Bupati dan Wabup Ciamis Divaksin Tapi Tetap Positif Covid-19, Kenapa?

Bupati Ciamis Divaksin Positif Covid-19
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat disuntik vaksin dan saat mengumumkan dirinya positif Covid-19. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebelum terkonfirmasi positif Covid-19, Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Herdiat-Yana D Putra sudah mendapatkan suntikan vaksin Sinovac.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mendapatkan suntikan vaksin satu kali pada 16 Februari 2021. Sementara Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra sudah dua kali disuntik vaksin Covid-19, yakni pada 1 Februari dan 16 Februari 2021.

Begitu juga dengan istri Bupati Ciamis, Kania Herdiat juga sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dua kali. Namun seperti halnya sang suami, istri Bupati Ciamis ini juga masih terpapar Covid-19 dan terkonfirmasi positif berdasarkan hasil tes PCR.

Baca Juga: Bupati dan Wakil Bupati Ciamis Terkonfirmasi Positif Covid-19

Mengetahui fakta tersebut, banyak yang mempertanyakan efektivitas vaksin Covid-19 keluaran Sinovac. Kenapa sudah divaksin tapi masih bisa terpapar Covid-19? Apakah suntikan vaksin malah menularkan Covid-19?

Penjelasan Bupati Ciamis Positif Covid-19 Meskipun Sudah Divaksin

Kabid P2P Dinkes Ciamis, dr H Bayu Yudiawan menjawab pertanyaan tersebut. Bayu menegaskan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis bukan tertular Covid-19 dari vaksin. Namun tertular dari lingkungan sekitar.

“Antibodi atau kekebalan spesifik setelah disuntik vaksin masih membutuhkan waktu optimal setidaknya hampir 1 bulan. Setelah itu masih perlu penguatan (booster) melalui suntikan kedua. Suntikan kedua supaya antibodi lebih optimal. Waktu terbentuknya antibodi yang bisa melawan Covid-19 variatif, rata-rata 1 bulan,” jelas Bayu, Sabtu (27/2/2021).

Seperti diketahui Bupati Ciamis baru sekali mendapatkan vaksin, sementara Wakil Bupati Ciamis meskipun sudah mendapatkan dua kali vaksin namun belum sampai satu bulan sejak vaksin terakhir disuntikkan.

“Pak Bupati terpapar menjadi konfirmasi positif dimungkinkan karena tuntutan kinerja beliau yang padat dan membutuhkan interaksi dengan banyak orang, mobilitasnya juga tinggi. Sementara itu, beliau baru 4 hari vaksin pertama. Kemungkinan antibodi belum terbentuk,” terang Bayu.

Baca Juga: Bupati Ciamis Baru Bisa Ikut Suntik Vaksin Corona, Ini Alasannya

Sementara itu sebelumnya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Yana D Putra mengumumkan hasil tes PCR yang menunjukkan keduanya positif Covid-19.

Melalui unggahan di akun YouTube Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis, Sabtu (27/2/2021), Herdiat dan Yana meminta doa dari seluruh masyarakat Tatar Galuh Ciamis agar segera sembuh.

Keduanya juga mengaku tidak merasakan gejala apapun. Begitu juga dengan keluarga Bupati Ciamis yang terkonfirmasi positif Covid-19 tidak merasakan gejala apapun.

Karena itu, Herdiat meminta masyarakat tidak perlu panik, namun tetap melaksanakan protokol kesehatan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas).

Herdiat juga menyampaikan sudah menjadi bagian tugasnya harus banyak berinteraksi dengan orang lain. Hal itu bagian dari risiko dari tugasnya sebagai kepala daerah.

“Namun begitu saya kuat dan baik-baik saja. Doakan saja untuk kesembuhan saya beserta keluarga. Mohon doa kepada warga Tatar Galuh Kabupaten Ciamis, saya, pak Wakil Bupati dan keluarga terpapar Covid-19,” katanya. (Ndu/R7/HR-Online)

Editor: Ndu