Benjolan di Leher Tapi Tidak Sakit, Kenali Faktor Penyebabnya

benjolan di leher tapi tidak sakit
Penyebab benjolan di leher tapi tidak sakit. Foto: Ist/Net

Munculnya benjolan di leher tapi tidak sakit terkadang membuat kita was-was. Selain termasuk gangguan yang jarang terjadi, munculnya benjolan juga memperlihatkan adanya kondisi yang serius. Apa penyebab gangguan ini dan seberapa besar bahayanya?

Dalam leher terdapat banyak sekali jaringan, baik itu otot, saraf, dan kelenjar getah bening. Jika organ tersebut mengalami gangguan, maka akan menyebabkan peradangan dan pembesaran hingga menimbulkan benjolan.

Baca Juga: Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan dan Solusi Cara Mengatasinya

Selama ini banyak orang yang mengetahui benjolan pada leher sebagai gondok atau gondongan. Namun kenyataannya ada sejumlah kondisi yang juga bisa memicu munculnya benjolan tersebut.

Sejumlah kasus terjadinya benjolan pada sekitar leher ini terbilang tidak berbahaya. Benjolan tersebut bisa muncul pada bagian kanan maupun kiri leher. Dalam beberapa hari biasanya benjolan akan pulih dengan sendirinya.

Penyebab Benjolan di Leher Tapi Tidak Sakit

Munculnya benjolan pada leher memang lebih sering mengkhawatirkan. Lantas, apa penyebab benjolan di leher tapi tidak sakit tersebut? Daripada penasaran berikut penjelasannya yang sebaiknya Anda tahu.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Leher menjadi tempat benjolan yang sering muncul. Benjolan yang muncul pun juga bisa beragam. Ada yang sakit dan ada pula yang tidak terasa sakit. Yang awalnya tidak sakit pun perlu kita waspadai jika tidak segera membaik.

Salah satu penyebab benjolan muncul tapi tidak nyeri biasanya karena kelenjar getah bening yang membengkak. Biasanya hal ini terjadi karena kondisi tubuh yang sedang menurun.

Selain itu pembengkakan kelenjar getah bening ini bisa terjadi akibat adanya reaksi terhadap infeksi yang ada dalam tubuh. Respon imunitas tubuh terhadap serangan penyakit inilah yang memicu munculnya benjolan.

Baca Juga: Benjolan di Dalam Hidung Menandakan Adanya Penyakit Tertentu

Tidak hanya itu saja, terkadang infeksi sistemik juga akan menimbulkan benjolan yang tidak sakit jika kita tekan. Benjolan ini akan terasa lunak dan hilang dengan sendirinya setelah infeksi yang Anda alami sembuh.

Mengalami Sindrom Kelelahan Kronis

Sindrom kelelahan kronik juga dapat menyebabkan terjadinya benjolan di leher tapi tidak sakit. Penderita sindrom  ini bisa menjadi sangat lemah dan tidak bertenaga karena gangguan kekebalan tubuh serta kelainan hormonal.

Sindrom kelelahan kronis bisa kita atasi dengan cara beristirahat yang cukup.  Selain itu mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi juga akan segera memulihkan kondisi tersebut.

Munculnya benjolan yang tidak terasa sakit mungkin memang tidak berbahaya. Namun jika kondisi tak segera membaik dalam beberapa hari sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Penanganan sejak awal terhadap setiap gejala berguna mencegahnya menjadi kronis.

Menderita Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang merusak jaringan sel tubuh yang sehat. Padahal tugas utama sistem imunitas tubuh yaitu melawan virus, kuman, dan infeksi.

Namun penyakit ini justru membuat kondisi tubuh menjadi menurun dan kurang baik. Serangan penyakit ini juga akan menggerogoti dan melemahkan jaringan sel tubuh yang sehat.

Baca Juga: Jantung Berdebar Kencang dan Badan Lemas? Ini Yang Harus Anda Tahu!

Ada beberapa jenis penyakit autoimun yang biasanya menyebabkan munculnya benjolan di leher tapi tidak sakit ini. Seperti penyakit graves, lupus, dan rheumatoid arthritis.

Apabila hal tersebut terjadi, maka sebaiknya segera menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tanyakan apakah penyakit tersebut berpotensi membahayakan bagian tubuh lainnya atau tidak.

Benjolan yang Disebabkan Kista

Munculnya benjolan di leher tapi tidak sakit juga bisa muncul akibat kista. Benjolan kecil ini biasanya berisi cairan dan tidak berbahaya. Namun hal ini berbeda jika kista mengalami infeksi.

Untuk itu Anda perlu berhati-hati jika hal tersebut terjadi. Beberapa jenis kista ada yang bisa menimbulkan benjolan, seperti kista celah brankial, jerawat kista, dan juga kista ateroma.

Beberapa jenis benjolan yang ada di bagian leher dan tidak sakit sebenarnya tidak berbahaya. Sebab kondisi ini bisa segera pulih dengan sendirinya secara berangsur-angsur.

Namun jika benjolan tersebut semakin lama kian membesar, maka segera periksakan ke dokter untuk memastikannya. Dengan begitu Anda bisa mengetahui penyebab munculnya benjolan tersebut dan cara penanganannya yang tepat.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab benjolan di leher tapi tidak sakit. Setiap gejala gangguan tubuh yang timbul memang tidak selalu berbahaya. Namun untuk memastikannya sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu