Bahaya Tidur Setelah Ashar, Bisa Menurunkan Daya Ingat

Bahaya Tidur Setelah Ashar
Ilustrasi bahaya tidur setelah ashar. Foto: Everyday Health

Bahaya tidur setelah ashar ternyata cukup banyak dan bisa mengganggu Kesehatan. Tidur setelah waktu ashar juga dapat berdampak terhadap psikologi seseorang.

Bagi sebagian orang hal ini telah menjadi kebiasaan, pada umumnya ketika seseorang terlalu lelah bekerja di siang hari.

Ketika tidak terlalu sering, tidur di sore hari tidak akan menimbulkan masalah karena tidak bisa kita pungkiri kalau tubuh butuh beristirahat dengan baik ketika kelelahan.

Hanya saja, ketika sudah menjadi kebiasaan baru akan berdampak buruk pada Kesehatan baik tubuh atau pun pikiran.

Bahkan, dalam beberapa kasus istirahat dengan pola ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit yang berbahaya bahkan mematikan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki pola atau kebiasaan tertidur di sore hari alangkah baiknya mengetahui bahayanya.

Baca juga: Bahaya Tidur Setelah Subuh yang Harus Diwaspadai

Beberapa Bahaya Tidur Setelah Waktu Ashar

Terdapat dua jenis risiko yang mungkin terjadi, pertama terhadap kesehatan tubuh, kedua untuk kesehatan pikiran.

Waktu Ashar sendiri adalah sekitar pukul 15.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB atau menjelang maghrib di mana Anda sebaiknya menghindari tidur.

Berikut adalah beberapa risiko yang mungkin saja terjadi ketika Anda terbiasa melakukannya, baik terhadap kesehatan tubuh ataupun pikiran.

Daya Ingat Menurun

Daya ingat yang baik sangat penting untuk manusia, karena meskipun lupa adalah hal yang umum tetap saja bisa merugikan saat terlalu sering.

Terlebih ketika itu terus menurun seiring waktu karena pola hidup yang buruk seperti waktu istirahat yang tidak teratur.

Nah, salah satu bahaya tidur setelah ashar juga dapat menurunkan daya ingat otak meskipun tidak secara langsung.

Perlahan namun pasti pola istirahat seperti itu dapat membuat seseorang semakin mudah lupa terlebih ketika mengurusi beberapa hal sekaligus.

Selain menjadi pelupa, efek seperti bingung dan tidak nyaman bisa terasa secara langsung ketika terbangun pada sore hari.

Baca juga: Desain Kamar Tidur Ala Kpopers yang Wajib Dicoba

Menyebabkan Sakit Kepala

Efek lainnya yang bisa Anda rasakan adalah sakit kepala. Biasanya terjadi secara langsung terlebih ketika bangun karena kaget.

Anda bisa saja kaget karena merasa tidur telalu lama, ini biasa terjadi bahkan sampai merasa sudah pagi hari.

Mungkin bagi sebagian orang efek sakit kepala karena tidur sore hari bisa cepat hilang, namun seringkali bisa bertahan hingga malam hari.

Susah Tidur Malah Hari

Bahaya tidur setelah ashar selanjutnya yaitu dapat menyebabkan insomnia atau kesulitan terlelap di malam hari.

Ini bisa terjadi karena lanjutan dari efek sakit kepala yang masih terasa atau karena tubuh sudah terlalu banyak tidur sehingga kesulitan untuk tertidur kembali.

Pada waktu yang bersamaan hal ini akan secara langsung mengganggu pola istirahat harian Anda dan berisiko merubah polah hidup lebih buruk.

Badan Terasa Lemas

Hal selanjutnya yang seringkali orang rasakan yaitu tubuh terasa lemas dan mood menjadi buruk, sehingga malas melakukan apapun.

Biasanya orang berharap merasa lebih baik setelah beristirahat, namun ketika terlelap di sore hari justru sebaliknya, membuat tubuh tidak segar dan lemas.

Penyebabnya adalah kurangnya asupan oksigen pada tubuh, parahnya perasaan ini bisa bertahan hingga malam hari atau bahkan sampai keesokan harinya.

Semua bahaya tidur setelah ashar tersebut ternyata dapat menimbulkan dampak yang lebih buruk lagi terhadap Kesehatan karena efeknya yang berkelanjutan.

Meningkatkan Risiko Diabetes

Salah satu dampak lanjutan yang sangat berbahaya adalah meningkatnya risiko terkena diabetes atau kadar gula berlebih pada tubuh.

Hal ini disebabkan oleh menurunnya produksi Insulin beserta terganggunya metabolisme tubuh karena kualitas istirahat yang buruk.

Tentu saja ini bisa terjadi ketika Anda melakukannya terus menerus, berusaha menghindarinya bisa menjadi pencegahan diabetes sejak dini.

Baca juga: Penataan Kamar Tidur Ukuran 3×3 Sederhana Tetap Luas dan Nyaman

Meningkatkan Kolesterol

Risiko besar lainnya selain diabetes adalah kolesterol, kebiasaan terlelap pada waktu Ashar bisa meningkatkan risiko Anda terkena penyakit ini.

Berdasarkan beberapa sumber dan penelitian hal ini bisa terjadi pada seseorang yang metabolisme tubuhnya pada titik maksimal namun membiasakan tidur sore.

Mungkin kolesterol yang meningkat tidak akan terasa secara langsung, namun prosesnya terjadi secara bertahap dan karena tidak terasa justru membuatnya lebih berbahaya.

Kegiatan istirahat seperti ini juga mendapat perhatian dalam agama islam, meskipun beberapa dalilnya tidak shahih dan hukum dasarnya adalah boleh.

Namun, meski tidak ada larangan tidak ada juga ulama atau dalil yang menganjurkan hal ini dilakukan.

Meski demikian, bahaya tidur setelah ashar yang sebaiknya Anda hindari untuk mencegah datangnya masalah kesehatan dan menjaga tubuh dari pola hidup yang tidak baik. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid