Bahaya Sering Menahan Kencing, Bisa Infeksi Hingga Ginjal

Bahaya sering menahan kencing untuk kesehatan tubuh. Foto: Net/Ist.
Bahaya sering menahan kencing untuk kesehatan tubuh. Foto: Net/Ist.

Bahaya sering menahan kencing bagi kesehatan tubuh, dari mulai infeksi saluran kencing hingga gangguan pada ginjal. Bahaya dari kebiasaan tersebut mungkin perlu anda ketahui, apalagi kalau anda sendiri sering melakukan kebiasaan buruk itu.

Karena memang tidak sedikit orang yang punya kebiasaan menahan kencing. Biasanya hal itu mereka lakukan lantaran tengah sibuk bekerja, atau ketika bepergian tidak menemukan toilet.

Dampak yang timbul akibat sering menahan kencing memang tidak akan seketika terjadi pada tubuh. Tapi, saat anda terlalu sering melakukan kebiasaan tersebut akan muncul masalah kesehatan pada tubuh anda yang lebih besar.

Merangkum dari berbagai sumber, jika sering menahan kencing maka dampak buruk yang terjadi pada tubuh bisa terakumulasi. Bahkan, hal itu bisa membahayakan kesehatan anda.

Pasalnya, kandung kemih pada manusia hanya bisa menahan air kencing hingga 1,5 liter saja. Dalam kandung kemih ada reseptor kecil yang akan mengirim sinyal ke otak saat air kencing sudah penuh. Sinyal inilah yang memberitahu bahwa anda harus segera membuang air seni.

Namun untungnya, sebelum kondisi tubuh berada dalam bahaya, terlebih dahulu anda akan mengompol jika terlalu lama menahannya.

Baca Juga : Penyebab Air Kencing Berbusa Harus Diwaspadai, Ini Cara Mengatasinya!

Lantas, bahaya apa saja yang akan terjadi pada kesehatan tubuh jika sering menahan kencing? Berikut ini ulasannya mengenai dampak dari kebiasaan buruk tersebut.

6 Bahaya Sering Menahan Kencing Bagi Kesehatan

Infeksi Salurang Kencing

Infeksi pada saluran kencing dapat terjadi ketika terinfeksi bakteri, yang mana bakteri akan semakin berlipat ketika terlalu lama menahan kencing.

Beberapa masalah lainnya yang dapat memicu munculnya bakteri yaitu saat anda kurang mengonsumsi air atau kurang minum.

Infeksi saluran kencing juga bisa terjadi jika tidak segera mencuci alat vital setelah berhubungan suami istri, atau ketika anda jarang kencing. Saat anda mengalami masalah tersebut, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mengatasinya.

Kandung Kemih Bermasalah

Baca Juga : Buang Air Kencing Terasa Panas? Waspadai Penyakit Disuria

Bahaya sering menahan kencing yang selanjutnya yaitu munculnya masalah pada kandung kemih. Ketika anda berkali-kali menahannya dan dalam durasi waktu yang lama, maka kandung kemih akan mengalami masalah.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda harus menjalani operasi. Namun, masalah ini jarang sekali terjadi karena terlebih dahulu kamu akan ngompol.

Kandung Kemih Meregang

Kandung kemih juga akan meregang dan otot panggul menjadi lemah apabila anda jarang buang air kecil. Hal ini dapat menyebabkan anda kesulitan kencing lantaran kandung kemihnya tidak kembali normal seperti kondisi semula usai buang air.

Ngompol

Mengompol juga menjadi salah satu bahaya akibat sering menahan kencing. Mengompol bisa terjadi saat tubuh mengalami kesulitan menerima sinyal ingin buang air kecil.

Ketika anda bersin atau batuk pun anda bisa ngompol. Penyebabnya karena dinding otot panggul yang melemah. Kondisi ini bisa terjadi saat anda sering menahan kencing. Untuk menghindari masalah ini, maka ketika kebelet sebaiknya anda secepatnya buang air kecil.

Baca Juga : Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Cara Mengatasinya

Batu Ginjal

Bahaya sering menahan kencing dapat mengakibatkan batu ginjal. Kondisi ini bisa terjadi ketika tubuh kurang cairan. Bisa juga akibat jarang buang air kecil.

Jika anda mengalami masalah tersebut, maka untuk mengatasinya sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Rasa Sakit

Secara umum rasa sakit pada tubuh bisa dialami ketika anda sering menahan buang air kecil. Saat anda tidak membuangnya dengan tepat, maka sekujur tubuh pun akan mengalami sakit, sehingga sulit untuk bersantai.

Beberapa masalah tersebut bisa anda alami jika sering menahan buang air kecil. Bahaya sering menahan kencing ini dampaknya bisa lebih serius terhadap kesehatan. Jadi, sebaiknya jangan pernah anda menahannya saat merasa kebelet. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah