Bagian-Bagian Mesin Mobil dan Fungsinya yang Wajib Anda Tahu

Bagian-Bagian Mesin Mobil dan Fungsinya yang Wajib Anda Tahu
Ilustrasi bagian-bagian mesin mobil. Foto: Ist/Net

Bagian-bagian mesin mobil cukup beragam, bahkan memiliki fungsi yang tidak sama. Semua komponen pada kendaraan cukup bervariasi dan semuanya memiliki peran yang saling berkesinambungan.

Komponen tersebut antara lain bagian utama, sistem pelumas, pendingin, dan yang penting yaitu mesin kendara. Bagian tersebut dapat terbagi menjadi beberapa elemen lagi jika diklasifikasikan.

Namun, secara garis besar bagian ini terdiri dari mesin bergerak dan tidak bergerak. Mesin itu sendiri menjadi komponen utama untuk bisa menjalankan kendaraan. Sebagai pemilik kendaraan, alangkah sebaiknya anda mengenal bagian-bagian mesin dan fungsinya.

Baca Juga : Komponen Transmisi Otomatis pada Mobil Matic dan Fungsinya

Sehingga ketika terjadi kerusakan atau masalah, anda bisa segera memberikan penanganan secara cepat dan tepat. Sebab, bagian tersebut memiliki peranan penting sebagai sistem penggerak.

Jika komponen tersebut bermasalah, tentu akan berpengaruh besar. Bahkan jika salah satu komponennya bermasalah, fungsinya pun tidak maksimal.

Pahami Bagian-Bagian Mesin Mobil dan Fungsinya

Dalam sebuah mobil ada banyak sekali komponen atau bagian-bagian dengan perannya masing-masing. Seperti halnya bagian mesin pada kendaraan.

Bagian tersebut memiliki fungsi vital yang juga membawa komponen di dalamnya. Bagian ini sangat dibutuhkan sebagai sistem penggerak, sehingga mobil bisa maju dan mundur.

Jika anda lihat dari peranannya yang cukup penting, tentu perawatan adalah kunci utama menjaganya. Sehingga setiap bagian bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika satu komponen saja bermasalah, tentunya akan berpengaruh pada kinerja bagian yang lainnya. Maka dari itu, untuk menjaga kinerjanya tetap maksimal, alangkah baiknya anda tahu bagian-bagiannya.

1. Blok Silinder

Bagian-bagian mesin mobil yang pertama yaitu blok silinder yang menjadi komponen utama pada kendaraan. Komponen tersebut menjadi bagian dasar pada sebuah mobil.

Selain itu, fungsi dari blok silinder itu sendiri yaitu sebagai tempat dudukan dari mekanisme engkol. Pada bagian ini terdapat beberapa buah silinder mesin dan setiap bagian tersebut terdapat piston.

Komponen tersebut terletak pada bagian ujung batas piston. Sedangkan untuk bagian ujung batangnya terhubung dengan poros engkol. Naik turunnya piston akan membuat bagian engkol dapat bergerak.

2. Silinder

Bagian-bagian mesin mobil memiliki peranannya masing-masing. Anda bisa mengetahui lebih jelas agar tidak terjadi kerusakan pada setiap komponen.

Silinder menjadi tempat perpindahan panas ke tenaga mekanik. Jika anda menginginkan kinerja yang optimal, sebaiknya jaga agar tidak terjadi kebocoran pada gas yang dibakar.

Baca Juga : Cara Kerja AirBag Mobil, Fungsinya Sebagai Fitur Keselamatan

Bagian tersebut terletak antara piston dan silinder. Penggunaan silinder tersusun sejajar dalam satu garis pada blok mesin mobil. Biasanya komponen tersebut terlapisi nikasil.

Bentuknya cukup rumit dan butuh perawatan secara rutin. Sehingga ketika terjadi masalah pada bagian tersebut, anda perlu melakukan penggantian dengan suku cadang yang baru.

3. Kepala Silinder

Ada bagian-bagian mesin mobil yang perlu anda ketahui dan salah satunya yaitu kepala silinder atau cylinder head. Komponen ini berpasangan bersama blok silinder bagian atas dengan cara terkait baut dan gasket.

Bahan pembuatan komponen ini dari campuran besi tuang dan alumunium. Pada bagian ini terdapat ruang bahan bakar yang juga berfungsi sebagai dudukan busi dan mekanisme katup mesin 4 tak.

Terdapat juga blok silinder sebagai pendingin busi dan katup. Sehingga adanya bagian ini termasuk cukup penting pada sebuah mobil.

4. Karter

Bagian-bagian mesin mobil yang termasuk dalam klasifikasi komponen tidak bergerak yaitu karter. Komponen tersebut terletak pada bagian bawah blok silinder, fungsinya untuk penampungan oli mesin.

Baca Juga : Mobil Sering Mati Mendadak Tidak Hanya Disebabkan BBM Habis

Dalam bagian ini terdapat juga ventilasi yang berhubungan dengan udara luar. Karter terbaut dengan tambahan gasket antara bak engkol. Dimana bisa berfungsi untuk menghindari bocornya komponen tersebut.

5. Piston

Piston merupakan komponen atau bagian mesin mobil penting yang mampu bergerak dengan kecepatan tinggi. Sehingga sifat yang harus ada pada komponen tersebut yaitu tahan terhadap suhu dan panas tinggi.

Bagian kepala piston ini berbentuk datar, sedangkan komponen lainnya cembung. Banyak sekali manfaat jika anda mengetahui fungsi dari komponen kendaraan.

Hal utama yang bisa anda lakukan yaitu mengetahui bagian-bagian mesin mobil dan fungsinya. Hal ini bertujuan agar anda bisa mengatasi ketika timbul masalah. Anda pun tak perlu panik maupun bingung lagi saat terjadi masalah. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto