Cara Beli Game di Steam dengan Mudah Lewat Marketplace

Cara Beli Game di Steam dengan Mudah Lewat Marketplace (firstsportz.com)
Cara Beli Game di Steam. Foto. Ist/Net

Cara beli game di Steam platform game online. Hobi yang sedang digemari anak muda zaman sekarang adalah bermain game. Teknologi zaman sekarang semakin canggih, dimana game saat ini sudah memiliki grafis yang menyerupai dunia nyata.

Terutama untuk anda yang bermain game di PC high-end. Pasti akan lebih sering merasakan hal semacam ini. Untuk dapat bermain game, tentunya anda harus membeli terlebih dahulu.

Steam merupakan platform yang menyediakan berbagai koleksi game secara masif. Mulai dari game terbaru hingga game klasik, secara online maupun offline dari segala genre. 

Pada saat momen-momen besar seperti musim dingin atau musim panas, Steam pasti mengadakan diskon besar-besaran. Jika anda beruntung, anda bisa membeli game yang berkualitas triple A dengan diskon sampai 75%.

Baca Juga: Game A Witch’s Tale Lokal Indonesia Sudah Resmi Rilis

Bahkan terkadang Steam memberikan gratis game yang berkualitas keluaran seri lama untuk bisa anda nikmati. Namun sayangnya, proses transaksi game Steam di Indonesia masih terbilang rumit.

Karena metode pembayaran yang tersedia belum sesuai dengan budaya kita. Dimana kebanyakan orang tidak memiliki kartu kredit, apalagi untuk usia muda. 

Simak Cara Beli Game di Steam dengan Mudah 

Bagaimanakah cara agar bisa melakukan transaksi game di Steam? Berikut langkah-langkah transaksi game di Steam yang simpel agar bisa memainkan game favorit anda. Nantinya anda akan diberikan beberapa pilihan metode pembelian game.

Buat Akun

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat akun di Steam. Pertama, anda bisa mengunjungi situs store.steampowered.com. Kemudian klik pilihan Create, pilih tombol Join Steam.

Anda akan diminta mengisi email dan negara domisili. Untuk anda yang sudah mempunyai akun, anda bisa skip cara ini. Selanjutnya tanda ceklis pada box Captcha dan baca ketentuan dari Steam. Jika anda menyatakan setuju, pastikan umur anda di atas 13 tahun.

Klik tombol Continue dan Steam akan mengirimkan email yang berisi link verifikasi ke inbox anda. Buka email kemudian klik link pada tautan email. 

Jika sudah, lalu lanjutkan proses registrasi. Anda harus memasukkan username dan password. Kemudian klik tombol Complete Sign Up dan sekarang anda sudah mempunyai akun untuk beli game di Steam.

Install Steam 

Langkah berikutnya adalah anda harus mendownload dan menginstal Steam di PC anda. Kemudian pada laman utama Steam klik tombol Install Steam untuk menuju pada laman download.

Baca Juga: Game Pipe Mania Hadirkan Teka-Teki Menantang yang Bikin Penat Hilang

Klik kembali tombol Install Steam dan pilih direktori penyimpanan. Download pun akan berjalan. Setelah itu, anda harus membuka file setu dan ikuti instruksi yang ada hingga selesai.

Setelah anda terkoneksi dengan akun Steam anda, sekarang waktunya menjelajahi koleksi game yang tersedia di Steam. Anda bisa memilih game berdasarkan genre menggunakan menu navigasi yang ada. Anda juga bisa memfilter untuk mencari game yang spesifik dengan menggunakan tag.

Jika anda sudah menentukan pilihan game yang akan anda beli. Cara beli game di Steam selanjutnya klik tombol ADD to Cart, Continue Shopping jika masih ada game yang akan anda beli.

Top-Up Steam Wallet

Ketika anda sudah selesai memilih game yang akan anda beli, selanjutnya anda check out. Tapi pastikan anda sudah mengetahui total harga game yang harus anda bayar.

Untuk metode pembayaran, Steam hanya menggunakan Visa, Mastercard, dan eClub point. Akan tetapi, ada satu metode pembayaran yang simpel, yaitu melalui Steam Wallet.

Metode pembayaran ini banyak dipilih karena cara pembayaran yang mudah. Anda bisa membayar lewat minimarket dan juga berbagai marketplace.

Salah satu marketplace yang menyediakan sistem pembayaran ini adalah Shopee. Anda tinggal membuka Shopee dan masuk ke akun anda. Kemudian klik menu Pulsa, Tagihan dan Tiket.

Cara beli game di Steam selanjutnya adalah pilih menu Steam Wallet IDR. Pilih nominal saldo sesuai dengan total belanjaan anda. Klik Beli Sekarang untuk melanjutkan pembayaran.

Anda bisa memilih metode pembayaran seperti bank transfer, ShopeePay, atau pembayaran di minimarket. Sesudah berhasil melakukan pembayaran, anda akan menerima pin voucher.

Baca Juga: Game Kimetsu No Yaiba Raih Ragam Prestasi Patut Diapresiasi

Buka kembali aplikasi Steam dan klik menu Games, Redeem a Steam Wallet Code. Masukan pin kode voucher pada kolom yang sudah tersedia dan klik tombol Continue. Jika berhasil, anda akan menerima pesan yang menunjukan Steam Wallet anda telah terisi. 

Lanjut Checkout

Setelah memiliki saldo yang cukup, anda bisa scroll ke menu paling atas sampai menemukan menu Cart. Kemudian pilih Purchase for myself dan cek metode pembayaran. Jika saldo anda mencukupi, opsi Steam Wallet akan terpilih secara otomatis.

Berikan tanda centang pada box persetujuan, kemudian klik Purchase. Anda sudah berhasil membeli game di Steam. Cukup mudah bukan cara beli game di steam? (R10/HR-Online)

Editor: Dadang