Audi e-tron GT Perdana Siap Meluncur Dalam Waktu Dekat

Audi e-tron GT
Audi e-tron GT. Foto: Ist/Net

Audi e-tron GT tinggal beberapa hari lagi mengaspal ke dunia global otomotif. Mengobati rasa penasaran sejak dikabarkannya konsep mobil ini pada 2018 lalu.

Mobil perdana sebagai tanda era baru Audi yang akan diperkenalkan pada hari Rabu 10 Februari 2021. Audi e-tron Gran Turismo ini menjanjikan balance antara performa dan efisiensi.

Pihak pabrikan Jerman telah mengajak kepada semua kalangan untuk menyaksikan kehadiran e-tron GT tersebut. Selain itu, pihaknya mengungkapkan perayaan desain visioner dan pemikiran progresif.

e-tron GT merupakan sedan elektrik dengan logo empat cincin bernama Gran Turismo. Nama tersebut merupakan istilah dari mobil sport untuk keperluan balap jarak jauh. Nama tersebut tidak hanya menerjemahkan performa saja, namun lebih kepada efisiensi.

Debut Perdana Audi e-tron GT

Mengingat e-tron berbekal teknologi, fitur desain, spesifikasi kabin, dan lainnya yang bakal rilis melawan segmen baru seperti Tesla Model S dan entri lain.

Bagi anda yang sudah pernah menyaksikan film Avengers Endgame 2019 lalu, mobil yang Tony Stark tumpangi dalam sebuah adegan film tersebut merupakan e-tron GT yang bakal rilis pada Februari ini. Ia membawa konsep sedan dengan tenaga listrik.

Peluncuran versi e-tron GT tersebut akhirnya bisa menyapa masyarakat dunia setelah penantian 2 tahun lamanya. Pengumuman ini juga lebih kuat dengan penyampaian dari Marc Lichte.

Baca Juga : BMW X1 sDrive18i, Mobil SUV Premium di Tanah Air

Bahkan pengumuman tersebut beserta foto-foto Audi e-tron GT yang sesuai dengan foto yang selama ini telah beredar. Sosok mobil ini tampil dengan balutan kamuflase pengujian pada medan bersalju.

Eksterior e-tron GT

Bahkan e-tron GT sendiri akan lebih mengagumkan dari SUV e-Tron Quattro yang saat ini telah diperkenalkan. Tubuhnya terdapat 4 pintu dengan konstruksi multi-material. Pada atap karbon dan desain karakter tersebut dikemas dengan DNA Audi.

Sampai saat ini belum ada spesifikasi lengkap tentang Audi e-tron GT tersebut. Meski belum rilis, setidaknya sudah ada informasi bahwa mobil dibangun di atas platform J1 mirip dengan Porsche Taichan.

Sedan tersebut berbekal sistem dual motor dengan single speed transmission pada bagian depan. Selain itu, lengkap dengan gearbox 2 percepatan pada bagian belakang.

Marc Lithe juga menyampaikan bahwa pengaplikasian hukum fiskal mendasar pada Audi e-tron GT dengan mobilitas elektris merupakan prinsip desain sedan itu sendiri.

Baca Juga : Audi A4 2020 Sedan Mid Size dengan Sentuhan Baru Lebih Sporty

Bahkan sudah tidak menjadi rahasia lagi, sedan tersebut berpostur rendah dan luas dengan pelek besar sehingga tampil dengan proporsi sedap dipandang. Desain lampunya pun menawan, eksotis, serta permainan pencahayaan yang mengagumkan.

Pada eksterior samping desain dinamis Audi e-tron GT tersedia ventilasi optimal dari disk rem yang sekaligus dapat mengurangi drag. Ban berukuran 285/30 dengan velg 22 inchi terlihat elegan.

Garis-garis besar dan ventilasi udara pada lengkungan roda menekankan rendah hambatan sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar.

Tenaga Audi e-tron GT

Tentu saja Audy akan memberikan versi RS untuk Audi e-tron. Settingan dual motor tersebut mampu memproduksi tenaga 590 hp. Bahkan dapat maksimal lagi dalam mode overboost sampai 640 hp.

Tentu saja yang paling dekat dengan potensi tersebut adalah Taycan Turbo. Ia menyiapkan 617 hp sampai 670 hp di torsi 850 Nm.

Baca Juga : Audi A6 Sedan dengan Desain Mewah dan Fitur MMI Terbaru

Namun tepat tidaknya potensi tersebut bisa menempatkan Audi e-tron di persaingan sedan super. Seperti Taycan, Audi e-tron juga akan menawarkan opsi varian performa tinggi.

Performa Audi RS e-tron dengan dual motor membuatnya melesat pada 100 km/jam dalam 3,5 detik dan top speed 240 km/jam. Sedangkan model Audi e-tron GT yang standar mempunyai jarak tempuh 249 mil, yakni pada siklus uji di Eropa.

Similaritas antara e-tron dengan Taycan mulanya banyak terlihat pada sasis. Dengan memanfaatkan three-chamber air suspension. Selain itu, terdapat peredam aktif pada keempat sisi.

Baterai dan Pengisian

Dengan menggunakan platform sama dengan Taycan, Audi e-tron juga membawa powertrain dengan baterai lithium ion berkapasitas 83,7 kWh.

Kombinasi baterai dan motor listrik mampu berlari dengan kecepatan 400 km. Daya pengisian Audi e-tron dengan fast charging yang arus listriknya 350 kw. Bahkan ia dapat mengisi ulang sampai dengan 80% yakni dalam hitungan waktu 22,5 menit.

Harga

Berita turunnya e-tron GT dalam waktu dekat tersebut dengan perkiraan bandrol mulai dari 100 ribu dolar AS. Cukup fantastis apabila dalam rupiah mencapai 1,4 miliar.

Bahkan penjualan tersebut mulai perdananya di Amerika yakni beberapa bulan kedepan. Nah itulah informasi update tentang sedan Audi e-tron GT yang dalam bulan Februari ini akan rilis. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto