Ban Tubeless Sering Kempes, Bisa Jadi Ini Faktor Penyebabnya

Ban Tubeless Sering Kempes, Bisa Jadi ini Faktor Penyebabnya
Ilustrasi ban tubeless sering kempes. Foto: Ist/Net

Ban tubeless sering kempes menjadi salah satu kendala yang banyak orang alami. Padahal tipe ban yang satu ini tergolong sebagai komponen anti bocor.

Pada kendaraan roda dua, banyak komponen yang bisa anda temukan dengan fungsi berbeda-beda. Salah satu komponen yang cukup penting pada kendaraan ini yaitu ban.

Komponen tersebut berperan sebagai penggerak sepeda motor. Ada beberapa tipe ban yang bisa digunakan pada sepeda motor. Salah satunya yaitu ban tubeless.

Tipe ban yang satu ini menjadi salah satu solusi yang banyak digunakan sebagian besar orang. Tipe tubeless digadang-gadang sebagai jenis ban anti bocor.

Baca Juga : Ban Motor Sering Kempes, Cek Penyebabnya Berikut Ini

Sehingga tidak heran jika pemilik kendaraan memilihnya. Sebenarnya penggunaan komponen yang satu ini tidak bisa sembarangan. Bahkan tidak semua jenis kendaraan bisa menggunakannya.

Ada syarat utama penggunaan ban tubeless yaitu kendaraan harus memiliki velg racing. Sebab, jika anda gunakan pada velg beruji akan kurang tepat, bahkan tidak direkomendasikan.

Pada umumnya, jenis komponen yang satu ini banyak digunakan pada motor trail dan sport. Sayangnya tidak selamanya tubeless bisa diandalkan.

Ada masalah yang sering terjadi pada ban tubeless. Meski jarang bocor, namun ada banyak hal yang bisa mempengaruhi performanya. Salah satu masalah yaitu ban tubeless sering kempes. Hal ini bisa terjadi kapan saja.

Pada umumnya, ada berbagai faktor yang dapat memicu terjadinya hal tersebut. Sebaiknya anda jangan panik, segera cari tahu agar ban tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes Tiba-Tiba

Jenis ban tubeless memang sering sekali menjadi pilihan karena performanya yang tangguh. Bahkan komponen tersebut bisa terbilang anti bocor.

Baca juga : Penyebab Ban Mobil Pecah dan Cara Jitu Mengatasinya

Karena kelebihannya itulah sebagian besar orang memilih menggunakannya. Namun kenyataannya, ban tubeless tidak bisa bocor.

Justru komponen tersebut bisa bocor halus atau kempes tiba-tiba. Kondisi ini meski sering terabaikan, namun tidak ada salahnya anda untuk segera melakukan pengecekan.

Kempesnya ban tersebut memang tidak seperti pada kendaraan umumnya. Jika hal ini terjadi, maka ban akan terasa semakin kempes perlahan. Ada beberapa penyebab yang menimbulkan kondisi ini terjadi, antara lain:

1. Kondisi Pentil Ban Motor Kendor

Penyebab ban tubeless sering kempes bisa karena faktor pentil ban motor yang kendor. Kondisi ini akan membuat udara yang ada di dalamnya terlihat saat motor berkendara.

Pastikan lebih dulu pemasangan pentil sudah tepat. Anda bisa melakukan pengecekan dengan mengoleskan air. Selain itu, usia komponen tersebut juga bisa berpengaruh dengan fungsinya.

2. Bocor Halus

Ketika ban tubeless sering kempes, sebaiknya segera dipompa. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, antara lain karena adanya medan jalan yang bebatuan.

Meski jenis ban yang satu ini tahan terhadap benda tajam, sebaiknya untuk merawatnya. Meski mampu menusuk benda tajam, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan.

3. Debu dan Pasir yang Menempel

Ada penyebab lain ban tubeless tiba-tiba kempes. Faktor yang berpengaruh yaitu menempelnya debu dan kotoran pada komponen tersebut.

Meski terdengar sepele, namun sebaiknya anda memperhatikan kebutuhan dengan tepat. Sebab, debu dan pasir yang menempel. Masalah ini akan timbul ketika terkena air dan mengendap. Akhirnya air akan tumbuh gelembung.

4. Ban Aus

Penyebab utama ban tubeless tiba-tiba kempes pada sepeda motor yaitu kondisinya yang kurang ok. Ketika anda ingin masukkan bumbunya, jangan khawatir dan panik.

Baca Juga : Kelebihan Ban Tubles Lebih Banyak Daripada Konvensional

Jika anda ragu, sebaiknya untuk menggantinya dengan yang baru. Sebab kondisi ban yang aus akan membahayakan diri sendiri hingga orang lain.

5. Velg Bengkok

Ada masalah lain yang bisa mengakibatkan kondisi tiba-tiba kempes. Masalah ini bisa terjadi karena velg bengkok. Bengkoknya velg bisa mempengaruhi kondisi tersebut sehingga membuat celah antara velg dan ban. Celah tersebutlah yang bisa membuat angin dalam ban keluar sedikit demi sedikit.

Anda bisa mengatasinya dengan cairan anti bocor yang sudah tersedia pada bengkel otomotif. Sehingga jika terjadi sewaktu-waktu, anda bisa segera mengatasinya.

Banyak faktor yang mengakibatkan ban tubeless sering kempes. Anda jangan panik dalam mengatasi masalah ini. Sebaiknya pergi ke bengkel agar performa kendaraan tetap terjaga. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto