Cara Jual Beli Online yang Menguntungkan dan Cocok Saat Pandemi

cara jual beli online
Sistem cara jual beli online saat pandemi. Foto: Ist/Net

Saat ini cara jual beli online menjadi media transaksi yang sangat ideal. Terlebih saat pandemi sekarang ini yang membatasi pertemuan langsung. Tanpa perlu keluar rumah kita masih bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang tidak sedikit.

Tren belanja daring yang terus meningkat akhir-akhir ini memberikan peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Kegiatan pembelian barang atau jasa dengan memanfaatkan internet terbilang praktis dan begitu menyenangkan.

Seperti halnya berbelanja secara offline, konsumen bebas melihat dan membandingkan barang yang ingin mereka beli. Bahkan banyaknya online shop maupun lapak marketplace semakin memudahkan konsumen mendapatkan harga terbaik.

Jual beli online sebenarnya sudah marak terjadi pada beberapa tahun sebelumnya. Pada saat itu salah satu platform yang umum dan populer adalah melalui grup jual beli Facebook.

Melalui layanan Facebook ini kita bisa mencari dan menjual produk yang tidak terpakai secara bebas. Sedangkan untuk negosiasi, marketing, dan pembayarannya menggunakan fasilitas chat dengan sesama anggota grup dan pembayarannya lewat sistem COD.

Namun model transaksi lama itu sekarang sudah berbeda dan lebih berkembang. Selain barang bekas, cara jual beli online sekarang ini juga bisa dengan barang yang baru. Sehingga banyak produsen yang juga membuka lapak online.

Baca Juga: Jualan Online Paling Laris dan Banyak Dicari

Cara Jual Beli Online dengan Modal Kecil

Saat ini telah berkembang bisnis online dengan berbagai sistem, seperti reseller, dropship, olshop dan lainnya. Mereka bisa membeli produk dari toko lain, lalu menjualnya kembali melalui lapak atau toko mereka sendiri.

Sistem penjualan online semacam ini saat marak dan menjadi pilihan banyak penjual lainnya. Untuk Anda yang ingin mencari penghasilan melalui internet juga bisa menerapkan cara jual beli online berikut ini.

Mencari Produk Jualan

Jika Anda tertarik untuk mencoba menjadi reseller, Anda bisa membeli dan menjual produk kembali. Untuk itu langkah pertama yang harus Anda ketahui adalah mencari produk jualan.

Untuk mencari produk ini Anda tidak boleh sembarangan karena ada beberapa poin yang perlu kita tahu. Poin pertama yang penting apakah produk itu banyak orang yang menarinya.

Poin kedua yang tak kalah pentingnya adalah keunggulan apa yang bisa kita tawarkan. Terlebih dengan banyaknya pedagang yang juga ikut menjual barang secara online tentunya persaingan sudah tidak mudah lagi.

Sedangkan poin terakhir cara jual beli online yang juga penting adalah menentukan harga dari produk tersebut. Semua perlu kita pertimbangkan supaya usaha yang kita rintis tidak sia-sia dan malah menjadi merugikan.

Riset Produk Penjualan

Setelah mencari produk yang akan kita jual kembali, kini Anda juga perlu melakukan riset mengenai produk tersebut. Riset perlu Anda lakukan supaya kita bisa mengetahui karakter dari calon pembeli.

Dengan mengenal karakter pembeli yang berbeda-beda membuat kita bisa menyesuaikan dengan apa yang mereka cari. Kita tidak bisa memaksa mereka untuk membeli produk yang kita jual, tapi kita perlu menyiapkan produk yang mereka butuhkan.

Dengan begitu, saat Anda menemukan produk yang bisa kita jual, lakukan riset kepada calon pembeli Anda. Untuk apa mereka membeli dan bagaimana pula jenis atau ciri-ciri produk yang mereka cari.

Buat Toko Online

Setelah mendapat produk yang tepat untuk dijual, cara jual beli online selanjutnya adalah melakukan penjualan kembali. Untuk penjualan yang akan Anda lakukan bisa menentukan sendiri tempat mana Anda ingin berjualan.

Anda bisa membuka toko online dengan nama yang menggambarkan produk jualan Anda. Misal kalau mau menjual produk kecantikan maka toko Anda juga harus mewakili produk kecantikan.

Sedangkan untuk tempat lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan cukup banyak. Anda perlu membuka lapak ke berbagai marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya. Anda juga perlu membuat akun media sosial untuik promosinya.

Baca Juga: Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha

Terapkan Marketing Jualan

Jika semua cara jual beli online sudah Anda lakukan namun toko masih sepi dan minim pengunjung Anda perlu melakukan langkah lain. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah menerapkan sistem marketing penjualan yang terencana.

Untuk caranya, kita bisa melakukan promo atau beriklan melalui berbagai media online. Manfaatkan saja website iklan gratis terlebih dahulu. Anda juga bisa beriklan melalui Facebook Ads dengan biaya rendah saja.

Tujuan kita melakukan marketing ini untuk memberitahu kepada para pengguna media online tentang barang dan toko kita. Dengan begitu, banyak orang yang tahu dan jika butuh bisa berbelanja ke toko Anda.

Demikianlah beberapa tahapan penting cara jual beli online yang bisa Anda lakukan. Anda tak perlu membuat barang agar bisa berjualan. Anda tinggal mencari dan membeli barang murah dan menjualnya kembali dengan menaikkan harganya. (R11/HR Online)

Editor: Jujang