Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita PangandaranBaksos Donor Darah PMI Pangandaran Disambut Antusias Warga

Baksos Donor Darah PMI Pangandaran Disambut Antusias Warga

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Baksos donor darah yang digelar PMI Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, di sejumlah tempat mendapat antusias warga. Seperti yang berlangsung di Kecamatan Padaherang, Kamis (04/02/2021), sebanyak 50 orang warga mendonorkan darahnya secara sukarela

Sekretaris PMI Kabupaten Pangandaran, Dadang, mengatakan, kegiatan bakti sosial (baksos) tersebut untuk memenuhi kebutuhan stok darah di RSUD Pandega Pangandaran.

“Untuk satu tempat kegiatan baksos donor darah targetnya sebanyak lima puluh labu, atau setara lima puluh orang pendonor. Alhamdulillah, target tersebut untuk wilayah Kecamatan Padaherang ini bisa tercapai. Ada lima puluh orang yang ikut mendonorkan darahnya ke PMI,” terangnya, kepada HR Online.

Lebih lanjut Dadang, mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan bakti sosial donor darah di 10 kecamatan se-Kabupaten Pangandaran. Selanjutnya, hasil dari kegiatan tersebut diserahkan ke RSUD Pandega.

Baca Juga : Donor Darah Keliling PMI Kota Banjar di Sukamukti dapat 18 Labu

Jika RSUD memiliki stok labu darah yang cukup, maka ketika masyarakat Kabupaten Pangandaran berobat dan membutuhkan darah akan selalu tersedia.

“Pangandaran ini memiliki sembilan puluh tiga desa. Jika pihak desa dan warganya mendonorkan darahnya, itu lebih bagus dan tentunya PMI siap,” katanya.

Menurut Dadang, jika kebutuhan stok darah RSUD Pandega terpenuhi, maka pihak RSUD pun bisa membantu kebutuhan labu darah daerah lain.

“Namun dengan catatan, kebutuhan RSUD Pandega Pangandaran terpenuhi lebih dulu kebutuhannya, tidak kekurangan,” tandas Dadang.

Sementara itu, Fina, salah seorang warga Kecamatan Padaherang, mengaku sudah sebelas kali mendonorkan darahnya. Untuk kali ini, darah yang diambil hanya 200cc, atau satu labu.

“Dengan mendonorkan darah berarti kita membantu warga yang membutuhkan. Jadi apa yang kita lakukan ini sangat membantu warga. Selain itu, kalau rutin mendonorkan darah, badan kita terasa nyaman dan tetap sehat,” kata Fina. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah