Aplikasi Transfer File Terbaik, Solusi Pengiriman Data Praktis dan Cepat

Aplikasi Transfer File Terbaik, Solusi Pengiriman Data Praktis dan Cepat
Ilustrasi Aplikasi Transfer File. Foto: Ist/Net

Aplikasi transfer file dapat anda temukan dengan mudah pada layanan Google Play Store. Hadirnya aplikasi ini tentu dapat menjadi solusi bagi anda yang merasa kebingungan saat akan membagikan file dalam jumlah yang besar.

Berbagi file pada perangkat Android merupakan salah satu hal yang sering dilakukan. Pada umumnya, file yang akan dikirim dalam bentuk dokumen, musik, video, foto, dan lain sebagainya. Memang terdapat bluetooth yang dapat anda gunakan untuk mengirim serta menerima sebuah file.

Akan tetapi, langkah ini kurang efektif, terutama apabila untuk mengirim file dalam jumlah yang banyak. Namun anda tidak perlu khawatir, saat ini telah hadir beragam layanan untuk mentransfer file secara cepat dan praktis.

baca juga: Aplikasi Snack Video Bisa Hasilkan Uang, Intip Cara Praktisnya

Beragam Pilihan Aplikasi Transfer File

Berbagai jenis aplikasi berbagi file saat ini hadir pada Play Store. Masing-masing aplikasi tersebut menawarkan kemampuan kirim file secara lebih cepat, meskipun file yang akan anda kirim memiliki ukuran besar hingga puluhan GB.

Berikut ini beberapa pilihan aplikasi kirim file untuk perangkat mobile anda, antara lain:

Sweech

Salah satu aplikasi transfer data Android ini cukup direkomendasikan. Aplikasi ini menggunakan teknologi FTP atau File Transfer Protocol untuk memperlancar proses kirim data antar perangkat.

Baik dari smartphone Android menuju perangkat komputer ataupun sebaliknya. Meskipun merupakan teknologi yang sudah cukup lama, akan tetapi kemampuan dari TFT tidak perlu anda ragukan lagi.

Aplikasi transfer file satu ini akan sangat memudahkan anda untuk transfer file antar perangkat tanpa harus menggunakan kabel USB sama sekali.

Hal penting yang harus anda lakukan yaitu mendownload Sweech pada kedua perangkat yang akan anda gunakan. Selanjutnya menghubungkan dengan perangkat tersebut ke dalam satu jaringan WiFi yang sama.

SHAREit

Aplikasi transfer file pada Android yang memiliki fitur sangat cepat dalam mentransfer atau memindahkan file. SHAREit cukup populer karena telah diunduh lebih dari 13 milliar oleh pengguna pada Google Play Store.

Selain itu, SHAREit juga merupakan aplikasi terbaik untuk menerima serta mengirim beragam jenis file secara cepat. Baik musik, video, foto, dan lain sebagainya.

Proses pengiriman dari aplikasi 200 kali lebih cepat daripada menggunakan bluetooth. Mengenai kecepatan dalam melakukan transfer data lebih dari 20Mb/s dan juga tanpa mengurangi kualitas file yang dikirim.

Aplikasi SHAREit dapat anda manfaatkan pada berbagai platform seperti tablet, komputer, ponsel iOS, Windos Phone, dan lain sebagainya.

Send Anywhere

Salah satu aplikasi transfer file jarak jauh yang juga mendukung fitur berbagi melalui Wi-Fi. Berbeda dengan aplikasi transfer lainnya, Send Anywhere tidak mengharuskan anda membuat akun sebelum menggunakannya.

Akan tetapi ,anda dapat menggunakan keamanan SSL serta enam digit kunci untuk menghubungkan dua perangkat yang anda gunakan.

Send Anywhere juga mendukung adanya kemampuan untuk berbagi file ke lebih dari satu perangkat secara bersamaan. Semua file yang akan dibagikan selanjutnya ditransfer menggunakan enkripsi 256-bit agar lebih aman.

baca juga: Aplikasi Tukar Tambah HP Aman dan Terpercaya, Simak Rekomendasinya

Xender

Pada umumnya, Xender memiliki cara kerja yang sama dengan aplikasi sejenis. Namun dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat backup data-data penting seperti SMS, kontak, app, dari hp ke perangkat lain. Selain itu, Xender juga mendukung file transfer antar platform seperti iOS, Windows, hingga Android.

ShareMe

Aplikasi transfer file terbaik selanjutnya adalah ShareMe. Awalnya aplikasi ini bernama MiDrop. ShareMe hadir dengan kelengkapan fitur interrupted resumes.

Dengan adanya fitur ini, saat proses transfer file terputus, maka proses pengiriman pun dapat berlanjut tanpa harus mengulang dari awal. Aplikasi ini juga dapat anda pergunakan secara gratis dan bebas iklan.

SuperBeam

Salah satu aplikasi ini dapat membantu anda dalam melakukan pengiriman file pada Android. Pengiriman file pada aplikasi ini dengan menggunakan koneksi internet atau sambungan wifi secara langsung.

Menariknya lagi, aplikasi SuperBeam juga dapat menggunakan QR atau dengan kode scanner NFC. Dengan demikian, anda dapat saling berkirim file pada ponsel Android maupun iOS secara mudah dan cepat. Aplikasi transfer file yang satu ini juga telah diunduh oleh pengguna sebanyak 10 juta lebih. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid