Cara Berjualan Online Tanpa Modal Bagi Pemula Agar Laris

cara berjualan online
Begini cara berjualan online yang menghasilkan. Foto: Ist/Net

Ingin tahu cara berjualan online tanpa modal bagi pemula agar laris? Pandemi Corona yang tak jelas kapan berakhir telah melumpuhkan berbagai aktivitas bisnis. Berjualan online bisa menjadi solusi praktis karena tidak membutuhkan modal.

Menyikapi kehidupan yang semakin sulit, sudah selayaknya inovasi praktis perlu guna menciptakan usaha yang menghasilkan. Langkah ini juga berguna untuk membuat perbedaan khususnya dalam menghadapi persaingan.

Salah satu contoh nyata adalah kemudahan dalam berbelanja online yang semakin marak saat ini. Membandingkan dengan berbagai jenis usaha yang ada, tren belanja secara online bisa menjadi sarana berjualan yang sangat efektif.

Berbelanja maupun cara berjualan online identik dengan transaksi yang kita lakukan secara daring. Tanpa melihat langsung produk yang akan dibeli, konsumen segera mentransfer uang kepada penjual yang menawarkan barang melalui internet.

Dengan kemudahan, caranya yang praktis, dan banyak varian pilihan produk, membuat banyak orang menyukai hadirnya sistem berbelanja online. Bahkan nilai transaksi online shopping selama masa pandemi Covid-19 melonjak tinggi.

Dengan tren dan perkembangan cara orang berbelanja ini memberikan peluang bagi banyak orang yang tertarik untuk memanfaatkan dan mencoba peruntungan dalam usaha online ini.

Baca Juga: Cara Promosi Jualan Online yang Efektif Tanpa Perlu Biaya Besar

Cara Berjualan Online Tanpa Modal Bagi Pemula Agar Laris

Lantas bagaimana cara berjualan online tanpa modal bagi pemula agar jualannya laris manis? Dengan adanya perkembangan ini terbuka banyak bisnis baru yang bisa kita lakukan secara online.

Sama halnya dengan pilihan belanja online, ada banyak pilihan bagi yang berminat untuk menjual apa saja secara online. Anda yang masih pemula dan tidak memiliki modal bisa mencoba memanfaatkan tren ini untuk sekedar menambah penghasilan bagi keluarga.

Berjualan Secara Dropshipping

Masih berhubungan dengan tren belanja online, menjadi seorang dropshipper merupakan pilihan yang mudah untuk banyak orang. Keberadaannya sangat terkenal semenjak perkembangan belanja online kian membludak.

Sistem dalam dropshipping ialah berbisnis tanpa modal. Cara berjualan online yang kita lakukan tanpa harus mempunyai produk sendiri. Peran seorang dropshipper ialah menjual produk orang lain dengan harga yang sudah kita tentukan sendiri.

Jadi kita mengambil produk dari orang lain dengan harga yang sudah mereka tentukan. Kemudian kita menjualnya kembali dengan harga yang kita tentukan sendiri dengan cara menaikkan harganya sedikit lebih tinggi.

Dengan begitu keuntungan kita adalah selisih barang yang kita jual dengan harga dari produsen atau suplier. Nah, hadir dengan sistem ini tentunya kita tidak perlu memikirkan modal untuk memulai usaha.

Kalau Anda tertarik dengan bentuk bisnis online ini, maka buruan coba dan menikmati hasilnya.

Berjualan dengan Toko Online

Jika kurang sreg dengan cara berjualan online sebagai penjual fiktif dan ingin langsung terjun sebagai supplier yang mempunyai stok sendiri juga bisa. Anda bebas mau melakoni bisnis online seperti apa sesuai kemampuan dan kondisi Anda.

Hanya saja varian yang Anda jual harus banyak. Sehingga Anda mempunyai beragam pilihan produk yang bisa Anda tentukan sendiri. Jika pilihannya sebagai supplier, maka cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat toko online.

Toko online merupakan sistem penjualan yang Anda lakukan secara online. Seluruh proses penjualan dari pemasaran, stok produk, hingga negosiasi bis Anda lakukan dalam bentuk online.

Kalau ada transaksi masuk, maka barang akan dikirim melalui jasa ekspedisi dan uang dikirim dalam bentuk transfer. Mengenai media yang bisa digunakan, anda dapat mencoba berbagai platform marketplace, website, dan media sosial.

Baca Juga: Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha

Berjualan Secara Trading

Siapa bilang kalau berbisnis dengan cara berjualan online hanya bisa kita lakukan dengan barang atau produk nyata. Nyatanya, trading sampai sekarang juga menjadi salah satu pilihan bisnis online terbaik dengan keuntungan yang besar.

Bagi yang belum mengetahui apa itu tranding, ini adalah bentuk jual beli saham yang kita lakukan secara online. Sistem bisnis ini tidak perlu ada dua pihak seperti penjual dan pembeli.

Pada bisnis ini kita akan berperan menjadi keduanya. Caranya adalah dengan membeli saham dan menjualnya kembali dengan persentase keuntungan yang bisa kita dapatkan dari jual beli saham tersebut.

Jadi kalau kita memilih cara berjualan online dengan bermain trading, kita akan melakukan jual beli saham dengan harapan memperoleh keuntungan. Untuk berapa besar keuntungan yang kita dapatkan merupakan hal yang tidak menentu.

Pada bisnis ini naik turunnya harga saham menjadi faktor utama kita mendapat keuntungan. Sederhananya, jika harga saham turun kita akan membeli saham tersebut. Jika saham naik kita akan menjual saham tersebut supaya mendapatkan keuntungan.

Nah, dengan begitu pasti ada selisih uang yang akan kita dapatkan. Jadi selisih itu adalah keuntungan dan akan terus bertambah jika Anda pandai melakukan trading ini.

Itulah beberapa cara berjualan online bagi pemula yang bisa Anda pilih. Jika Anda tidak memiliki modal cukup, Anda bisa sesuaikan usaha yang ingin Anda jalankan. Dengan berjualan secara online akan memberikan penghasilan tambahan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang