Aplikasi WhatsApp GB Jadi Trending Topik, Simak Berapa Kontroversinya

Aplikasi WhatsApp GB
Ilustrasi Aplikasi WhatsApp GB. Foto: Ist/Net

Aplikasi WhatsApp GB saat ini sedang viral menjadi perbincangan di Twitter. Menurut sejumlah netizen, aplikasi ini ilegal serta cukup membahayakan privasi para penggunanya.

Sebenarnya, WA GB bukanlah aplikasi baru. Dalam beberapa tahun lalu, aplikasi ini juga sempat menjadi perbincangan banyak kalangan.

Bahkan dalam laman resmi WhatasApp menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah mendukung hadirnya aplikasi tersebut.

WhatsApp GB merupakan salah satu aplikasi tidak resmi yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Sama halnya WhatsApp Plus, perusahaan juga menilai WA GB melanggar ketentuang layanan.

baca juga: Aplikasi Keamanan Jaringan Terbaik, Lindungi Perangkat Lebih Akurat

Aplikasi WhatsApp GB dan Kontroversinya

WhatsApp GB pertama kali trending dengan hadirnya unggahan dari akun anonim pada base @subtanyarl. Tweet tersebut menyatakan bahwa salah satu pengguna TikTok memberikan informasi mengenai bahaya dari WA GB, terutama pada bagian privasi.

Namun sayangnya, informasi tersebut justru memperoleh respon yang negatif dari para warganet. Bahkan banyak komentar yang justru keluar dari topik pembicaraan. Lalu, sebenarnya apakah aplikasi WhatsApp GB tersebut?

Pengertian WhatsApp GB

WA GB merupakan salah satu aplikasi WhatsApp MOD yang memiliki manfaat untuk berkomunikasi dengan pihak lain pada kontak yang anda miliki.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengirim pesan, pesan audio, berbagi file, panggilan video hingga obrolan group layaknya WA biasa.

Akan tetapi aplikasi ini dapat menambahkan beberapa fitur baru yang tidak terdapat pada WA biasa. Fitur baru tersebut antara lain menggunakan dua nomor telepon secara bersamaan atau adanya pilihan privasi lanjutan.

Selain itu juga untuk menyembunyikan story WhatsApp serta waktu terakhir dilihat. Aplikasi WhatsApp GB adalah modifikasi dari aplikasi asli yang selanjutnya dikembangkan oleh pihak ketiga tanpa adanya izin dari pemilih aplikasi yang sah.

Sebenarnya WhatsApp GB hadir dengan mengembangkan kode sumber dari aplikasi WA resmi. Oleh karena itu, WA GB juga mempunyai fungsi yang sama dengan WA resmi, akan tetapi dikembangkan secara mandiri dengan tujuan untuk memperluas fitur aplikasi.

Sebenarnya WA GB bukanlah satu-satunya aplikasi versi lain dari WA resmi. Terdapat beragam jenis WhatsApp MOD yang juga menawarkan beragam fungsi tambahan.

Seperti YOWhatsApp atau WhatsApp Plus. Dan masih banyak lagi aplikasi sejenis yang hadir dalam setiap minggunya. Namun saat ini WA GB merupakan salah satu pilihan terbaik yang dapat anda gunakan, terlepas dari semua kontroversi mengenai perkembangannya.

Baca juga: Cara Membuat Link WA di Bitly yang Langsung ke Chat Pribadi

Kontroversi Aplikasi WhatsApp GB

WA GB serta jenis WhatsApp Mod lainnya dapat menjadi populer karena menawarkan beragam fitur yang tidak terdapat pada aplikasi resminya.

Seperti password lock guna mengunci percakapan rahasia, melihat status yang telah kadaluarsa, tema yang cukup banyak dan lain sebagainya.

Karena merupakan aplikasi pihak ketiga, maka perusahaan resmie WhatsApp menganggap aplikasi ini tidak resmi serta ilegal.

Bagi pengguna yang mengunduh WA GB sama halnya akan memperoleh resiko aplikasi dapat tersusupi oleh malware. Hal penting lain yang menjadi kontroversi adalah obrolan pada WhatsApp versi modifikasi seperti WA GB tidak terenskripsi.

Dengan demikian peretas ataupun pihak manapun dapat mengintai percakapan pengguna. Selain itu, aplikasi WhatsApp GB serta yang sejenis juga telah melanggar Terms of Service WhatsApp.

Aplikasi ini juga tidak memperoleh dukungan resmi dari WhatsApp, pasalnya kebijakan keamanannya tidak dapat divalidasi.

Karena tidak memperoleh dukungan resmi dari WhatsApp, maka akun yang menggunakan WA GB atau yang sejenisnya sering memperoleh pesan yang menyebutkan akun tersebut akan dicekal secara sementara. Apabila tidak kembali menggunakan WhatsApp resmi, maka akun-akun tersebut terancam terhapus secara permanen.

baca juga: Aplikasi Charge IN Resmi Meluncur, Simak Kemudahan yang Ditawarkan

Aplikasi WA MOD banyak anda temui pada layanan Google PlayStore. Dan para pengguna pun dapat mengunduhknya dengan mudah.

Dalam hal ini, pihak WhatsApp telah beberapa kali menindak aplikasi MOD yang banyak beredar dengan menghaspusnya dari PlayStore.

Meskipun beberapa kali telah dihapus, akan tetapi aplikasi WA MOD pun silih berganti hadir pada Google PlayStore termasuk WhatsApp GB.

Bagi anda yang saat ini menggunakan aplikasi WhatsApp GB atau yang sejenisnya, dan ingin beralih ke aplikasi WhatsApp resmi. Maka sebaiknya anda menyimpan riwayat obrolan anda terlebih dahulu sebelum mengunduh aplikasi WA resmi. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid