Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruBuat Akun Microsoft dengan Dua Langkah Mudah Beserta Manfaatnya

Buat Akun Microsoft dengan Dua Langkah Mudah Beserta Manfaatnya

Buat akun Microsoft sangat erat hubungannya dengan Windows. Hal ini tentu sama seperti Android yang berhubungan erat dengan akun Google. Jika anda menggunakan Windows, maka mungkin anda sudah cukup familiar dengan akun Microsoft.

Tak hanya untuk login Windows, akun ini juga mempunyai banyak manfaat atau kegunaan lain. Anda bisa mengakses banyak sekali layanan yang Microsoft sediakan dengan gratis. Misalnya terdapat beberapa hal layanan seperti Outlook, Onedrive, Windows Azure, OneNote, dan lain sebagainya.

Karena banyaknya fungsi layanan yang beragam dan tentunya gratis, maka tidak ada salahnya jika anda memiliki akun Microsoft.

Manfaat Buat Akun Microsoft

Karena berbagai hal atau layanan dapat dengan mudah anda peroleh secara gratis, maka Microsoft pun bisa menjadi salah satu solusi tepat.

Baca juga: Surface Laptop Go, Produk Microsoft Terbaru Menggunakan eMMC

Namun, ada baiknya sebelum anda mengetahui bagaimana cara untuk memiliki akun tersebut, maka dengan memahami terlebih dahulu apa saja manfaat yang akan anda peroleh tak kalah penting.

Untuk membuat suatu hal, tentu saja anda akan mencari manfaatnya terlebih dahulu bukan? Hal ini sama dengan akun Microsoft. Membuatnya harus anda ketahui tujuan dan manfaatnya.

Untuk Login ke Windows

Pertama, untuk melakukan login ke Windows. Jika anda mempunyai akun, anda bisa memakainya untuk masuk atau login ke Windows.

Lebih menarik lagi jika secara personalisasi anda bisa lakukan dengan satu komputer, maka akan secara otomatis dapat disinkronisasi ke komputer lainnya dengan akun yang sama.

Misalnya saja, jika anda mengganti nama untuk akun Windows pada komputer satu, maka nama akun anda dalam komputer yang lain akan berubah. Jadi, sangat bermanfaat untuk buat akun Microsoft terlebih dahulu sebelum masuk ke Windows.

Mendapat Email Outlook Gratis

Lalu, yang kedua adalah untuk memperoleh email Outlook yang gratis. Saat anda membuat akun tersebut, anda bisa memilih untuk membuat email outlook secara gratis.

Lalu, anda bisa memakai email Outlook dalam mengirimkan pesan atau melakukan login ke web maupun aplikasi yang lain.

Memperoleh Penyimpanan OneDrive Gratis

Manfaat selanjutnya adalah untuk memperoleh penyimpanan gratis dari layanan OneDrive. Anda bisa memperoleh layanan penyimpanan sebesar 5 GB gratis. Hal tersebut akan anda peroleh jika anda mempunyai akun Microsoft.

Karena, Microsoft telah menyediakan beberapa event serta penawaran yang menarik untuk menambah kapasitasnya tersebut. Misalnya, jika anda melakukan langganan Office 365, maka anda akan mendapatkan kapasitas OneDrive sampai 1 TB yang nyatanya sangat besar. Selain itu, manfaat buat akun selanjutnya adalah dapat akses ke Office Online.

Perlu anda ketahui, jika Office mempunyai versi online yang bisa memperoleh layanan untuk akses dengan gratis. Namun terdapat syarat, yakni anda bisa login terlebih dahulu dengan menggunakan akunnya.

Baca juga: Microsoft Surface Go 2 Hadir Untuk Penggunaan Harian

Walaupun tidak lengkap seperti Office 365 atau Office 2019, akan tetapi Office Online ini dapat anda coba karena tanpa biaya alias gratis.

Cara Pembuatan Akun Microsoft

Terdapat dua cara yang bisa anda lakukan untuk memiliki akun. Pertama, dengan cara membuat akun tersebut menggunakan alamat email yang baru dari Microsoft atau email Outlooks.

Cara buat akun ini bisa anda pakai jika anda belum memiliki email Outlook (yang dahulu bernama Hotmail). Kemudian juga saat anda ingin membuat email Outlook yang baru.

Lalu, yang kedua adalah anda bisa membuat akun tersebut dengan memakai email Gmail atau Ymail yang telah anda miliki.

Pembuatan Akun Microsoft dengan Memakai Email Microsoft (Outlook)

Jika anda belum memiliki email Outlook atau ingin memiliki email tersebut (Hotmail) yang baru, maka anda bisa memakai cara berikut dalam membuat akun.

Dengan begitu, anda bisa memperoleh akun sekaligus email Outlook yang baru. Berikut adalah beberapa langkah cara membuatnya dengan email baru dari Microsoft.

1. Kunjungi Laman Pembuatan Akun

Langkah yang pertama untuk buat akun Microsoft, anda wajib mengunjungi laman untuk pembuatan akun Microsoft (Microsoft Account). Caranya, anda buka browser dan ketikkan pada tab pencarian “Microsoft Account”, lalu klik.

Halaman tersebut terletak pada bagian atas pojok kanan. Selanjutnya, anda dapat menekan tombol Sign in to your account atau yang bergambar siluet orang.

Untuk tips anda yakni jika ingin mendapatkan email dengan nama domain country-spesific (misalnya …@outlook.co.id), maka anda bisa membuka website msn.com.

Lalu, ganti bahasa melalui pengaturan atau gambar gir pada bagian pojok kanan atas. Ganti sesuai dengan domain negara yang akan anda inginkan.

Untuk domain bahasa Indonesia, nantinya anda akan memperoleh …@co.id. Jika sudah memilihnya, maka anda bisa langsung menekan tombol Masuk atau Sign in.

Kemudian satu hal lagi yang bisa menjadi catatan, jika anda ingin memakai cara tersebut, terdapat sedikit perbedaan langkah untuk buat akun Microsoft selanjutnya. Akan tetapi, jangan khawatir. Secara garis besar akan mempunyai step-step yang hampir sama.

2. Mulai Membuat Akun

Saat anda selesai pada langkah pertama, maka selanjutnya adalah langkah membuat akun. Caranya, anda pilih Create One! pada tampilan yang akan anda terima. Lalu anda bisa menekan Next untuk melanjutkan langkah pembuatan akun tersebut.

3. Langkah Membuat Email Microsoft Baru

Selanjutnya, anda akan diberikan tampilan halaman baru yang meminta konfirmasi anda untuk membuat email Outlook atau email Microsoft yang baru. Pilih Get a new email addres dan klik Next.

4. Buat Nama Akun

Selanjutnya, anda bisa mengisikan nama email yang akan anda pakai. Selanjutnya, pilih salah satu nama domain yang akan anda inginkan dengan menekan klik tanda panah ke bawah pada bagian samping nama akun.

Nantinya anda akan diberikan dua pilihan nama domain untuk buat akun Microsoft, yaitu @outook.com dan @hotmail.com. Setelah memilih salah satu, maka anda dapat menuju langkah selanjutnya dengan menekan tombol Next.

5. Isi Password

Pada halaman ini, anda akan diminta untuk mengisikan password. Isikan dengan password yang anda inginkan untuk akun baru tersebut.

Lalu, akan terdapat dua pilihan tambahan yang bisa anda pipih, yaitu Show password (pilih centang untuk menampilkan password anda) dan opsi I would like information, tips, and offers about Microsoft product and service.

Baca juga: Microsoft Surface Pro X, Produk Terbaru Untuk Generasi Kedua

Pilih opsi kedua jika anda ingin menerima promosi yang berasal dari Microsoft pada email anda. Kemudian, pilih Next untuk melanjutkan langkah.

6. Proses Pengecekan Robot oleh Microsoft

Langkah setelah anda menentukan password, maka Microsoft akan melakukan pengecekan robot untuk anda. Lalu ada 2 kemungkinan dalam jenis pengecekan yang dilakukan, yakni puzzle atau captcha. Jika anda ingin melihat gambar yang tersedia, maka anda bisa memilih jenis puzzle.

Lalu, klik Next untuk melanjutkan prosesnya. Namun, jika anda ingin memperoleh jenis captcha, maka anda bisa langsung melompat ke langkah selanjutnya. Untuk memecahkan puzzle, anda bisa memutar gambar agar dalam posisi tegak.

Anda bisa memutar gambar dengan klik tombol sebelah kiri dan juga sebelah kanan. Lalu, klik Done jika telah selesai melakukannya. Perihal opsi captcha, maka anda bisa menuliskan huruf-huruf yang telah tertera dalam halaman untuk langkah buat akun Microsoft.

Klik New dalam mengganti captcha untuk gambar yang lain. Jika anda masih merasa kesulitan dengan captcha yang berupa gambar, maka anda bisa memilih captcha yang berupa audio atau suara dengan klik opsi Audio. Setelah selesai mengisi captcha dengan tepat, maka anda bisa klik tombol Next.

7. Langkah Terakhir

Untuk halaman selanjutnya setelah mengisi captcha, maka anda akan menemukan halaman pilihan untuk tetap sign in atau tidak. Jika anda pilih Yes, maka anda tidak perlu untuk mengisikan email serta password yang akan diperlukan dalam login ke Microsoft saat anda menutup atau merestart komputer anda. Langkah pun selesai. Hal ini berarti akun anda telah berhasil.

Tips Membuat Akun dengan Email Gmail atau Ymail

Apabila anda pernah membuat Gmail atau Ymail, maka anda dapat memakai email tersebut untuk buat akun Microsoft. Ini bisa anda lakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Klik Tombol Sign In

Anda bisa menekan tombol Sign in to your account yang sama dengan langkah pada pembuatan akun melalui Outlook. Lalu, pilih Create One! untuk membuat akun yang baru.

2. Mengisi Email

Langkah ini adalah dengan mengisi email yang anda miliki. Bisa dengan Gmail, Ymail, atau email yang lainnya. Lalu klik Next untuk melanjutkan.

3. Mengisi Password

Langkah ini hampir sama dengan pembuatan melalui Outlook. Namun yang perlu anda ingat adalah pengisian password ini bukan password email anda.

Jadi, ada baiknya anda membuat password yang berbeda. Setelah itu, anda bisa melanjutkan langkah berikutnya dengan menekan tombol Next.

4. Proses Verifikasi Email

Setelah itu, anda akan menerima kode konfirmasi ke email anda. Dari email tersebut, akan anda peroleh empat digit kode yang Microsoft kirim. Kemudian, salin dan tempel empat digit kode tersebut pada halaman untuk membuat akun yang baru.

Jika anda telah bersedia menerima promosi, maka centang pilihan I Would like information, tips, and offers about Microsoft product and services. Lalu, klik Next untuk melanjutkan proses buat akun Microsoft.

5. Proses Pengecekan Robot

Langkah ini pun sama dengan langkah yang anda lakukan jika menggunakan opsi via email Outlook. Akan ada dua jenis pengecekan yang bisa anda pilih, yakni puzzle dan captcha.

Jika anda memilih opsi puzzle, maka anda akan menerima sebuah gambar. Lalu dapat memutarnya dengan gambar panah kiri dan kanan gambar.

Baca juga: Aplikasi Xbox Streaming untuk iOS Ciptaan dari Microsoft

Apabila anda memilih captcha, maka anda akan diberikan pilihan untuk menulis atau menebak huruf ataupun angka yang tersedia. Setelah anda memilih dan melakukan apa yang diperintahkan, maka anda bisa menekan tombol Done atau Next.

6. Langkah Terakhir

Selanjutnya, anda akan menerima sebuah halaman yang memberikan anda pilihan untuk sign in atau tidak. Jika anda berhasil ke langkah ini, berarti anda telah selesai dalam pembuatan akun.

Setelah itu, anda bisa melihat hasil akun yang baru anda pada halaman profilnya. Cermati dengan baik, apakah sudah ada akun anda.

Semoga dengan dua cara buat akun Microsoft, baik dengan email baru atau dengan email yang telah ada, bisa membantu anda untuk memudahkan langkah yang akan anda pilih. Selamat mencoba! (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img