Cara Jualan di Akulaku, Transaksi dengan Sistim Hutang yang Unik

cara jualan di akulaku
Strategi dan cara jualan di Akulaku. Foto: Ist/Net

Mengenal cara jualan di Akulaku sangat penting sebelum mendaftar. Hal ini karena sistem yang berlaku bagi calon penjual lapak Akulaku yang berbeda dengan umumnya marketplace lainnya. Transaksi tak hanya secara tunai melainkan sistim hutang.

Tren belanja online saat ini telah membawa banyak perubahan bagi masyarakat modern. Belanja yang dapat kita lakukan dari rumah saja telah memberikan kemudahan untuk membeli berbagai barang melalui internet.

Perubahan gaya belanja ini juga mendorong hadirnya begitu banyak marketplace atau tempat belanja online. Saat ini kita telah mengenal beberapa yang populer, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, atau Lazada.

Sistem belanja online pada umumnya pembeli harus membayar barang plus ongkir. Baru kemudian barang akan kita kirim. Namun berbelanja secara online melalui Akulaku justru dengan cara berhutang.

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba berbelanja di marketplace ini mungkin heran. Namun sistem belanja seperti ini memang ada. Kalau Anda ingin tahu Anda bisa mencoba melakukannya pada marketplace Akulaku.

Kemudahan dalam berbelanja dengan cara cicilan ini terutama untuk memberikan kemudahan bagi pembeli. Untuk Anda yang tertarik cara jualan di Akulaku bisa mencobanya dengan mendaftar sebagai merchant atau penjual.

Baca Juga: Cara Jualan di Blibli yang Mudah dan Gratis untuk Meningkatkan Omset

Langkah Penting Cara Jualan di Akulaku

Dengan sistem yang berbeda dengan kebanyakan e-commerce membuat Akulaku memiliki daya tarik karena keunikannya. Anda bisa memanfaatkan keunggulan ini dengan berpartisipasi sebagai penjual.

Lantas bagaimana mekanismeya agar bisa menjadi penjual atau merchant Akulaku, yuk langsung saja simak langkahnya berikut ini.

Cara Membuat Toko di Akulaku

Jika Anda tertarik untuk berjualan pada marketplace Akulaku, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan tentunya adalah menyiapkan toko. Untuk itu siapkan saja foto-foto produk beserta detailnya sebelum mendaftar ke Akulaku.

Sedangkan untuk cara memiliki toko atau lapak pada e-commerce ini tentunya Anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Kalau belum tahu silakan ikuti saja cara jualan di Akulaku berikut ini.

Langkah awal tentu saja Anda perlu mengunjungi website resminya. Kemudian silakan masuk ke menu Register dengan alamat https://merchant.akulaku.com. Setelah itu klik menu Register Now atau Daftar Sekarang.

Selanjutnya Anda perlu memilih dimana Anda akan berjualan. Ada dua alternatif yang bisa Anda pilih, berjualan basis Internasional atau sebagai penjual lokal. Pilih saja salah satu, kemudian klik menu Register Now atau Daftar Sekarang.

Jika Anda memilih sebagai penjual lokal, nantinya akan ada pilihan negara yang sebagai tempat berjualan, maka pilih Indonesia.

Setelah itu isi formulir yang ada, mulai dari username, password, nama toko, alamat, owner, dan masih banyak lagi. Lengkapi semua kolom yang ada karena akan menjadi informasi toko kalian. Jika sudah klik menu Submit.

Jika sudah Anda tunggu saja beberapa saat hingga pihak Akulaku akan mengirimkan email untuk proses verifikasi. Setelah semua tahap cara jualan di Akulaku sudah berhasil, maka toko sudah siap untuk Anda gunakan.

Baca Juga: Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula Agar Dagangan Cepat Laku

Ketentuan dan Syarat Jualan di Akulaku

Sebelum Anda mengajukan diri sebagai salah satu penjual pada marketplace Akulaku sebaiknya kenali sistemnya. Perlu Anda tahu kalau Akulaku menerapkan mekanisme penjualan yang berbeda dengan kebanyakan marketplace lainnya.

Yuk langsung saja kenali beberapa ketentuan dan syarat untuk berjualan melalui Akulaku yang wajib Anda tahu.

  • Kita tidak diperbolehkan untuk memanipulasi harga produk yang kita jual.
  • Dilarang untuk memanipulasi transaksi yang Anda lakukan, dengan alasan apapun.
  • Cara jualan di Akulaku yang penting adalah kita diharuskan untuk memberikan semua informasi yang perlu sebagai penjual pada marketplace ini dengan jelas.
  • Jika ada pesanan yang masuk, batas waktu menanggapi dan menerima orderan hanya 1 x 24 jam. Jika melebihi waktu itu, maka pesanan akan otomatis dibatalkan oleh Akulaku.
  • Pihak Akulaku berhak untuk menolak pembayaran transaksi jika tidak ada pemberitahuan kepada pengguna.
  • Dalam transaksi yang terjadi, hanya ada rekening virtual bagi penjual (merchant) dan pembeli.  Semua biaya transaksi menjadi tanggungan pihak pembeli.

Demikianlah beberapa langkah dan tahapan penting cara jualan di Akulaku. Dengan keunikan yang ada membuat marketplace ini cepat berkembang. Namun perhatikan syarat dan ketentuannya agar tidak terkena pinalti. (R11/HR Online)

Editor: Jujang