Bisnis Internet Marketing, Cara Penetrasi Pasar yang Efektif

bisnis internet marketing
Strategi bisnis internet marketing. Foto: Ist/Net

Menjalankan bisnis internet marketing membutuhkan perencanaan dan strategi yang tepat. Tanpa riset dan penguasaan ilmu yang memadai, biaya yang kita keluarkan bisa hilang percuma tanpa memberikan hasil yang sepadan.

Melakukan bisnis online tidak selamanya mulus tanpa teknik khusus. Sama seperti bisnis lainnya yang membutuh teknik marketing untuk mencapai target penjualan. Pemasaran dalam menjalankan bisnis online pun tidak bisa sembarangan.

Untuk mencapai target pemasaran yang telah kita tetapkan, perlu ada racikan strategi internet marketing supaya tepat sasaran. Kalau Anda paham dengan beberapa strateginya, pasti ada berbagai cara yang bisa Anda gunakan.

Tidak hanya satu dua cara, tapi ada berbagai langkah yang bisa Anda manfaatkan. Beda media berbeda pula strateginya. Karena itu penting mengenal apa saja media yang bisa kita gunakan untuk menjalankan bisnis internet marketing.

Pilihan Media dan Strategi Bisnis Internet Marketing

Untuk Anda yang menjalankan bisnis online tentunya membutuhkan pemasaran secara online pula. Berbeda dengan teknik pemasaran offline, berikut ini berbagai media dan strategi dalam bisnis internet marketing yang bisa Anda pilih.

SEO atau Search Engine Optimization

Perlu Anda tahu, tujuan melakukan internet marketing adalah untuk memasarkan produk supaya lebih menjangkau orang banyak. Untuk mengenalkan produk tersebut, kita perlu melakukan beberapa cara dan salah satunya adalah teknik SEO.

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Kalau artinya dalam bahasa Indonesia berarti optimasi mesin pencarian. Maksudnya teknik yang kita gunakan untuk mendapat posisi teratas pada mesin pencarian, khususnya Google.

Untuk itu ada beberapa cara yang harus kita lakukan. Menurut para ahli SEO, kita perlu melakukan optimasi. Optimasi sendiri merupakan ilmu yang harus kita pelajari dan kuasai jika ingin berhasil dalam bisnis internet marketing.

Optimasi ini ada dua kelompok yang mesti kita lakukan, yaitu strategi off page dan on page. SEO offpage, secara ringkas, merupakan optimasi dengan membangun backlink. Sedangkan SEO onpage adalah membenahi struktur website agar lebih Google friendly.

Baca Juga: Ingin Mendapatkan Uang dari Internet? Coba Saja Bisnis Affiliate Marketing!

SEM atau Search Engine Marketing

Sama seperti pembahasan pertama, hanya saja pada langkah ini kita lakukan dengan cara beriklan melalui mesin pencarian. Sedangkan untuk cara beriklannya, kita tidak boleh sembarangan dan harus ada dasarnya supaya tidak salah sasaran.

Kita harus mengetahui calon konsumen atau pengguna yang kita targetkan. Untuk mengetahui target pasar bisa dengan mengambil produk yang kita jual. Maksudnya, produk yang kita jual itu sesuai untuk siapa.

Para pelaku bisnis internet marketing umumnya telah memiliki profil konsumen yang menjadi targetnya. Profil ini mereka dapatkan dengan melakukan riset pasar.

Hal ini penting karena nanti pada saat kita melakukan marketing menggunakan SEM, ada beberapa pilihan mengenai target audien. Dengan pemetaan konsumen yang tepat akan meningkatkan efektivitas hasil iklan.

Email Marketing

Sedangkan untuk cara pemasaran selanjutnya, kita bisa memanfaatkan email sebagai media pemasaran. Email marketing berguna untuk mengirim pesan bisnis kepada pelanggan atau target pasar lainnya.

Metode pemasaran bisnis internet marketing ini sudah banyak dilakukan untuk memberitahukan adanya produk terbaru kepada para pelanggan. Selain berfungsi untuk pemasaran, teknik ini pun bisa menjadi perekat hubungan kita dengan para  pelanggan.

Agar hasilnya efektif Anda perlu memiliki daftar email dari para calon konsumen. Dari list email inilah kita bisa mengirimkan pesan, informasi, atau bahkan iklan kepada para pelanggan hanya dengan sekali kirim saja.

Baca Juga: Kursus Bisnis Online Gratis untuk Pemula dan Pentingnya Kuasai Internet

Social Media

Sedangkan untuk metode pemasaran yang tak kalah pentingnya adalah dengan sosial media. Para pelaku bisnis internet marketing jangan sampai melupakan teknik marketing yang satu ini.

Dengan melakukan pemasaran ini ada peluang besar agar produk yang kita pasarkan lebih dikenal banyak orang. Apalagi sekarang media sosial telah menjadi aktivitas yang penting bagi masyarakat.

Media sosial mempunyai jangkauan yang luas. Hal ini karena medsos terdapat dalam smartphone yang menjadi kebutuhan penting masyarakat modern. Dengan memanfaatkan media sosial kita bisa memasarkan berbagai produk dengan sasaran yang lebih jelas dan tertarget.

Itulah berbagai cara menjalankan bisnis internet marketing untuk sukses usaha Anda. Dengan pemasaran yang efektif, biaya yang kita keluarkan tidak akan terbuang percuma. Bahkan produk kita akan lebih terdongkrak penjualannya. (R11/HR Online)

Editor: Jujang