Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita BisnisCara Beternak Murai Batu, Usaha Budidaya Burung yang Menjanjikan

Cara Beternak Murai Batu, Usaha Budidaya Burung yang Menjanjikan

Cara beternak murai batu bisa menjadi usaha yang menguntungkan. Selain permintaan pasar yang terus meningkat, harga jual burung jenis ini lumayan mahal. Karena itulah beternak murai batu bisa menjadi usaha yang potensial.

Bagi banyak orang yang hobi mengoleksi jenis burung, maka ada satu pilihan jenis burung yang suaranya nyaring, yaitu murai batu. Burung jenis ini memang sedang populer dan sangat disukai para penghobi burung.

Burung Murai Batu terkenal dalam bahasa Inggris sebagai White-rumped Shama. Jenis burung ini cukup terkenal di Malaysia dan menjadi peliharaan banyak penghobi.

Jenis burung murai batu banyak kita temukan di hutan lebat seperti di Sumatera. Dengan adanya habitat aslinya ini, banyak permintaan burung murai dengan kategori murai batu dari hutan atau ternak.

Namun karena sulitnya mendapatkan langsung dari hutan yang lebat banyak orang mendapatkannya dengan cara beternak murai batu ini. Namun memelihara jenis Murai Batu tidak mudah dan tidak bisa sembarangan.

Hal itu dapat terlihat dari permintaan burung murai batu yang terus meningkat semakin banyak. Apalagi harga jualnya juga tidak murah. Karena itulah berternak burung jenis ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Baca Juga: Cara Beternak Ayam Petelur untuk Pemula yang Bermodal Kecil

Tahapan Cara Beternak Murai Batu

Usaha budidaya burung jenis ini memang potensial. Selain sulitnya untuk mendapatkan dari habitat aslinya, pemeliharaannya juga tidak gampang. Risiko kegagalan dalam usaha ternak ini terbilang tinggi. Mungkin karena itu harga jualnya cukup mahal.

Dari balik kesulitan tentunya tersimpan potensi bisnis yang menguntungkan.  Jika Anda penasaran seperti apa cara beternak murai batu yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Lokasi Ternak Burung Murai Batu

Menurut salah satu peternak murai batu, pemilihan lokasi sangat penting dan menjadi titik krusial dari kesuksesan usaha yang kita lakukan. Saat tertarik menjalankan usaha menjadi peternak murai batu, sebaiknya perhatikan lokasi ternak yang akan Anda buat.

Menyangkut lokasi ini sebaiknya pastikan tempatnya yang tenang dan nyaman. Pilih tempat yang jauh dari kebisingan aktivitas produksi maupun kendaraan. Hindari juga tempat yang berpotensi ada pemangsanya seperti ular.

Selain itu, pastikan kalau lokasi ternak yang Anda buat itu mudah mengawasinya, aman, dan jangan terlalu tertutup. Hal itu mengingat harga dari burung ini yang cukup mahal sehingga rawan terjadi pencurian dan perlu ada pengawasan lokasi ternak.

Ciri Burung Murai Batu Berkualitas

Tahapan cara beternak murai batu yang penting selanjutnya adalah memastikan burung yang Anda pelihara mempunyai kualitas yang bagus. Maka penting mengetahui ciri-ciri burung murai tersebut baik jenis jantan maupun betina.

Untuk jenis burung murai jantan unggulan, cirinya adalah jinak dan tidak takut dengan manusia. Selain itu juga terlihat sehat, nafsu makan tinggi, aktif dan gesit, mempunyai bulu yang cerah dan ekor panjang.

Sedangkan untuk ciri murai batu betina yang bagus, perhatikan bagian tubuh mereka yang tidak terlalu gemuk atau kurus.

Untuk ciri lain hampir sama dengan bentuk murai jantan, yaitu harus terlihat lincah, sehat, jinak, bulu tidak kusam, dan mempunyai nafsu makan yang tinggi.

Baca Juga: Cara Ternak Maggot Bagi Pemula, Usaha Pakan Ternak yang Potensial

Perawatan Burung Murai Batu

Mengenai perawatan yang penting dalam cara beternak murai batu secara umum yang penting harus menjaga kebersihan kandang. Menjaga kesehatan burung dan pakan juga penting.

Tapi kalau secara spesifik, burung murai membutuhkan sinar matahari, makanan dan minuman alami. Beternak burung jenis ini tidak rekomendasi untuk Anda berikan pakan buatan dari pabrik.

Sebaliknya, akan sangat baik kalau pakan yang kita berikan itu alami. Beberapa contohnya seperti serangga, jangkrik, cacing, kroto, serta ulat Hongkong. Anda mungkin perlu membeli dari peternak lain atau bisa mencari sendiri.

Kalau ingin yang praktis, Anda bisa memberikan pakan voer tapi perhatikan nutrisi dan gizi yang terkandung. Pastikan bahwa pakan tersebut mempunyai nilai kandungan seperti karbohidrat, vitamin, protein, serta mineral yang mencukupi.

Itulah beberapa tahapan penting cara beternak murai batu yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda masih pemula dalam usaha ternak ini lebih baik ikut dalam perkumpulan atau komunitas untuk menimba ilmu dan pengalaman. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -