Bangunan Madrasah di Ciamis Ambruk Saat Diterjang Hujan

bangunan madrasah ambruk di ciamis
Atap bangunan Madrasah tsanawiyah (MTsN) 11 CIamis ambruk. Foto: Istimewa

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Sekolah ambruk kembali terjadi saat hujan deras. Kali ini bangunan Madrasah tsanawiyah Negeri (MTsN) 11 Ciamis di Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, bagian atapnya ambruk, Sabtu (13/2/2021).

Engkos, Guru MTsN 11 Ciamis Kecamatan Sukamantri membenarkan madrasah tempat ia mengajar mambruk pada bagian atap beberapa lokal. Meski demikian, Engkos mengaku telah memprediksi sebelumnya karena sejak tiga minggu kebelakang bagian atap bangunan sudah mulai turun akibat guyuran hujan terus-terusan.

Engkos mengatakan awalnya ada dua atap bangunan madrasah yang ambruk. Namun kini bangunan lain pun ikut ambruk. Selain itu kondisinya lebih parah lagi akibat adanya pergerakan tanah.

“Sekarang bangunan yang ada itu hanya 5 ruangan saja untuk belajar mengajar. Meskipun saat ini masih kosong belum memulai tatap muka akibat pandemi. Yang ambruk itu ada ruang kelas, ruang guru dan TU termasuk ruang kepala sekolah dan Laboratorium Komputer,” ucapnya.

Pihak madrasah bersama warga setempat juga pemerintah terkait membereskan material atap bangunan ambruk. Berikut mengevakuasi sejumlah perlengkapan kantor hingga buku-buku. Sedangkan untuk unit komputer berhasil selamat karena sebelumnya telah dipindahkan karena khawatir rusak tertiban atap bangunan.

“Harapan kami agar bangunan madrasah segera ada perbaikan. Meskipun saat ini masih belajar daring tapi saat sudah bisa belajar lagi kemungkinan kesulitan ruangan karena terbatas. Apalagi saat pandemi ini harus mengatur siswa dan jam pelajarannya,” katanya.  

Anggota Tagana Ciamis Alan Hariri menambahkan selain bangunan madrasah ambruk, terjadi juga longsor menimbun jalan perbatasan antara Ciamis-Majalengka. Akibatnya arus lalu lintas sempat terhambat karena material longsor. “ Saat ini kami sudah melakukan evakuasi bersama warga dan pihak terkait lainnya supaya lalu lintas kembali lancar,” pungkasnya. (Dadang/R9/HR-Online)

Editor: Dadang