oleh karena itu, anda perlu bersiap dengan adanya charger serta segala peralatan untuk pengisian daya. Meskipun demikian, kehadiran fitur ini sangat menarik dan cocok untuk kegiatan multitasking anda.

Anda dapat mengobrol dengan teman di WhatsApp sembari menyaksikan video YouTube. Meskipun sebenarnya YouTube telah memiliki fitur chatting sambil nonton video, namun fitur split screen dapat menjadi alternatif lain yang dapat anda pilih.

baca juga: Aplikasi Apotek Digital OnlineMedis Beragam Manfaat, Simak Ulasannya

Mengenal Aplikasi Split Screen Dukung Aktivitas Multitasking

Dukungan split screen atau dua layar layanan sekaligus dalam satu tatap muka, baru dapat anda nikmati pada Android versi 7.0 Nougat. Tidak hanya menghadirkan dukungannya secara default, akan tetapi Android Nougat juga lakukan polesan yang cukup signifikan.

Hal ini bertujuan untuk mempercantik sisi penampilan saat mode split screen berjalan. Selain itu, saat ini banyak pengembang yang menawarkan alternatif sesuai dengan fitur serupa.

Ketentuan Menggunakan Aplikasi Split Screen

Mode split screen yang merupakan kreasi dari Keep Away From Fire menawarkan kesan yang diklaim lebih mudah serta mengusung beragam keunggulan lain.

Sehingga para pengguna dapat menentukan aplikasi apa saja yang bisa mereka jalankan pada layar smartphone. Mode split screen bekerja dengan menjalankan layanan dari shortcut yang telah dibuat sebelumnya.

Tatap muka dari aplikasi ini cukup sederhana. Pada saat dijalankan, maka pengguna akan menemukan dua buah tombol serta satu panel.

Selanjutnya pengguna harus memilih dua buah aplikasi yang mereka inginkan. Kemudian, pengguna tinggal membuat shortcut pada keduanya sebagai metode menjalankan mode split screen.

Untuk dapat menggunakan beberapa fitur yang terdapat pada fitur split screen, maka pengguna harus memilih aplikasi yang telah benar-benar mendukung mode split screen. Selanjutnya perangkat yang digunakan juga telah menjalankan sistem operasi Android 7.0 Nougat yang lebih baru.

baca juga: Aplikasi Sasuka Online, Berbisnis dan Bertransaksi Online Lebih Praktis

Cara Menggunakan Aplikasi Split Screen Android

Cara menggunakan split screen mungkin terdapat beberapa perbedaan untuk masing-masing merk ponsel. Selain itu, Google juga melakukan sedikit perubahan pada penggunaan fitur pada Android P.

Namun saat ini kita akan membahas cara menggunakan aplikasi split screen pada Android Nougat. Berikut ini beberapa langkah menggunakan fitur split screen pada Android Nougat yang antara lain:

  1. Tekan tombol kotak yang terdapat pada navigasi. Hal ini bertujuan untuk melihat aplikasi terakhir yang telah anda buka sebelumnya
  2. Selanjutnya tekan serta tahan salah satu aplikasi, kemudian geser ke atas. Pada proses ini akan muncul bidang split screen.
  3. Langkah berikutnya, aplikasi yang telah anda pilih sebelumnya akan berada pada bagian atas, lalu pilih dan tekan aplikasi lain yang anda gunakan pada bagian bawah.

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, maka anda dapat berpindah ke aplikasi lain dengan cepat. Tinggal pilih salah satu aplikasi kemudian lakukan aktivitas.

Kemudian pindah ke aplikasi lainnya untuk berganti kegiatan. Dengan demikian, anda tidak perlu bolak-balik untuk membuka aplikasi yang akan anda gunakan.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, penggunaan fitur split screen tergantung dengan layanan yang bersangkutan. Apakah layanan yang anda gunakan bersahabat dengan mode split screen atau tidak.

baca juga: Cara Beli Game di Steam dengan Mudah Lewat Marketplace

Cara Meninggalkan Aplikasi Split Screen

Lalu bagaimanakah cara meninggalkan mode split screen jika anda telah selesai melakukan kegiatan multitasking tersebut. Caranya cukup mudah, anda tinggal geser saja garis pembatas antara aplikasi.

Dalam tampilan tersebut terdapat garis putih ke bawah. Setelah anda menggeser garis tersebut, maka aplikasi yang berada pada bagian atas akan segera kembali pada mode full screen.

Dengan hadirnya aplikasi split screen ini, tentunya dapat mempermudah setiap aktivitas multitasking yang anda lakukan. Anda tidak perlu repot untuk membolak-balik menekan tombol serta berpindah pada aplikasi yang akan anda gunakan. Kegiatan anda pun akan lebih praktis dan menghemat waktu. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid