Canon EOS C70, Kamera Sinema Mount RF Berbodi Slim

Canon EOS C70
Kamera Canon EOS C70. Foto: Istimewa

Canon EOS C70 merupakan kamera sinema yang hadir pada awal bulan ini dengan kemampuan yang kekinian. EOS C70 sendiri merupakan kamera sinema mout RF pertama milik Canon.

Kemampuannya dalam merekam video sangat cocok untuk para videografer, konten kreator dan para vlogger.

Terdapat lensa dengan sensor yang handal dan telah terintegrasi dengan berbagai fitur, sehingga membuat kamera ini bisa kamu Andalkan dalam urusan video.

Selain itu, sesuatu yang menarik lagi adalah bodinya yang ringkas sehingga memudahkan kita saat akan melakukan rekaman.

Hal ini Canon sampaikan melalui Director of Canon Bussines Unit pt. Datascrip, Monica Arya Setiawan yang menjelaskan produk terbarunya.

Ia mengatakan, EOS C70 hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang fokus dalam urusan video, mulai dari desain hingga kemampuan perangkatnya.

“Desain bodi kamera ini didesain dengan ringkas dan ringan. Kemudian integrasi teknologinya merupakan yang terbaru untuk kebutuhan para pengguna,” katanya.

Melalui inovasi yang ada di dalamnya, membuat kamera ini memiliki kemampuan rekam video yang kekinian.

Baca juga: Canon EOS M50 Mark II, Mirrorles Jagonya Foto dan Video

Fitur Unggulan dari Kamera Canon EOS C70

Jika kamu tertarik melihat apa saja fitur-fitur unggulan yang ada pada EOS C70 ini, berikut telah kami rangkum beberapa di antaranya.

Integrasi Teknologi Terbaru

Canon mengintegrasikan teknologi sensor DGO atau Dual Gain Output dengan Filter ND dan Input Audio XLR Mini beserta Time Code di dalam kamera ini.

Karena adanya teknologi tersebut, membuat EOS C70 mampu merekam menggunakan mode Slow Motion seperti banyak orang sukai saat ini.

Selain itu, Frame rate yang tinggi yaitu 4K/120p juga merupakan salah satu keunggulannya dalam menghasilkan video berkualitas tinggi.

Hal menarik lainnya adalah pelacakan fokus yang semakin akurat dengan adanya teknologi Dual Pixel CMOS AF, Intelligence Tracing dan Recognition System yang terintegrasi.

Bahkan, pelacakan tetap akurat meskipun subjek ataupun objek bergerak menjauh tetap mampu mempertahankan fokus.

Sensor 4K 35mm CMOS DGO

Berbekal sensor 4K Super 35mm CMOS DGO dengan 16 plus stop dynamic range yang membuat Canon EOS C70 mampu menghasilkan video 4K.

Kemudian, warna dari hasil rekaman juga bisa lebih kaya, karena lensa tersebut memiliki kemampuan perekaman ruang warna dengan rasio 4:2:2 (10-bit).

Sehingga, gradasi warnanya pun lebih kaya meskipun dalam lingkungan yang memiliki kontras tinggi sehingga membutuhkan gambar dengan kualitas High Dynamic Range (HDR).

Processor Gambar DGIC DV7

Lensa dengan sensor yang baik tentu harus didukung dengan processor gambar yang baik juga, untuk itu kamera ini menggunakan Processor gambar DGIC DV7.

Processor jenis ini mampu melakukan prosesing gambar dalam perekaman dengan kecepatan tinggi meskipun dengan format 4K/120p, XF-AVC dan MP4.

Selain itu, dengan DGIC DV7 pengguna dapat melakukan rekaman dengan kecepatan frame yang juga unggul meskipun menggunakan kartu SD standarUHS-II.

Algoritma sebagai program dari sistem di dalamnya pun menggunakan algoritma AF terbaru, yaitu EOS iTR AF X yang meningkatkan akurasi serta pelacakan seperti Head Detection.

Baca juga: Keunggulan Printer Pixma G Series Terbaru dari Canon

Dual Slot Memory

Keunggulan kamera Canon EOS C70 selanjutnya adalah fitur dual slot memory, dengan ini pengguna bisa menggunakan 2 kartu SD sekaligus.

Dengan fitur ini beserta processor DGIC DV7 sehingga dapat mendukung berbagai mode perekaman dengan berbagai kualitas.

Diantaranya adalah mode simultan, rekaman relai, Slow Motion, full HD hingga mode perekaman 4K/2K.

Dudukan Lensa EF-EOS R 0.71x

Dudukan lensa atau Mount adapter adalah dudukan lensa jenis RF yang untuk versi terbaru ini sudah tersedia.

Ini adalah system kamera sinema EOS pertama yang memiliki Mount adapter lensa RF, dengan ini pengguna dapat menggunakan Lensa RF dari system EOS R Canon.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan lensa EF dengan bantuan Mount Adapter tambahan EF-EOS R 0.7x yang mana penjualannya secara terpisah.

Pemasangan juga aman karena adanya Lock Plate, sehingga adaptor secara mekanis akan lebih aman saat merekam.

Oleh karena itu, pengguna akan lebih leluasa dalam berkreasi membuat berbagai video dengan pilihan lensa seri EF.

Baca juga: Aplikasi Kamera Canon Terbaik Fitur Lengkap, Simak Daftar Pilihannya!

Body Slim dan Ringan

Seperti kami sebutkan pada bagian awal, desain dari Canon EOS C70 sangat ringkas dan ringan sehingga lebih fleksibel untuk Anda bawa.

Hal ini juga yang membuat kamera terbaru ini mendukung para vlogger berkreasi dengan membuat video-video menarik berkualitas tinggi.

Sementara itu, untuk harganya sendiri terbilang cocok untuk berinvestasi dengan kualitas yang tentunya sebanding.

Canon EOS C700 Body Only dibandrol dengan harga Rp 98.000.000 sementara untuk Mount Adapter EF-EOS R 0.71x memiliki harga Rp 11.000.000. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid