Benjolan di Dalam Hidung Menandakan Adanya Penyakit Tertentu

Benjolan di Dalam Hidung Menandakan Adanya Penyakit Tertentu
Ilustrasi benjolan di dalam hidung. Foto: Ist/Net

Benjolan di dalam hidung bisa terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhinya. Sebaiknya jangan sepelekan masalah tersebut jika anda mengalaminya.

Hidung itu sendiri merupakan organ yang cukup memiliki peranan penting untuk sistem pernafasan. Selain itu, organ tersebut merupakan alat organ penciuman.

Menggunakannya anda bisa menghirup udara dan mencium aroma. Dari aroma harum bahkan yang tidak sedap atau busuk sekalipun.

Karena alasan inilah mengapa hidung menjadi organ yang penting dalam kehidupan. Sebaiknya agar organ tersebut bisa berfungsi dengan baik sebaiknya anda berikan perawatan yang tepat.

Jagalah kesehatan hidung agar bisa berfungsi dengan optimal. Namun, yang namanya penyakit memang tidak bisa terhindari meski anda sudah berhati-hati.

Ada beberapa masalah yang bisa terjadi dalam organ tersebut. Salah satunya yaitu munculnya benjolan di dalam hidung. Jika hidung bermasalah tentu anda akan kesulitan dalam mencium aroma hingga bernafas.

Sebab, organ tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Benjolan yang tumbuh bisa terjadi karena anda kurang merawat atau menjaga kesehatan organ tersebut.

Baca Juga : Penyakit Kulit Melasma yang Perlu Anda Ketahui Penyebabnya

Namun, benjolan tersebut juga bisa berupa indikasi timbulnya penyakit. Mungkin adanya masalah tersebut tersadari jika sudah beberapa waktu.

Munculnya masalah tersebut bisa karena berbagai faktor. Ada yang menandakan penyakit ringan hingga serius.

Agar masalah tersebut tidak berkepanjangan tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan. Anda bisa membawanya ke dokter jika anda perlu melakukannya.

Penyebab Benjolan di Dalam Hidung

Seringkali seseorang merasa sakit pada bagian organ penciuman yaitu hidung. Hidung memiliki peranan yang cukup penting pada sistem pernafasan manusia.

Karena alasan inilah anda perlu menjaganya agar tetap sehat. Sebab, ada beberapa masalah yang bisa terjadi pada hidung bagian dalam.

Masalah tersebut yaitu tumbuhnya benjolan yang tidak disadari namun, terasa sakit. Gejala yang terjadi tersebut bisa menunjukkan adanya penyakit ringan hingga serius.

Secara umum masalah tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor. Misalnya infeksi, kanker, bahkan penyakit-penyakit tertentu.

Benjolan yang terjadi perlu diberikan penanganan sesuai dengan penyebab yang terjadi. Benjolan tersebut dikaitkan dengan beberapa penyakit antara lain:

Baca Juga : Jari Tangan Kaku, Penyakit Radang Sendi dengan Beragam Penyebabnya

Polip

Salah satu pertanda adanya benjolan di dalam hidung yaitu adanya penyakit polip hidung. Penyakit yang satu ini merupakan tumbuhnya jaringan namun, tidak bersifat kanker.

Tumbuhnya berada pada lapisan dalam hidung. Munculnya terjadi karena adanya peradangan pada jaringan mukosa hidung.

Ketika membesar akan mengganggu dan menyumbat saluran pernafasan. Adanya penyakit ini juga ditandai dengan gejala pilek dan hidung tersumbat. Bahkan saat bernafas pun menggunakan mulut.

Selain itu, hidung terasa kotor, kesulitan mencium sesuatu, dan masih banyak yang lainnya. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan konsumsi obat pereda rasa nyeri.

Kanker Nasofaring

Penyakit yang satu ini terjadi pada area nasofaring yang timbul pada area belakang hidung. Area tersebut berada pada belakang langit-langit tenggorokan.

Penyakit ini terjadi akibat mutasi gen yang menyebabkan sel berkembang diluar kendali. Gejala yang terjadi antara lain yaitu sakit tenggorokan dan muncul benjolan di dalam hidung atau leher.

Baca Juga : Mengenal Gejala Kanker Usus yang Jarang Disadari, Deteksi Sejak Dini!

Selain itu, hidung mengeluarkan darah dan masih banyak yang lainnya. Penyakit kanker yang satu ini bisa anda atasi dengan radioterapi dan kemoterapi.

Mengatasinya juga bisa dilakukan dengan operasi untuk pengangkatan sel kanker.

Abses Septum

Gejala lain yang bisa terjadi ketika ada benjolan di dalam hidung yaitu pertanda abses septum. Masalah ini penyakit yang berisi cairan nanah yang terdapat pada daerah antara tulang rawan dan spektum.

Hal ini terjadi karena akibat infeksi bakteri. Kondisi ini bisa juga karena trauma hidung mulai dari kecelakaan atau kebiasaan mengorek hidung dan mencabut bulunya.

Folikulitis Hidung

Folikulitis adalah salah satu jenis peradangan pada folikel rambut yang terjadi di dalam hidung. Peradangan ini pada umumnya terjadi karena infeksi bakteri Staphylococcus.

Namun, juga bisa terpengaruh dengan adanya jamur. Bahkan mengorek dan mencabut bulu hidung pun juga bisa menjadi gejalanya.

Jika anda mengalami hal ini akan muncul gejala benjolan di dalam hidung yang berwarna merah. Rasanya gatal dan perih. Masalah ini bisa segera anda atasi agar tidak memicu timbulnya vestibulitis hidung. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah