Bappeda Pangandaran Rencanakan Bangun Ruas Jalan Antar Destinasi Wisata

Bappeda Pangandaran Rencanakan Bangun Ruas Jalan Antar Destinasi Wisata
Bappeda saat mengukur luas lahan sawah terasering dan survey jalan di Desa Sukamulya Kecamatan Langkaplancar beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Bappeda Kabupaten Pangandaran merencanakan pembangunan ruas jalan penghubung antara destinasi satu dengan destinasi lainnya tahun 2021.

Kepala Bidang Infrastruktur Bappeda Pangandaran, Asep Suhendar, mengatakan, jalan penghubung tersebut seperti halnya di daerah sawah terasering Desa Sukamulya, Kecamatan Langkaplancar dengan Bukit Panejoan Desa Kersaratu Kecamatan Sidamulih.

“Ini juga saya sudah beberapa kali survey, seperti jalan Kersaratu-Selasari untuk penghubung antar destinasi ke depannya,” kata Asep Suhendar, saat diwawancarai Koran HR, Senin (1/2/2021).

Ruas jalan tersebut di RTRW masuk rencana ruas jalan kabupaten karena menghubungkan 2 PPL (Pusat Pelayanan Lokal), yakni PPL Kalijati dan PPL Selasari, yang mana nantinya akan mengubungkan antar kawasan wisata.

Selain itu, jalan tersebut juga akan menghubungkan antar perguruan tinggi, seperti rencana UIN menuju Unpad dan akses menuju pusat pemerintahan. 

Masih menurut Asep Suhendar, untuk ruas jalan Jadimulya-Ciwangkal tahun lalu sudah ada pembangunan tinggal sekitar 2,5 KM lagi. Sementara jalan Sukamulya-Karangkamiri tahun ini belum teranggarkan.

“Belum ada anggarannya, yang ada baru ruas jalan Campaka-Karangkamiri. Rencananya Rp.12 miliar bersumber dari DAK tahun ini,” ujarnya.

Sementara untuk status jalan yang belum masuk kabupaten tahun ini juga rencananya akan ada revisi SK jalannya.

“Masih ada 1,2 km lagi. Kalau jalan Sidamulih-Muaratiga rencananya kita usulkan ke provinsi di anggaran perubahan atau anggaran murni tahun 2022,” pungkas Asep Suhendar. (Mad/Koran HR)